Mendongeng Membantu Mengatasi Kesedihan dan Duka Anak

Oleh

Kesedihan dan kehilangan adalah reaksi alami ketika seseorang yang dekat dengan Anda dan anak Anda meninggal. Sulit bagi Anda sebagai orangtua untuk melihat anak Anda sakit secara emosional. Bahkan, Anda tidak bisa menghilangkan rasa sakit dan kesedihan dalam diri anak Anda, tapi Anda dapat membantu anak Anda dalam mengatasi rasa kehilangan melalui cerita.

Mengapa cerita dongeng dapat membantu?

Sebelum tulisan dikembangkan, dongeng adalah bentuk komunikasi yang bisa mendekatkan masyarakat dan menyebarkan berita melalui komunitas lainnya. Menceritakan cerita kepada orang lain, dapat membantu dalam menyebarkan budaya, pelajaran hidup dan pendidikan lintas etnis dan ras. Tentu saja, otak kita juga didesain untuk menyukai cerita yang bagus.

Ketika anak Anda mengalami kesedihan dan rasa kehilangan, mereka sering menutup dari rasa sakit. Anak Anda mungkin merasa sulit menemukan kata yang tepat untuk mengungkapkan perasaan mereka dan mungkin tidak tahu apa yang mereka rasakan. Mendongeng mendorong mereka untuk membuka diri dan perlahan-lahan mengetahui perasaan mereka untuk membantu menemukan solusi dalam mengatasi perasaan ini.

Berikut adalah beberapa alasan bagaimana cerita dapat membantu anak Anda mengatasi kesedihan dan kehilangan:

Bercerita adalah cara untuk mengekspresikan perasaan mereka

Mendongeng mendorong anak Anda untuk mengekspresikan perasaan marah, sedih, dendam, rasa bersalah, dan malu.

Dengan menggunakan bahasa simbolik, menggunakan orang lain atau hewan untuk mewakili perasaan mereka, kekhawatiran, atau ketakutan, anak Anda mungkin merasa lebih mudah untuk berbicara dibandingkan jika langsung menyebutkan orang yang telah meninggal atau tentang dirinya sendiri.

Misalnya, seorang anak mungkin tidak dapat berbicara tentang kesedihan setelah kehilangan seseorang yang mereka cintai, tetapi anak mungkin dapat menceritakan sebuah cerita tentang binatang yang sangat sedih ketika ibunya meninggal. Dengan cara ini, anak dapat berbicara tentang kesedihannya dan rasa kehilangan tanpa merasa malu.

Anak-anak dapat mengontrol apa yang terjadi dalam cerita

Anak Anda dapat mengubah apa yang terjadi dalam cerita dan memberikan kesempatan pada mereka untuk menggantikan perasaan sedih dan suram dengan sesuatu yang lebih positif yang memberikan kehangatan dan kenyamanan. Dengan begitu, mereka secara tidak sadar menyembuhkan kesedihan dan kehilangan yang mereka alami.

Anda dapat meminta mereka untuk lebih detail ke dalam situasi dan karakter dalam cerita mereka. Metode ini untuk membantu menghadapi perasaan mereka, ketakutan, dan kekhawatiran. Misalnya, meminta anak Anda untuk memberikan rincian lebih lanjut dalam cerita bisa membuat mereka untuk menjelaskan bagaimana perasaan mereka terhadap situasi tersebut, atau menyarankan mereka untuk berpikir tentang akhiran cerita yang berbeda. Hal ini membantu anak Anda menarik kesimpulan yang berbeda atau perspektif dari apa yang telah mereka rasakan.

Mendongeng bisa memudahkan anak Anda untuk menerima kebenaran

Anak Anda mungkin mengira bahwa bercerita tentang salah satu orang yang mereka cintai mungkin menyakitkan. Sementara faktanya, cerita dapat membantu menurunkan emosi sedih yang datang bersamaan dengan rasa kehilangan. Dalam pikiran mereka mendongeng adalah cara yang bermanfaat untuk menikmati dan mengingat kenangan indah yang mereka miliki dengan orang yang mereka cintai sementara pada waktu yang sama pikiran mereka bekerja untuk mengakui kehilangan dan kesedihan mereka.

Cerita anak Anda bisa dimulai dari perasaan bahagia, lucu dan ringan sebelum berlanjut ke cerita yang lebih serius dan menyimpulkan dengan memori tentang kematian itu sendiri. Hal ini merupakan tanda bahwa otak anak Anda secara bertahap akan mengenali realita dan mereka siap untuk mengendalikannya secara efektif.

Jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda isolasi atau depresi, kadang-kadang cara terbaik untuk memulai percakapan adalah melalui dongeng. Selain membantu menghilangkan stres dan membina hubungan yang baik dari dalam dan luar keluarga, cerita dapat membantu anak Anda mengungkapkan perasaan mereka dan meningkatkan kemajuan dalam proses mengatasi kesedihan dan rasa kehilangan.

Yang juga perlu Anda baca