home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini 6 Kiat Mencegah Varises Supaya Kulit Tetap Terlihat Mulus

Ini 6 Kiat Mencegah Varises Supaya Kulit Tetap Terlihat Mulus

Pada umumnya, penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh vena ini, muncul di permukaan kulit pada bagian kaki. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau varises juga dapat terlihat di anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mulai mencari tahu bagaimana cara mencegah penyakit varises ini. Berikut tips-tips yang dapat Anda coba.

Cara mencegah varises yang efektif

Sebenarnya, tidak ada cara yang ampuh untuk mencegah munculnya varises di permukaan kulit. Akan tetapi, jika Anda mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, maka kemungkinan besar dapat memperlambat kehadiran varises di kulit. Berikut adalah cara mencegah varises.

1. Mulai berolahraga

Salah satu jenis olahraga yang ampuh untuk mencegah varises adalah berjalan kaki. Selain itu, melakukan gerakan yoga juga dapat menjadi pertimbangan Anda. Pose yang dianjurkan adalah headstand, shoulder stand, atau legs-up-the-wall.

Gerakan-gerakan tersebut dapat membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot pada betis dan paha belakang. Otot tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena. Intinya, cara ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, termasuk mencegah varises muncul.

2. Ubah pola makan

Garam atau makanan yang mengandung sodium menyebabkan tubuh menahan air. Jadi, dengan mengurangi makanan asin dan gurih bisa meminimalisasi situasi tersebut. Oleh karena itu, gantilah dengan zat kalium karena dapat membantu mengurangi retensi air di dalam tubuh, seperti.

  • Almond
  • Kentang
  • Ikan, seperti tuna atau salmon
  • Sayur-sayuran
  • Kacang-kacangan

Orang dengan berat badan yang berlebih, memiliki kecenderungan untuk terkena varises lebih cepat dan tinggi. Alangkah baiknya jika mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat, sehingga cara ini dapat mencegah timbulnya varises di tubuh.

3. Hindari duduk dan berdiri dalam jangka waktu lama

mengatasi sakit leher

Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama juga bisa menyebabkan varises. Hal tersebut terjadi karena kedua posisi tersebut dapat mempersulit sirkulasi darah di kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat. Kondisi tersebut menyebabkan darah menggumpal mulai dari pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal.

Oleh karena itu, istirahatkan kaki dengan meluruskannya atau sekedar menggerak-gerakan kaki, agar dapat memperlancar pembuluh darah.

4. Ubah posisi tidur

mengatasi skoliosis

Biasanya, orang yang sering terkena varises adalah ibu hamil. Salah satu cara agar mencegah perkembangan varises di kulit adalah mengubah posisi tidur. Cobalah untuk tidur dengan menghadap ke kiri. Posisi tidur ini dapat mengurangi tekanan pada rahim yang membesar dan memperlancar sirkulasi pembuluh darah vena yang ada di panggul sang ibu hamil.

5. Berhenti merokok

pasangan kembali merokok lagi

Salah satu penyebab munculnya varises di tubuh kita adalah merokok. Kandungan berbahaya yang ada di dalamnya membuat pembuluh darah menjadi kaku dan lebih sempit, sehingga tidak menjadi elastis lagi. Oleh karena itu, jika Anda melakukan cara ini, kemungkinan besar dapat mencegah penyakit varises tumbuh lebih cepat.

6. Hindari pemakaian baju ketat dan sepatu hak tinggi

Pemakaian baju ketat dapat menghambat aliran darah di tubuh. Jika kita memakai pakaian yang lebih longgar, sirkulasi darah kemungkinan besar lebih lancar ke tubuh bagian bawah.

Selain itu, penggunaan sepatu hak tinggi juga dapat memberatkan tumit sehingga aliran darah terhambat. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan sepatu dengan hak datar untuk memperlancar sirkulasi darah.

Seiring dengan berjalannya waktu, katup vena akan semakin melemah, sehingga varises pun semakin buruk. Mulai dari faktor usia, jenis kelamin, hingga riwayat keluarga juga turut menjadi pendukung timbulnya varises. Akan tetapi, dengan mengikuti cara-cara di atas secara rutin, dapat menjaga tekanan darah Anda, sehingga mencegah penyakit varises timbul lebih cepat muncul di kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Varicose veins. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/varicose-veins accessed April 4, 2019.

Prolonged standing at work and hospitalisation due to varicose vein. https://oem.bmj.com/content/62/12/847 accessed April 4, 2019.

Venous function and central venous pressure. http://anesthesiology.pubs.asahq.org/article.aspx?articleid=1932149 accessed April 4, 2019.

Varicose veins. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/varicose-veins accessed April 4, 2019.

What can I do about varicose veins? https://www.medicalnewstoday.com/articles/240129.php accessed April 4, 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 17/03/2021
x