5 Langkah Membuat Jus Buah Plus Sayur yang Enak dan Sehat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Sayur dan buah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain dimakan langsung atau dimasak, Anda bisa menikmati sayur dan buah dengan dibuat jus. Meski menyehatkan, cara membuat jus yang tidak benar bisa menimbulkan masalah kesehatan. Mari simak kiat membuat jus buah dan sayur yang sehat pada ulasan berikut.

Sehatnya minum jus buah dan sayur

Selain mengimbangi kebutuhan nutrisi, makan buah dan sayur juga mencegah Anda dari berbagai penyakit.

Dikutip dari laman Harvard School of Public Health, nutrisi dari buah dan sayur dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, stroke, masalah pada mata, dan gangguan pencernaan.

Bahkan beberapa jenis sayur dan buah tanpa zat tepung (yang tidak mengandung karbohidrat), seperti apel, pir, dan sayuran hijau dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam sayur dan buah juga dapat memperlambat penuaan pada kulit. Sungguh banyak manfaatnya, bukan?

Sayangnya beberapa orang enggan makan buah dan sayur karena dirasa repot. Padahal, segudang manfaatnya sungguh sayang apabila dilewatkan.

Cara paling praktis untuk menikmati sayur dan buah adalah dengan dibuat jus. Anda bisa membuat jus sayur, buah, atau kombinasi dari keduanya agar lebih nikmat.

Cara membuat jus buah yang aman dan sehat

Walaupun menyehatkan, jus buah dan sayur bisa juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Untuk membuat jus, biasanya Anda akan menggunakan sayur dan buah yang masih mentah.

Ini memungkinkan bakteri hidup di permukaannya. Ketika tidak dicuci bersih, bakteri dan zat residu pestisida, masih mungkin menempel.

Bila bakteri dan zat asing lainnya masuk ke tubuh, Anda bisa keracunan makanan. Tanda-tanda keracunan makanan yang paling sering muncul seperti muntah atau diare. Pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah, gejala yang muncul bisa lebih parah.

Untuk menghindari hal itu, Anda harus betul-betul memastikan cara membuat jus sudah benar. Bagaimana langkah-langkahnya?

jus sehat sebagai obat nyeri saat haid

1. Pilih buah dan sayur yang segar

Jika Anda berencana membuat jus sayur, pilih sayuran yang masih segar. Sayur yang sudah layu, tentu kandungan nutrisinya sudah berkurang.

Pilih juga buah yang kondisinya sudah matang. Selain rasanya lebih manis, buah yang sudah matang biasanya lebih aman untuk pencernaan Anda.

2. Cuci sayur dan buah hingga bersih

Memastikan buah dan sayur dicuci dengan benar merupakan bagian dari cara membuat jus yang sehat. Bakteri bisa menempel pada permukaan sayur dan buah.

Bakteri bisa saja terpapar langsung dari tanah, saat pendistribusian, atau di tempat penyimpanan.

Ukuran bakteri sangat kecil, jadi tidak terlihat oleh mata Anda. Meski buah kelihatannya bersih, Anda tetap perlu mencucinya lagi. Apalagi, residu pestisida bisa saja tertinggal di permukaan sayur dan buah.

Saat mencuci, gosok-gosokkan permukaan sayur dan buah dengan tangan Anda. Gunakan air mengalir untuk membilasnya, agar bakteri dan pestisida terbuang terbawa bersama air.

Selanjutnya, tempatkan sayuran dan buah yang sudah dicuci pada wadah yang kering dan bersih.

3. Pastikan tangan dan peralatan yang digunakan bersih

Cara membuat jus sehat selanjutnya yang perlu Anda ikuti adalah memastikan kebersihan peralatan yang digunakan. Baik itu wadah blender, pisau, sendok, dan gelas yang akan digunakan.

Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda sebelum membuat jus.

4. Kupas kulit dan buang bagian yang sudah layu atau rusak

Sebelum dimasukkan ke blender, kupas terlebih dulu bagian kulit buah. Tujuannya, agar buah benar-benar bebas dari paparan bakteri dan kotoran. Buang bagian daging buah maupun sayur yang sudah rusak.

Kualitas buah dan sayur yang baik tentu akan menghasilkan jus yang lebih sehat dan nikmat.

5. Batasi penggunaan pemanis tambahan

Salah satu cara membuat jus sehat yang mungkin orang lupa adalah soal gula tambahan. Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan tambahan gula sama sekali ketika membuat jus.

Namun, jika ingin sedikit manis, Anda mungkin bisa menggunakan madu ketimbang gula. Jika ingin memakai gula, gunakan secukupnya. Terlalu banyak menambahkan gula bisa menambah jumlah kalori jus.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 7, 2019 | Terakhir Diedit: Juli 31, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca