Central Venous Catheter

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Definisi

Apa itu CVC?

Sebuah selang digunakan untuk memberikan cairan atau obat-obatan tanpa perlu suntikan berulang-ulang. Ini dipasang di dalam pembuluh darah dekat jantung dan sebagian selang ini terletak di luar tubuh Anda.

Kapan saya memerlukan prosedur CVC?

Selang ini biasanya direkomendasikan jika Anda memerlukan pengobatan teratur seperti antibiotik, kemoterapi, atau transfusi darah untuk beberapa minggu atau bulan. Selang ini berupa terowongan untuk mengurangi resiko infeksi.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum melakukan prosedur CVC?

Selang ini mungkin tidak cocok digunakan jika Anda memiliki masalah penggumpalan darah. Katakan pada dokter atau perawat Anda jika Anda menggunakan obat pengencer darah seperti aspirin, warfarin, atau heparin.

Apa alternatif lain selain CVC?

Yang bisa digunakan jika Anda tak mau atau tak bisa menggunakan selang adalah dengan implan port, yang merupakan tabung plastik yang kecil dan halus yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah di dada atau lengan dan memiliki lubang persis di bawah kulit Anda.

Jenis atau pilihan alternatif yang tersedia untuk Anda akan tergantung pada kebutuhan medis Anda. Tanyakan kepada dokter Anda untuk saran.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum melakukan prosedur ini?

Dokter atau perawat spesialis akan memasangkan selang untuk Anda. Anda mungkin sudah sedang dirawat di rumah sakit untuk prosedur ini. Jika tidak, staf rumah sakit akan mengabari di mana dan kapan Anda harus datang melakukan prosedurnya.

Anda bisa membantu diri Anda sendiri dengan menyiapkan pertanyaan seputar risiko, manfaat, dan prosedur alternatifnya. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan cukup informasi sehingga Anda bisa memberi izin pada dokter untuk menjalankan prosedur ini, yang biasanya dilakukan dengan menandatangani formulir persetujuan.

Bagaimana proses prosedur ini?

Prosedur ini biasanya memakan waktu satu jam.

Sayatan kecil dibuat pada kulit tepat di bawah tulang selangka dan ujung selang akan dimasukkan ke dalam vena besar. USG dapat digunakan untuk membantu menunjukkan selang dalam pembuluh darah Anda. Selang ini kemudian masuk ke terowongan dalam kulit Anda untuk mencapai pintu keluar,  di mana sebagian dari selang ini akan keluar dari tubuh Anda.

Jahitan atau klip digunakan untuk menahan selang pada tempatnya sampai kulit sembuh. Ganjalan kecil pada selang tepat di bawah kulit Anda juga membantu untuk membuatnya tetap pada posisi. Sayatan di bawah tulang selangka Anda ditutup dengan jahitan.

Anda bisanya memerlukan x-ray dada untuk memastikan selang ada pada posisi yang benar.

Apa yang harus saya lakukan setelah prosedur ini selesai?

Setelah bius lokal, mungkin memakan waktu beberapa jam sebelum Anda dapat merasakan lagi. Hati-hati jangan sampai membentur atau menekan selang karena ini dapat menggesernya keluar dari posisi dan/atau merusak jalur keluar. Jika Anda tak sengaha menarik selang, hubungi rumah sakit untuk memeriksa posisinya.

Jika Anda tidak tinggal di rumah sakit untuk pengobatan lebih lanjut, Anda biasanya akan diperbolehkan pulang ke rumah ketika merasa siap. Sebelum pulang ke rumah, perawat Anda akan memberikan Anda nasihat tentang cara merawat selang Anda, tentang menjaga kebersihan, dan cara mandi. Anda biasanya akan diberikan jadwal untuk check up lanjutan.

Anda biasanya akan perlu kembali ke rumah sakit secara teratur untuk pengobatan. Selama kunjungan ini, dokter atau perawat Anda akan dengan hati-hati memeriksa selang Anda. Perawat Anda biasanya akan memberikan Anda nomor kontak kalau Anda memerlukan nasihat di sela-sela kunjungan.

Mencabut CVC

Jahitan di bawah tulang selangka dicabut setelah 7-10 hari. Jahitan di jalur keluar diambil setelah kulit Anda benar-benar pulih, biasanya sekitar 3 minggu. Anda tidak lagi perlu perban, tapi Anda harus tetap menjaga bagian atas dari saluran yang terletak di luar tubuh dan mengamankannya dengan penutup untuk mencegahnya pindah posisi karena tidak sengaja tersangkut atau tertarik.

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?

Sama seperti setiap prosedur, ada beberapa risiko yang berhubungan dengan selang  yang tidak cocok. Ini tidak termasuk risiko terjadinya hal yang spesifik dan berbeda-beda pada setiap orang. Minta dokter bedah Anda untuk menjelaskan bagaimana risikonya pada Anda.

Komplikasi adalah ketika terjadi masalah saat atau setelah prosedur berlangsung. Kebanyakan orang tidak mengalami komplikasi. Kemungkinan komplikasi jika Anda memiliki selang CVC dalam tubuh Anda adalah:

  • infeksi – bisa terjadi di dalam kateter, di bagian pintu keluar, atau pada katup jantung (endocarditis). Antibiotik bisa membantu mengatasi infeksi tapi kadang-kadang selang perlu dicabut
  • penyumbatan – gumpalan darah bisa terbentuk pada ujung selang yang masuk ke dalam pembuluh darah, atau posisi selang bisa berubah dan menyebabkan penyumbatan. Jika ini terjadi, saluran mungkin perlu dicabut
  • ada udara dalam selang – Anda harus selalu menutup selang jika sedang tidak digunakan.
  • kegagalan saluran – kerusakan apapun pada selang, atau perubahan posisi dapat menyebabkan selang gagal berfungsi. Jika ini terjadi, selang perlu diganti sesegera mungkin.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Uretrotomi

    Uretrotomi adalah sebuah prosedur untuk memperlancar aliran urine. Pelajari lebih lanjut tentang definisi, proses, dan risikonya di sini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Urologi, Kandung Kemih 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Azoospermia (Air Mani Tidak Mengandung Sperma)

    Sekiranya 15% pria yang tidak subur disebabkan oleh azoospermia. Jika Anda belum juga punya momongan setelah tahunan berusaha, bisa jadi ini penyebabnya.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

    Barium Swallow

    Pemeriksaan barium swallow dapat mendeteksi adanya kelainan pada saluran pencernaan atas. Pelajari definisi, proses, dan penjelasan hasil tesnya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Kesehatan Pencernaan 4 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Aldosteron

    Tes kadar aldosteron dalam darah dapat dilakukan saat kesulitan mengontrol tekanan darah. Simak definisi, proses, dan penjelasan hasil testnya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Kesehatan, Tes Kesehatan A-Z 4 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
    Alfa-Amilase

    Alfa-Amilase

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    Anion Gap

    Anion Gap

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 9 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
    abses hati adalah

    Abses Hati

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit