Apakah Anda sering merasa pusing, gampang lelah, kedinginan, atau sulit bernapas? Hati-hati sebab gejala tersebut merupakan gejala anemia. Kondisi tersebut terjadi saat sel darah merah, konsentrasi hemoglobin, dan protein pada sel darah merah Anda rendah. Anemia bisa terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian yang dikutip situs Medical News Today, kurang zat besi dalam darah dapat dikaitkan dengan tingginya risiko demensia – penurunan fungsi otak yang berpengaruh pada cara berpikir dan berinteraksi. Lalu bagaimana cara mencegah atau mengatasi anemia? Kalau anemia tersebut diakibatkan oleh defisiensi zat besi, Anda bisa menemukannya pada makanan. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk menyembuhkan anemia akibat kekurangan zat besi.

BACA JUGA: Pengaruh Anemia pada Kehamilan

Apa saja makanan untuk menyembuhkan anemia?

Kekurangan zat besi dapat menurunkan produksi sel darah merah. Zat besi merupakan mineral pada tubuh manusia dan menjadi salah satu komponen hemoglobin. Ketika sel darah merah kurang, oksigen pun sulit diedarkan ke seluruh tubuh. Jika sudah begitu, Anda tentu akan merasa lelah, capek, dan sensitif. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk membantu menyembuhkan anemia Anda yang diakibatkan kekurangan zat besi:

1. Bayam

Sayuran ini berlimpah kalsium, zat besi, beta karoten, kalium, vitamin A, B2, C, dan E. Vitamin C baik untuk kekebalan tubuh, sedangkan beta karoten baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Tentu saja kandungan zat besinya dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah, serta dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Jika Anda tidak suka yang berbentuk sayur, coba variasi pizza atau omelet bayam.

2. Akar bit (buah bit)

Buah ini memiliki daging berwarna merah. Kandungan zat besi di dalamnya dapat mengurangi gejala anemia yang muncul, seperti mengurangi gejala kedinginan. Selain itu juga mengurangi risiko palpitasi – detak dan irama jantung yang tidak normal. Vitamin lain yang terkandung di dalamnya ada vitamin C, asam folat, kalium, dan B6. Buah ini juga baik untuk darah tinggi, sebab manfaat lainnya adalah menurunkan tekanan darah. Anda bisa menyajikannya dengan cara dibuat jus.

3. Tomat

Selain kaya akan vitamin C, tomat juga mengandung zat besi. Vitamin C diperlukan untuk menyerap zat besi dari makanan lain. Memang zat besi yang terkandung dalam tomat tidak terlalu banyak, tapi antioksidannya berlimpah dan baik untuk kesehatan jantung Anda. Tomat juga mengandung kalium, fungsinya adalah untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

BACA JUGA: Bukan Hanya Vitamin A, Ini yang Dibutuhkan untuk Mata Lebih Sehat

4. Daging merah

Tubuh Anda lebih cepat menyerap zat besi dari daging, dibandingkan dari sayuran. Heme iron (zat besi terdapat pada hemoglobin) dapat ditemukan pada daging. Jantung, ginjal, dan hati dari daging merah juga mengandung kualitas zat besi yang tinggi. Anda juga akan mendapatkan manfaat dari vitamin B12. Pastikan Anda memakan dua hingga tiga kali seminggu untuk menyembuhkan anemia.

5. Selai kacang

Ah, ini salah satu makanan yang ditunggu-tunggu. Jika selera makan Anda sedang menurun, cobalah selai kacang agar anemia Anda cepat teratasi. Rasa selai kacang sangat gurih, jadi tidak masalah untuk dimakan langsung. Kalori yang terdapat pada selai kacang memang besar, tapi zat besi sangat Anda perlukan untuk menyembuhkan anemia. Makanlah paling tidak dua sendok makan selai kacang. Jika Anda merasa aneh memakannya begitu saja, Anda bisa menyajikannya bersama roti. Sebaiknya setelah memakan selai kacang, Anda meminum jus jeruk. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, vitamin C berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi.

6. Telur

Telur merupakan protein yang sempurna. Anda anemia, tapi tidak ingin terlalu banyak makan? Cobalah memakan telur. Protein mampu membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lama. Selain mengandung zat besi, telur juga mengandung zinc  – membantu pembentukan darah. Anda bisa memakannya ketika sarapan atau saat makan siang.

BACA JUGA: Perbedaan Manfaat Kuning Telur dan Putih Telur

7. Roti gandum dan oatmeal

Satu potong roti gandum berkontribusi sekitar 6% kebutuhan zat besi Anda. Roti gandum dan gandum kaya akan zat besi, namun gandum juga mengandung asam fitat – yang dapat menahan zat besi sehingga tidak diserap oleh tubuh. Anda tidak perlu khawatir sebab asam fitat sudah berkurang ketika proses fermentasi gandum.

8. Kurma

Kurma mengandung mineral yang tinggi. Di balik rasanya yang manis, kurma mengandung segudang mineral seperti kalsium, sulfur, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, dan copper. Kurma juga mampu memberikan energi. Beberapa mineral bahkan dapat menjaga kepadatan tulang.

Nah, tidak sulit bukan menemukan makanan tersebut? Jadi sekarang untuk mengatasi anemia Anda, tidak perlu selalu bergantung pada suplemen. Anda bisa menambah asupan makanan di atas.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca