6 Gejala Radang Sendi Lutut (Osteoarthritis) yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/05/2017
Bagikan sekarang

Radang sendi lutut atau disebut dengan osteoarthritis lutut merupakan jenis arthritis yang paling umum terjadi. Osteoarthritis (OA) adalah sebuah kondisi di mana bantalan alami antara sendi dan tulang rawan menghilang sehingga menyebabkan peradangan pada bagian persendian. Kondisi ini dapat terjadi selama bertahun-tahun, atau bisa juga dipercepat karena cedera lutut, cidera ligamen, patah tulang lutut, meniskus robek ataupun infeksi. Osteoarthritis lutut dapat terjadi bahkan pada orang muda, namun cenderung lebih berisiko setelah usia 45 tahun.

Apa saja gejala radang sendi lutut?

1. Rasa nyeri yang hilang-timbul

Rasa nyeri dari radang sendi lutut bisa muncul secara tiba-tiba, tapi lebih cenderung muncul secara perlahan dan hilang-timbul. Anda mungkin akan merasakan sakit hanya saat di pagi hari atau setelah Anda selesai melakukan aktivitas yang sudah lama tidak dilakukan. Lutut Anda juga mungkin merasa nyeri saat menaiki tangga, berdiri dari posisi duduk, berlutut ataupun bahkan ketika Anda hanya duduk. Tidak jarang beberapa orang yang mengalami radang sendi juga mengatakan mengalami rasa nyeri di persendian lututnya ketika udara dingin.

2. Peradangan

Radang sendi lutut biasanya akan menimbulkan peradangan periodik. Hal ini disebabkan oleh pembentukan tulang taji (osteophytes) atau cairan ekstra di lutut. Kulit di lutut Anda mungkin terlihat kemerahan dan terasa hangat saat disentuh. Jika sudah parah, peradangan di lutut tidak membaik walaupun sudah diberikan pengobatan atau obat anti-inflamasi.

3. Lutut terasa kaku

Seiring berjalannya waktu, otot lutut Anda akan semakin melemah dan menyebabkan struktur sendi menjadi tidak stabil. Sendi juga bisa menempel atau mengunci sehingga Anda tidak bisa menekuk atau meluruskan lutut.

4. Terdengar bunyi gemeretak saat lutut digerakan

Anda mungkin merasakan sensasi bunyi gemeratak – seperti bunyi “kreek..”,  saat Anda mencoba menggerakan lutut. Gejala ini bisa terjadi bila Anda kehilangan beberapa tulang rawan halus sekalipun Anda bergerak dengan perlahan. Sedangkan bunyi gemeretak tersebut merupakan hasil pertemuan dari permukaan kasar dan tonjolan tulang yang bergesekan satu sama lain saat Anda menggerakan sendi.

5. Keterbatasan gerak

Semakin lama arthritis bisa membuat Anda semakin sulit untuk menggerakan lutut Anda. Saat radang sendi memburuk, bagian persendian sangat sulit untuk berfungsi normal sehingga bisa menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Anda mungkin akan mengalami masalah saat berjalan karena lutut tidak bisa menahan beban tubuh yang membuat Anda memerlukan bantuan tongkat atau alat bantu jalan.

6. Kelainan bentuk lutut

Seiring perkembangan penyakit radang sendi lutut, Anda mungkin akan melihat adanya perubahan pada lutut Anda atau yang disebut dengan deformitas lutut. Arthritis bisa membuat lutut Anda menjadi cekung karena otot-otot di sekitar lutut mengecil dan melemah. Kelainan bentuk lutut ini bisa dari rentan yang hampir tidak terlihat, sampai cukup parah, bahkan melemahkan.

Bagimana cara mengobati radang sendi lutut?

Tujuan utama mengobati radang sendi lutut adalah untuk meringankan rasa sakit sehingga memungkin Anda bisa bergerak dan beraktivitas kembali. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Menurunkan berat badan
  • Melakukan olahraga peregangan yang membantu menjaga sendi lutut tetap bergerak dan fleksibel.
  • Anda bisa mengonsumsi beberapa obat anti inflamasi yang dijual di apotik terdekat seperti analgesik, aspirin, ibuprofen, atau naproxen sodium untuk membantu meringankan rasa sakit – namun jangan konsumsi obat tersebut lebih dari 10 hari tanpa pemeriksaan diri ke dokter.
  • Mengoleskan krim topikal yang memiliki kandungan capsaicin, melakukan akupunktur, atau mengonsumsi suplemen.
  • Jika Anda mengalami masalah dengan aktivitas sehari-hari, Anda bisa melakukan terapi fisik dan terapi okupasi.

Bila perawatan tersebut tidak memberikan perkembangan yang signifikan pada kondisi Anda, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk memastikan pengobatan yang tepat dalam mengurangi radang sendi lutut. Biasanya dokter akan melakukan tindakan suntik kortikosteroid atau asam hyaluronic ke lutut dan tindakan operasi jika itu adalah pilihan yang baik.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Gejala Umum dari Nyeri Sendi, dan yang Muncul Khas Sesuai Penyakit Penyebab

Ketika persendian Anda cedera, gejala yang paling pertama muncul adalah nyeri sendi. Namun, nyeri sendi juga bisa jadi gejala suatu penyakit.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina

8 Vitamin yang Efektif Meredakan Nyeri Sendi

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meredakan nyeri sendi. Cari rekomendasinya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina

Ternyata, Encok Adalah Nama Lain dari Penyakit Ini

Encok adalah penyakit yang sering dikaitkan dengan nyeri pinggang dan umumnya dialami oleh orang berusia lanjut. Apa penyebab dan cara mengatasinya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Macam-Macam Penyebab Nyeri pada Sendi Kaki dan Cara Mengatasinya

Ketika sendi kaki terasa nyeri, aktivitas Anda pasti sangat terganggu. Jangan remehkan sakit pada sendi kaki. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina

Direkomendasikan untuk Anda

pantangan makanan osteoporosis

5 Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Osteoporosis

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
mengatasi nyeri sendi

6 Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020
sendi rahang sakit

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020
nyeri sendi bahu

6 Penyebab Nyeri Sendi Bahu dan Cara Mengobatinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020