Mengapa Harus Krill Oil Dibandingkan Minyak Ikan?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Manfaat krill oil sudah banyak diteliti di berbagai macam studi. Minyak ini diambil dari zooplankton bernama krill yang hidup di dalam laut Antartika. Umumnya, minyak krill mengandung asam lemak omega-3, astaxantin, vitamin A, vitamin E, dan fosfolipid. Maka dari itu, banyak studi yang menggali lebih dalam tentang manfaat minyak ini. Yuk, pelajari 5 manfaat minyak ini sekarang.

Manfaat krill oil

Sejumlah penelitian membuktikan kalau konsumsi minyak krill sesuai anjuran memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tanpa menunjukkan efek yang tidak diinginkan. Dari banyak penelitian, ada 3 manfaat utama yang harus diketahui mengenai minyak ini.

Menaikkan jumlah omega-3 di tubuh

krill oil

Hasil studi berjudul Enhanced increase of omega-3 index in healthy individuals with response to 4-week N-3 fatty acid supplementation from krill oil versus fish oil menyimpulkan, mengonsumsi minyak ini mampu meningkatkan jumlah omega-3 di dalam tubuh. Hal ini penting karena omega-3 tidak dapat dibuat oleh tubuh. Jadi, supaya tubuh memiliki asupan omega-3, sumber utamanya harus datang dari makanan atau suplemen.

Mengonsumsi minyak krill membuat jumlah asam lemak omega-3 hingga dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan mengonsumsi minyak ikan. Hal ini terjadi karena asam lemak minyak krill yang menempel pada fosfolipid membuat tubuh lebih mudah menyerapnya.

Sederhananya, jumlah asam lemak omega-3 yang cukup mampu menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi minyak krill pun dapat menjadi opsi termudah dan terbaik untuk mendapatkan omega-3.

Baik untuk kesehatan jantung 

Asam lemak omega-3, baik dari krill oil atau sumber lainnya, tergolong dalam lemak yang baik untuk tubuh. Lemak tidak jenuh ini membantu memenuhi kebutuhan lemak harian sekaligus menjaga kesehatan jantung. Kebaikan omega-3 juga meminimalisasi risiko seseorang terserang penyakit jantung.

Mengutip dari Mayo Clinic, asam lemak esensial ini membantu kesehatan jantung dengan cara:

  • Mengurangi penumpukan lemak dalam darah
  • Risiko stroke dan penyakit jantung menurun
  • Menjaga detak jantung tetap teratur

apa itu trigliserida

Kemudian, asam lemak esensial dikenal berpotensi dalam pencegahan dan pengelolaan gejala-gejala penyakit kronis. Salah satunya, asam lemak omega-3 mampu menurunkan lemak darah alias trigliserida. Tingkat lemak darah yang tinggi dapat memicu penyumbatan di dalam pembuluh darah. Penyumbatan ini dapat memicu hal yang fatal, seperti penyakit jantung. 

Namun, bagaimana dengan kemampuan asam lemak omega-3 yang didapatkan dari minyak krill? Para peneliti dari studi Lipid-lowering and anti-inflammatory effects of omega 3 ethyl esters and krill oil: a randomized, cross-over, clinical trial mengatakan, kandungan pada minyak krill juga terbukti menurunkan kadar lemak darah. Tambahan lagi, minyak ini mampu meningkatkan kadar kolesterol “baik”.

Memiliki sifat antioksidan

Kandungan astaxantin pada krill oil memiliki sifat antioksidan yang baik untuk tubuh. Astaxantin membantu menghambat proses penuaan di dalam tubuh. Caranya dengan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Tak hanya itu, aktivitas antioksidan dari senyawa ini 10 kali lebih kuat daripada antioksidan yang berasal dari sayuran.

Penuaan di dalam tubuh sendiri akan menurunkan fungsi beberapa bagian tubuh, seperti otak, mata, dan kulit. Astaxantin melindungi otak dari zat-zat yang berbahaya, seperti obat-obatan kemoterapi pada pasien kanker dan asap rokok. Kemudian, mengonsumsi senyawa ini memiliki kaitan dengan menurunnya gejala-gejala yang timbul akibat mata yang lelah. Sementara itu, kulit juga dilindungi oleh senyawa ini dengan cara menghambat kerusakan sel akibat paparan sinar matahari.

Singkatnya, kandungan omega-3 dari krill oil terbukti lebih mudah diserap berkat fosfolipid dibandingkan dengan minyak ikan. Selain itu, minyak krill juga mengandung astaxantin yang dikenal sebagai antioksidan. Kandungan-kandungan tersebut membuat minyak krill memberikan manfaat kesehatan yang banyak untuk tubuh.

Manfaatnya pun mudah ditemukan dalam suplemen makanan minyak krill. Sebelum mengonsumsi suplemen, harap konsultasi dengan dokter dulu. Dengan begitu, dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda terlebih dahulu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Untuk memastikan mata anak terus sehat hingga ia dewasa nanti, kesehatan matanya harus dijaga sejak ia masih kecil. Bagaimana orangtua bisa membantu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 18 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wadah Makanan dari Styrofoam Bisa Menyebabkan Kanker?

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahaya styrofoam sebagai wadah makanan, namun apakah ini benar? Bagaimana caranya agar aman?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 17 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Semua Informasi Penting yang Harus Anda Tahu Tentang Golongan Darah O

Golongan darah O sering disebut sebagai golongan darah universal karena katanya bisa menyumbang darah ke semua orang. Eits, tunggu dulu!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Kelainan Darah, Golongan Darah 17 November 2020 . Waktu baca 6 menit

5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Anda

Tak hanya berguna bagi yang membutuhkan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat donor darah sebagai pendonor, salah satunya panjang umur. Selain itu, apa lagi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kelainan Darah, Golongan Darah 17 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hb tinggi

Kadar Hb Terlalu Tinggi, Apakah Berbahaya dan Perlu Diturunkan?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 22 November 2020 . Waktu baca 7 menit
memperbaiki pola tidur terbangun tengah malam

8 Hal yang Membuat Anda Sering Terbangun Tengah Malam

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagaimana Mengatasi Bau Badan Yang Muncul Tiba-Tiba?

Mengatasi Bau Badan yang Muncul Tiba-Tiba

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Hormon Estrogen Rendah Pada Wanita, Apa Tanda dan Gejalanya?

Ciri-ciri Hormon Estrogen Terlalu Rendah Pada Wanita

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 5 menit