home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

​3 Makanan Sumber Gandum Utuh yang Sehat untuk Sarapan

​3 Makanan Sumber Gandum Utuh yang Sehat untuk Sarapan

Sarapan adalah hal yang wajib dilakukan setiap pagi. Pasalnya, perut yang kosong akibat tidak makan apapun semalaman, harus segera diisi agar kuat beraktivitas seharian. Maka itu, menu sarapan sebaiknya dibuat dari makanan yang kaya gizi serta dapat mengenyangkan, salah satunya adalah dari sumber makanan yang mengandung gandum utuh.

Gandum utuh adalah jenis karbohidrat yang bisa memenuhi kebutuhan energi di pagi hari, dan tentunya lebih sehat karena mengandung banyak serat. Bahkan, Anda dijamin bisa kenyang lebih lama jika mengonsumsi gandum utuh ketika sarapan. Jadi, makanan dengan gandum utuh adalah pilihan yang tepat untuk menu sarapan keluarga Anda.

Lantas, makanan apa saja yang mengandung gandum utuh dan bisa jadi pilihan menu sarapan yang sehat?

1. Roti gandum

Jika Anda sebelumnya sering mengonsumsi roti putih biasa sebagai menu sarapan, maka mulai sekarang ganti roti Anda dengan roti gandum. Roti gandum memiliki kalori lebih rendah, tapi serat yang justru lebih banyak. Satu tangkup (dua helai) roti gandum setara dengan 138 kalori dan 4 gram serat.

Jumlah itu cukup untuk menghadang rasa lapar hingga siang nanti, apalagi ditambah dengan kandungan seratnya yang cukup banyak. Lebih lengkap lagi bila Anda tambahkan makanan sumber protein, seperti telur dan sayuran atau buah-buahan.

2. Sereal

Pilihan menu sarapan praktis nan sehat lainnya adalah sereal. Ya, sekarang ini sudah mudah ditemukan produk sereal yang dibuat dari biji gandum utuh yang juga rendah gula, sehingga membuat pagi Anda bertenaga dan dapat mengganjal perut sampai jadwal makan selanjutnya.

3. Oatmeal

Makanan yang mengandung gandum utuh lainnya adalah oatmeal. Mungkin, sebagian dari Anda pernah mendengar oatmeal adalah salah satu makanan yang bisa membantu Anda yang sedang berdiet. Satu porsi oatmeal (4 sendok makan oatmeal kering) mengandung 140 kalori.

Biasanya, sebagai menu sarapan, oatmeal dapat disajikan dengan tambahan potongan buah-buahan yang segar, sehingga bisa membuat Anda kenyang tanpa membuat kalori melonjak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. (2017). The whole truth about whole grains. [online] Available at: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/whole-grains/art-20047826?pg=2  [Accessed 12 Dec. 2017].

WebMD. (2017). The Whole Truth About Whole Grains. [online] WebMD. Available at: https://www.webmd.com/food-recipes/features/the-whole-truth-about-whole-grains#1  [Accessed 12 Dec. 2017].

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 26/02/2018
x