Ini 6 Kiat Mencegah Varises Supaya Kulit Tetap Terlihat Mulus

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/04/2019
Bagikan sekarang

Pada umumnya, penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh vena ini, muncul di permukaan kulit pada bagian kaki. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau varises juga dapat terlihat di anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda mulai mencari tahu bagaimana cara mencegah penyakit varises ini. Berikut tips-tips yang dapat Anda coba.

Cara mencegah varises

Sebenarnya, tidak ada cara yang ampuh untuk mencegah munculnya varises di permukaan kulit. Akan tetapi, jika Anda mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, maka kemungkinan besar dapat memperlambat kehadiran varises di kulit. Berikut adalah cara mencegah varises.

1. Mulai berolahraga

Salah satu jenis olahraga yang ampuh untuk mencegah varises adalah berjalan kaki. Selain itu, melakukan gerakan yoga juga dapat menjadi pertimbangan Anda. Pose yang dianjurkan adalah headstand, shoulder stand, atau legs-up-the-wall.

Gerakan-gerakan tersebut dapat membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot pada betis dan paha belakang. Otot tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena. Intinya, cara ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, termasuk mencegah varises muncul.

2. Mengubah pola makan

Garam atau makanan yang mengandung sodium menyebabkan tubuh menahan air. Jadi, dengan mengurangi makanan asin dan gurih bisa meminimalisasi situasi tersebut. Oleh karena itu, gantilah dengan zat kalium karena dapat membantu mengurangi retensi air di dalam tubuh, seperti.

  • Almond
  • Kentang
  • Ikan, seperti tuna atau salmon
  • Sayur-sayuran
  • Kacang-kacangan

Orang dengan berat badan yang berlebih, memiliki kecenderungan untuk terkena varises lebih cepat dan tinggi. Alangkah baiknya jika mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat, sehingga cara ini dapat mencegah timbulnya varises di tubuh.

3. Hindari duduk dan berdiri dalam jangka waktu lama

mengatasi sakit leher

Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama juga bisa menyebabkan varises. Hal tersebut terjadi karena kedua posisi tersebut dapat mempersulit sirkulasi darah di kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat. Kondisi tersebut menyebabkan darah menggumpal mulai dari pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal.

Oleh karena itu, istirahatkan kaki dengan meluruskannya atau sekedar menggerak-gerakan kaki, agar dapat memperlancar pembuluh darah.

4. Mengubah posisi tidur

mengatasi skoliosis

Biasanya, orang yang sering terkena varises adalah ibu hamil. Salah satu cara agar mencegah perkembangan varises di kulit adalah mengubah posisi tidur. Cobalah untuk tidur dengan menghadap ke kiri. Posisi tidur ini dapat mengurangi tekanan pada rahim yang membesar dan memperlancar sirkulasi pembuluh darah vena yang ada di panggul sang ibu hamil.

5. Berhenti merokok

pasangan kembali merokok lagi

Salah satu penyebab munculnya varises di tubuh kita adalah merokok. Kandungan berbahaya yang ada di dalamnya membuat pembuluh darah menjadi kaku dan lebih sempit, sehingga tidak menjadi elastis lagi. Oleh karena itu, jika Anda melakukan cara ini, kemungkinan besar dapat mencegah penyakit varises tumbuh lebih cepat.

6. Hindari pemakaian baju ketat dan sepatu hak tinggi

Pemakaian baju ketat dapat menghambat aliran darah di tubuh. Jika kita memakai pakaian yang lebih longgar, sirkulasi darah kemungkinan besar lebih lancar ke tubuh bagian bawah.

Selain itu, penggunaan sepatu hak tinggi juga dapat memberatkan tumit sehingga aliran darah terhambat. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan sepatu dengan hak datar untuk memperlancar sirkulasi darah.

Seiring dengan berjalannya waktu, katup vena akan semakin melemah, sehingga varises pun semakin buruk. Mulai dari faktor usia, jenis kelamin, hingga riwayat keluarga juga turut menjadi pendukung timbulnya varises. Akan tetapi, dengan mengikuti cara-cara di atas secara rutin, dapat menjaga tekanan darah Anda, sehingga mencegah penyakit varises timbul lebih cepat muncul di kulit.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Keuntungan Jika Rutin Jalan Kaki 30 Menit Sehari Bagi Kesehatan

Banyak yang malas untuk jalan kaki. Meski memang melelahkan, ternyata ada banyak manfaat jalan kaki selama 30 menit dalam sehari, lho. Apa saja?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

4 Prinsip Wajib Kalau Mau Badan Tetap Sehat Selama Bulan Puasa

Menjaga pola hidup sehat saat puasa wajib dilakukan demi kualitas kesehatan dan puasa yang lebih baik, salah satunya ialah tidak begadang.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Mana yang Lebih Berbahaya Bagi Kesehatan, Lemak Perut Atau Lemak Paha?

Tahukah Anda kalau letak lemak perut dan lemak paha bisa mengindikasikan bahaya yang berbeda. Lantas, lemak di bagian mana yang lebih berisiko tinggi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

5 Posisi Tidur yang Baik Saat Anda Sakit Pinggang

Posisi tidur saat sakit pinggang, apabila tidak tepat, dapat mengganggu kenyamanan, memperburuk rasa nyeri, bahkan memperparah kondisi.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

setelah operasi kista ovarium

4 Tips Hidup Sehat Usai Menjalani Operasi Kista Ovarium

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 01/02/2019
pola hidup sehat

7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Agar Panjang Umur

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 31/01/2019
penyebab varises

Kenali Berbagai Penyebab Varises, Apa Benar Karena Duduk Kelamaan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 21/11/2018
5 Tips Meningkatkan Kualitas Sperma dengan Pola Hidup Sehat

5 Tips Meningkatkan Kualitas Sperma dengan Pola Hidup Sehat

Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 09/09/2018