Kenapa Lengan Terasa Nyeri Setelah Disuntik?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Banyak yang bilang sakit saat disuntik jarum seperti sedang digigit semut. Memang, ketika itu rasa sakitnya hanya sekejap, tapi setelah disuntik tak sedikit orang yang justru mengeluhkan lengannya terasa nyeri. Rasa nyeri setelah disuntik bahkan bisa bertahan sampai berjam-jam hingga berhari-hari. Lantas, kenapa, ya, lengan bisa terasa nyeri setelah disuntik?

Mengapa lengan terasa nyeri setelah disuntik?

Sebagian besar orang yang takut disuntik karena tidak mau merasakan rasa sakitnya. Rasa sakit dan nyeri timbul setelah disuntik sebenarnya adalah efek samping dari tindakan medis tersebut.

Hal ini juga tergantung dengan jenis obat yang disuntikkan ke dalam tubuh. Jika Anda baru saja disuntik vaksin, rasa nyeri umumnya akan bertahan hingga sehari atau dua hari.

Reaksi tersebut adalah reaksi alergi yang biasanya menimbulkan gejala, seperti kulit menjadi gatal, kemerahan, atau justru mengalami pembengkakan. Namun tenang, reaksi ini bisa hilang dengan sendirinya, seiring dengan berjalannya waktu.

Menurut American Lung Association, lengan sakit dan nyeri sampai ke otot setelah disuntik vaksin, biasanya disebabkan karena sistem imun yang aktif saat itu. Hal ini terjadi karena vaksin sebenarnya berisi virus yang tidak aktif.

Meski virus tidak aktif, hal ini memicu reaksi sistem imun untuk memproduksi berbagai antibodi. Nah, ketika antibodi berusaha melawan si virus yang ‘mati’ ini, respon alergi biasanya akan muncul.

4 cara mengatasi rasa sakit setelah disuntik

Jika tangan benar-benar terasa sakit setelah disuntik, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakitnya.

1. Suntik di lengan yang jarang Anda gunakan

Sebelum disuntik, ada baiknya jika Anda meminta suntikan vaksin atau suntik untuk pengobatan dilakukan pada lengan yang lebih jarang Anda gunakan untuk berkegiatan. Tujuannya, untuk mengurangi rasa sakit pada lengan setelah disuntik.

Misalnya, jika Anda lebih sering menggunakan tangan kanan Anda untuk beraktivitas, seperti menulis, mengemudi, makan, dan gerakan aktif lainnya, sebaiknya minta dokter atau perawat melakukan suntik pada tangan kiri Anda.

Hal ini sebaiknya dilakukan karena jika suntikan diberikan pada tangan yang digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan aktif, otot Anda dikhawatirkan akan terasa semakin sakit.

Selain itu, berusalah untuk mengurangi tegangan  atau tekanan pada tangan yang mendapat suntikan dan lakukan gerakan tangan ringan dan perlahan sehingga Anda membantu menyebarkan vaksin mengalir ke seluruh bagian tubuh Anda.

2. Kompres

Meski reaksi alergi ini dapat menghilang dengan sendirinya setelah satu hingga dua hari setelah pemberian suntikan, tidak ada salahnya jika Anda mengompres area sekitar lengan yang terasa sakit setelah disuntik.

Kompres area tangan yang menerima suntikan dengan handuk bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat atau air dingin. Hal ini dipercaya dapat mengurangi reaksi alergi di area sekitar suntikan seperti lengan terasa terbakar, kulit kemerahan, hingga pembengkakan.

3. Gunakan obat pereda nyeri

Demi mengurangi rasa sakit setelah disuntik, Anda bisa menggunakan obat-obatan pereda nyeri seperti ibuprofen. Ibuprofen dapat membantu mengatasi nyeri otot pada lengan yang terasa sakit setelah disuntik.

Gunakan ibuprofen setidaknya dua jam sebelum mendapat suntikan pada lengan Anda. Setelah itu, cobalah untuk mengompres lengan Anda dan minum satu dosis ibuprofen jika masih terasa sakit setelah menerima suntikan.

4. Temui dokter

Reaksi alergi pada lengan setelah disuntik adalah efek samping yang paling sering terjadi. Artinya, hal ini amat wajar terjadi dan tidak berbahaya.

Namun, jika Anda merasa bahwa reaksi alergi yang Anda rasakan berbeda, cobalah tandai area tangan yang mengalami kulit kemerahan atau pembengkakan.

Jika ukurannya semakin besar atau rasa sakitnya tidak hilang setelah berhari-hari, segera hubungi dokter Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Kenapa Beberapa Orang Bisa Sulit Diambil Darahnya?

    Grogi menghadapi jarum suntik bisa menyulitkan prosesnya. Selain itu, beberapa hal lain bisa membuat Anda susah ambil darah. Simak juga tips mudahnya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Penyakit Kelainan Darah Lainnya 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

    Apakah Boleh Mandi Saat Sedang Demam?

    Banyak orang yang ragu apakah boleh mandi saat sakit karena takut memperparah kondisinya. Jadi, apa boleh mandi saat sedang sakit demam?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 8 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

    Berbagai Obat dan Tips Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan

    Gangguan pencernaan pasti membuat perut jadi tidak enak. Adakah obat beserta cara mengatasi gangguan sistem pencernaan yang aman?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Kesehatan Pencernaan 8 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit

    7 Kondisi Penyebab Lidah Anda Terasa Gatal, dari Masalah Ringan Hingga Serius

    Penampakan lidah Anda bisa mencerminkan kesehatan tubuh secara umum. Lidah gatal bisa menandakan gejala diabetes. Apa penyebab lainnya?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 8 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Konten Bersponsor
    sensory play

    Aktivitas Smell Sensory Play, Latih Si Kecil Bermain Sambil Belajar

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Nadhila Erin
    Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
    kantong teh celup bekas untuk mata

    7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Mata (Plus Cara Pakainya)

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
    menelan dahak

    Saat Batuk, Lebih Baik Menelan atau Mengeluarkan Dahak?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
    obat infeksi jamur

    Seberapa Efektif Minyak Kelapa untuk Mengobati Infeksi Jamur Kulit?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 8 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit