Agar Tak Sakit Saat Bercinta, 4 Tips Ini Wajib Dicoba

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 04/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tak selalu nikmat, kadang seks justru bisa menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Sakit saat seks biasanya dipicu oleh beberapa hal. Misalnya karena ada penyakit, kondisi psikologis, atau karena cara seks yang salah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

Tips mencegah sakit saat seks agar lebih enak

1. Pakai pelumas

pelumas untuk seks

Salah satu alasan mengapa bagi sebagian besar wanita seks terasa sakit yaitu kondisi vagina yang kering. Ketika vagina kering, maka Anda akan merasakan sakit yang teramat sangat saat penis dimasukkan. Normalnya, vagina akan mengeluarkan pelumas alami saat terangsang. Namun, jika Anda tidak benar-benar terangsang atau ada masalah lain yang membuat vagina tidak bisa mengeluarkan pelumas alami, Anda membutuhkan pelicin dari luar.

Menggunakan pelumas berbahan dasar air adalah pilihan yang bijak untuk membantu agar seks terasa lebih memuaskan. Pasalnya, pelumas dengan bahan yang satu ini tidak merusak kondom sehingga seks tetap aman jika Anda sedang tidak merencanakan kehamilan. Sementara pelumas berbahan dasar minyak selain merusak kondom juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena infeksi vagina.

2. Atasi akar masalahnya

mengembalikan hasrat seks

Sakit saat seks tak hanya disebabkan karena cara yang kurang tepat tetapi bisa karena faktor psikologis dan fisik yang sedang bermasalah. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu kira-kira apa penyebab Anda terus merasakan sakit saat seks. Jika masalahnya bersifat psikologis seperti stres atau depresi, Anda bisa meminta saran pada dokter untuk  mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jika masalahnya ternyata ada pada fisik Anda, maka cari pengobatan yang paling tepat.  Jika pria merasa sakit saat ereksi dan ejakulasi maka bisa jadi Anda mengalami radang uretra/ prostat, kutil kelamin, dan berbagai masalah lainnya.

Sedangkan pada wanita bisa karena infeksi kelamin (gonore, klamidia, herpes genital), kista ovarium, endometriosis, dan masalah lainnya. Apa pun masalah yang Anda alami, temukan pengobatan terbaik agar kualitas seks bersama pasangan juga meningkat.

3. Coba posisi lain

berapa kali seks untuk menurunkan berat badan

Seks tak hanya soal penetrasi lewat posisi misionaris, Anda tetap bisa melakukan aktivitas seksual lainnya yang tak kalah menggairahkan. Ketika seks penis-vagina terasa sakit maka cobalah kegiatan lain seperti seks oral, masturbasi bersama-sama, saling memijat dan meraba satu sama lain, berciuman, atau posisi seks lainnya yang Anda dan pasangan sukai. Jadi, jangan terpaku pada satu kegiatan seks saja. Ada banyak aktivitas seksual lain yang tak kalah seru untuk dilakukan bersama pasangan.

4. Cegah sakit sebelum seks

manfaat mandi di malam hari

Jika Anda sudah mengetahui penyebab rasa sakit yang dialami dan sudah menemukan obatnya, maka jangan lupa meminumnya sebelum bercinta. Anda juga bisa melakukan berbagai ritual yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan membuat tubuh lebih rileks seperti mandi air hangat dan mengosongkan kandung kemih. Dengan begitu, seks tak lagi menakutkan tetapi justru semakin menggairahkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Pasangan Hilang Gairah Seksual dan Cara Mengatasinya

Tiba-tiba gairah seksual hilang? Tidak perlu panik saat mengalaminya. Terdapat penjelasan ilmiah mengenai penyebab sekaligus cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Seks & Asmara 02/01/2020 . Waktu baca 4 menit

3 Posisi Seks yang Bisa Anda Coba di Pantai Bersama Pasangan

Supaya liburan Anda bersama pasangan lebih intim dan menyenangkan, ada beberapa posisi yang bisa Anda berdua lakukan saat bercinta di pantai.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 26/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Panduan Menjadwalkan Hubungan Seks dengan Pasangan Agar Lebih Mesra

Siapa bilang seks dilakukan secara spontan? Anda juga bisa membuat jadwal hubungan seks bersama pasangan untuk hubungan yang lebih mesra.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Saat Fingering, Sebaiknya Menggunakan Pelumas Atau Tidak?

Fingering dinilai aman dengan risiko yang lebih kecil. Lantas, jika fingering memang betul aman, perlukah seseorang menggunakan pelumas saat melakukannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 20/12/2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

seks infeksi saluran kencing pasangan

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Kena Infeksi Saluran Kemih?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 5 menit
efek samping pakai vibrator terlalu sering

Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit
stres setelah berhubungan intim

Pria Ternyata Juga Bisa Stres Setelah Berhubungan Intim, Ini Sebabnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 08/02/2020 . Waktu baca 4 menit
air liur sebagai pelumas

Menggunakan Air Liur Sebagai Pelumas Seks, Aman atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 06/01/2020 . Waktu baca 5 menit