7 Minuman Penurun Kolesterol yang Baik untuk Kesehatan dan Nikmat Dikonsumsi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 31 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang makanan sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang minuman penurun kolesterol? Ada beberapa jenis minuman yang dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah. Apa saja, ya?

Berbagai pilihan minuman penurun kolesterol

Selain mengonsumsi obat kolesterol, suplemen penurun kolesterol, dan makanan penurun kolesterol di dalam darah, beberapa jenis minuman di bawah ini ternyata dapat membantu Anda mengurangi kadar kolesterol:

1. Jus apel

apel yang sudah cokelat

Buah dan sayur-sayuran memang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Lalu, bagaimana jika buah tersebut sudah diubah menjadi bentuk minuman seperti jus apel?

Jus apel memiliki kandungan serat dan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan organ jantung, termasuk menurunkan kolesterol. Tak heran, jus apel dianggap sebagai salah satu minuman penurun kolesterol.

Polifenol yang ada di dalam minuman penurun kolesterol ini dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) pada pembuluh darah arteri. Pasalnya, penumpukan tersebut dapat memicu beberapa masalah kesehatan seperti serangan jantung ataupun stroke.

Meski begitu, perlu Anda ketahui bahwa setelah mengonsumsi jus apel, kadar kolesterol di dalam darah mungkin hanya turun dalam jumlah yang sedikit. Artinya, kada kolesterol Anda bisa jadi masih berada di atas batas normal. Oleh sebab itu, mengonsumsi minuman penurun kolesterol ini tidak bisa menggantikan obat penurun kolesterol.

Oleh karenanya, minuman ini sebaiknya dikonsumsi sebagai pendamping penggunaan obat sehingga membantu mempercepat penurunan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Jus delima

jus buah delima
Sumber: LiveStrong

Dibandingkan jus apel, minuman yang satu ini mungkin lebih jarang terdengar. Padahal, jus delima memiliki manfaat yang baik sebagai minuman penurun kolesterol. Mengapa? Pasalnya, minuman ini mengandung antioksidan seperti yang terdapat pada apel, polifenol.

Namun, kadar polifenol dan antioksidan lain yang terdapat di dalam buah ini lebih tinggi dibandingkan berbagai jenis buah-buahan lainnya. Bahkan, kandungan antioksidan yang terdapat pada buah ini jumlahnya tiga kali lipat lebih banyak, dibanding antioksidan yang terdapat pada teh hijau.

Sementara itu, antioksidan dikenal dapat memberikan perlindungan terhadap kesehatan organ jantung, termasuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam darah. Akan tetapi, pastikan jika Anda mengonsumsi jus delima yang sehat dan tidak diberi gula tambahan.

Lebih baik lagi jika Anda bisa membuat minuman penurun kolesterol ini sendiri. Apalagi, minuman kemasan, saat ini, sering kali sudah diberi tambahan gula yang dapat mengurangi manfaat dari minuman tersebut.

3. Jus jeruk

memilih jus jeruk sehat

Jus berikutnya yang dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin adalah jus jeruk. Minuman ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, khususnya flavonoid, carotenoid, dan asam askorbat.

Apabila minuman ini dikonsumsi secara rutin, jus jeruk dapat membantu Anda menurunkan kadar total kolesterol dan kolesterol LDL dalam darah. Bahkan, dengan rutin mengonsumsi minuman ini, kandungan vitamin C dan asam folat dalam tubuh bisa ikut meningkat.

Meski begitu, untuk merasakan manfaatnya, Anda harus rutin mengonsumsi setidaknya 750 mililiter (ml) jus jeruk setiap hari selama lebih dari 12 bulan atau satu tahun lamanya.

4. Jus alpukat

jus alpukat

Sama halnya dengan jus buah sebelumnya, jus alpukat mungkin salah satu pilihan yang juga tepat jika ingin dikonsumsi sebagai minuman penurun kolesterol. Buah alpukat sendiri merupakan sumber dari lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi, khususnya bagi Anda yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih.

Buah ini diduga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah pada penderita obesitas. Namun ingat, jika ingin membuat jus alpukat, jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Hindari pula menambahkan susu cair cokelat yang sering terlihat pada jus alpukat. Pasalnya, menambahkan berbagai jenis pemanis sama saja meningkatkan kadar gula darah pada tubuh yang juga tak baik untuk kesehatan Anda.

5. Teh hijau

membakar lemak

Teh hijau rupanya merupakan salah satu dari beberapa minuman yang dianggap dapat menjadi penurun kolesterol. Sama halnya dengan minuman-minuman yang telah disebutkan sebelumnya, pada teh hijau juga terdapat catechins, polifenol aktif yang dapat membantu melindungi organ jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Bahkan, sebuah penelitian yang dimuat pada Nutrition Journal telah menyatakan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan total kolesterol di dalam darah.

Hal ini pun berlaku baik pada orang yang memiliki berat badan normal maupun obesitas. Tak hanya itu saja, dengan rutin mengonsumsi minuman penurun kolesterol ini, Anda juga bisa menurunkan risiko mengalami masalah kesehatan jantung yang terjadi akibat kadar kolesterol tinggi.

6. Kunyit asam

jamu kunyit asam yang dilarang untuk ibu hamil

Jika Anda lebih suka minuman yang lebih tradisional, Anda bisa mengonsumsi kunyit asam untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan total kolesterol dalam darah.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam Nutrition Journal pada tahun 2017 yang menyatakan bahwa kadar kolesterol pada orang yang mengonsumsi kurkumin cenderung menurun dibanding yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

7. Susu kedelai

Minuman yang bisa dikonsumsi jika ingin menurunkan kolesterol adalah susu kedelai. Ya, kedelai atau makanan dan minuman yang terbuat dari kedelai berpotensi menurunkan kolesterol yang tinggi dalam darah. Dengan rutin mengonsumsi 1/2 gelas susu kedelai setiap hari, kolesterol LDL dalam darah dapat turun hingga 5-6 persen.

Meski bermanfaat, sebaiknya hindari minuman penurun kolesterol secara berlebihan. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau mengonsumsi obat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum konsumsi minuman ini.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Terapkan 4 Kebiasaan Ini untuk Mencegah Batu Empedu

Semua orang bisa menderita penyakit batu empedu. Jika Anda ingin mencegah batu empedu, sebaiknya terapkan kebiasaan pola hidup sehat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan, Gangguan Pencernaan Lainnya 27 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Ibu hamil makan daging kambing memiliki beragam pendapat di masyarakat. Namun, sebenarnya bolehkah ibu hamil makan daging jenis ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

10 Khasiat Mengejutkan Buah Mengkudu yang Wajib Anda Tahu

Meski berbau busuk tajam dan rasanya kurang menggugah selera, ada banyak manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Tertarik untuk mencobanya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Fakta Gizi, Nutrisi 7 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Beragam Jenis Makanan Penurun Kolesterol, Plus Cara Memasak yang Tepat

Anda termasuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi? Berikut makanan sehat yang dapat berfunsi sebagai makanan penurun kolesterol. Yuk, cari tahu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung, Kolesterol 24 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

medical checkup

Perlukah Melakukan Medical Check Up secara Rutin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
kolesterol ldl tinggi

Kolesterol Ldl

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
daging kambing

Daging Kambing vs Daging Domba: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 20 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat cumi-cumi

4 Manfaat Cumi-cumi untuk Kesehatan Tubuh (dan Bahayanya Jika Kebanyakan)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit