home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Kanker Tulang Belakang

Kanker Tulang Belakang

Kanker bisa menyerang bagian mana pun pada tubuh Anda, termasuk bagian tulang belakang. Meski jarang terjadi, ada baiknya untuk mengenali gejala hingga pengobatannya. Tujuannya, agar Anda lebih waspada teradap gejala yang ditimbulkannya dan dapat segera periksa ke dokter. Berikut ulasan lengkap mengenai jenis penyakit kanker ini.

Definisi kanker tulang belakang

Kanker tulang belakang terjadi ketika sel kanker menyerang tulang belakang. Penyakit ini umumnya berawal dari pertumbuhan tumor di bagian tulang belakang. Tumor tersebut bisa bersifat jinak, tapi bisa juga bisa berubah ganas dan menjadi kanker.

Penyebab lain kanker ini bisa juga terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal di area lain yang menyebar hingga ke tulang belakang (metastasis), seperti dari kanker prostat, kanker paru-paru, kanker tiroid, kanker ginjal, dan kanker payudara.

Sel abnormal bisa muncul di bagian mana saja sepanjang tulang belakang. Sel ini bisa saja tumbuh di area tulang rawan yang melindungi sendi tulang belakang, cakram tulang belakang yang melindungi ruang di antara tulang belakang, tulang yang membentuk tulang belakang, pembuluh darah, saraf tepi, bahkan sumsum tulang belakang.

Berdasarkan situs John Hopkins Medicine, ada beberapa jenis kanker yang mungkin menyerang tulang sepanjang punggung, seperti:

  • Osteosarcoma. Jenis kanker tulang biasanya menyerang tulang paha dan tulang kering.
  • Chondrosarcoma. Tumor yang muncul dari sel-sel tulang rawan di sekitar tulang. Meskipun jarang terjadi, terkadang tumor dapat berkembang menjadi kanker.
  • Multiple myeloma. Kanker yang menyerang sel plasma dalam darah, bisa juga menyerang sumsum tulang dan lapisan luar tulang.
  • Limfoma. Jenis kanker yang memengaruhi sel-sel kekebalan tubuh, yang disebut limfosit, dapat berkembang menjadi tumor pada tulang. Bermula dari tulang, jenis kanker ini kemudian dapat menyebar ke area tulang belakang.
  • Chordoma. Tumor pada tulang yang dapat berkembang pada sakrum, yakni bagian dasar tulang belakang. Tumor ini umumnya bersifat ganas sehingga bisa berubah menjadi kanker.
  • Sarkoma Ewing. Kanker yang dapat menyerang tulang dan jaringan lunak di sekitarnya. Kanker inj jarang terjadi pada orang dewasa, tapi lebih sering menyerang anak-anak.

Seberapa umumkah penyakit ini?

Jenis kanker ini cukup langka dibanding kanker payudara atau kanker paru-paru. Meski begitu, siapa pun bisa terkena penyakit ini karena adanya faktor-faktor risiko yang dimiliki.

Tanda-tanda & gejala kanker tulang belakang

Nyeri leher dan punggung karena meningitis

Gejala kanker ini sangat bervariasi, tergantung jenis kanker yang menyerang dan lokasi tumor ganas tersebut tumbuh. Di bawah ini beberapa gejala yang umum dirasakan oleh penderita kanker tulang belakang.

  • Sakit punggung dan nyeri pada leher. Keduanya merupakan gejala paling umum, karena pertumbuhan tumor dapat menekan saraf di sekitar atau sumsum tulang belakang. Bisa juga rasa tidak nyaman timbul akibat tumor mengubah kesejajaran tulang belakang.
  • Masalah pada usus dan kandung kemih karena kompresi saraf, kesulitan berjalan, mati rasa, kesemutan, atau kelemahan pada otot di area yang terdapat tumor.
  • Bisa juga menimbulkan kelumpuhan, kompresi pada sumsum tulang belakang (mielopati), dan dapat menyebabkan kelainan tulang belakang seperti skoliosis atau kifosis karena tumor menggeser keselarasan tulang belakang.

Kapan saya harus ke dokter?

Bila Anda atau anggota keluarga mengeluhkan gejala kanker tulang seperti di atas, segera periksa ke dokter, khususnya ketika kondisinya memburuk dan tidak sembuh melalui pengobatan biasa.

Setiap orang sangat mungkin menunjukkan gejala yang berbeda-berbeda. Lebih cepat diperiksa akan lebih baik karena dapat mencegah tingkat keparahan dan membesar risiko penyembuhan. Selain itu, deteksi dini juga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

Penyebab kanker tulang belakang

jenis kanker tulang

Kebanyakan kasus kanker jenis ini berawal dari tumor. Namun, penyebab utama munculnya tumor pada tulang belakang belum diketahui secara pasti seperti kebanyakan jenis penyakit kanker lainnya.

Oleh karena itu Anda tetap harus waspada jika memiliki sejumlah gejala maupun faktor risiko yang meningkatkan peluang Anda mengalami jenis kanker satu ini.

Faktor-faktor risiko kanker tulang belakang

Menurut situs Mayo Clinic, para ahli menduga gen yang rusak cenderung terkait dengan berkembangnya tumor pada tulang belakang.

Namun, belum diketahui kerusakan gen tersebut terjadi secara turun temurun, atau rusak seiring dengan bertambahnya usia dan paparan bahan kimia tertentu. Akan tetapi sejumlah penelitian mencatat bahwa kanker jenis ini lebih mungkin terjadi para orang yang mengalami kanker jenis lain sebelumnya.

Diagnosis dan pengobatan kanker tulang belakang

pemeriksaan fisik untuk sakit punggung bagian bawah

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja tes yang perlu dilakukan?

Menegakkan diagnosis kanker tidak cukup berdasarkan gejala saja. Dokter perlu melihat adanya pertumbuhan sel abnormal pada tulang belakang. Oleh karena itu, dokter akan meminta Anda untuk menjalani serangkaian tes kesehatan seperti di bawah ini.

  • Pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan pasien untuk memastikan pasien pernah memiliki penyakit kanker sebelumnya atau tidak.
  • Tes pencitraan, seperti MRI, CT scan, rontgen, PET scan, dan bone scan untuk melihat lokasi tumor, besaranya tumor, dan penyebarannya.
  • Mielografi yakni prosedur pemeriksaan tulang belakang dengan menggunakan sinar-X dan cairan kontras yang disuntikkan ke dalam jaringan sekitar tulang belakang.
  • Biopsi untuk memastikan tumor yang berkembang bersifat kanker atau tidak dengan memeriksa jaringan yang dicurigai sebagai sampel.

Apa saja pilihan pengobatannya?

Pengobatan kanker akan disesuaikan dengan tingkat keparahan kanker yang diderita pasien. Pilihan perawatannya, termasuk:

  • Operasi pengangkatan tumor secara penuh atau sebagian. Biasanya menjadi pengobatan utama pada kanker stadium awal.
  • Kemoterapi yakni pengobatan kanker mengandalkan obat-obatan yang diminum atau disuntikkan ke tubuh untuk membunuh sel kanker.
  • Radioterapi, yaitu membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor menggunakan radiasi.

Pengobatan kanker tulang belakang di rumah

pantangan setelah operasi batu empedu

Pengobatan rumahan akan disesuaikan dengan perawatan dokter yang dipilih. Jika pasien menjalani operasi, maka perlu beristirahat total, mengikuti diet yang dianjurkan dokter, dan mengikuti terapi fisik.

Selain pengobatan fisik, pasien mungkin direkomendasikan dokter untuk mengikuti konseling agar kesehatan mentalnya juga tetap stabil. Menjaga kesehatan mental selama menjalani pengobatan kanker sangat penting dilakukan dan turut memengaruhi tingkat kesembuhan.

Pencegahan kanker tulang belakang

Tidak ada cara yang sepenuhnya bisa mencegah pertumbuhan tumor maupun kanker ini. Pasalnya, penyebab kanker ini belum diketahui secara pasti.

Namun, ada kemungkinan Anda bisa menurunkan risiko kanker ini dengan menjaga kesehatan tulang, menerapkan gaya hidup sehat, dan menghindari paparan zat kimia yang ada di lingkungan kerja.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Spinal tumor: Cancer, spine surgery & more. (n.d.). Retrieved August 30, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17501-spine-tumors

Vertebral tumor. (2020, November 14). Retrieved August 30, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vertebral-tumor/symptoms-causes/syc-20350123

Spinal cancer and spinal tumors. (n.d.). Retrieved August 30, 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/spinal-cancer-and-spinal-tumors

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 03/09/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.