Mendongeng Membantu Mengatasi Kesedihan dan Duka Anak

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/03/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kesedihan dan kehilangan adalah reaksi alami ketika seseorang yang dekat dengan Anda dan anak Anda meninggal. Sulit bagi Anda sebagai orangtua untuk melihat anak Anda sakit secara emosional. Bahkan, Anda tidak bisa menghilangkan rasa sakit dan kesedihan dalam diri anak Anda, tapi Anda dapat membantu anak Anda dalam mengatasi rasa kehilangan melalui cerita.

Mengapa cerita dongeng dapat membantu?

Sebelum tulisan dikembangkan, dongeng adalah bentuk komunikasi yang bisa mendekatkan masyarakat dan menyebarkan berita melalui komunitas lainnya. Menceritakan cerita kepada orang lain, dapat membantu dalam menyebarkan budaya, pelajaran hidup dan pendidikan lintas etnis dan ras. Tentu saja, otak kita juga didesain untuk menyukai cerita yang bagus.

Ketika anak Anda mengalami kesedihan dan rasa kehilangan, mereka sering menutup dari rasa sakit. Anak Anda mungkin merasa sulit menemukan kata yang tepat untuk mengungkapkan perasaan mereka dan mungkin tidak tahu apa yang mereka rasakan. Mendongeng mendorong mereka untuk membuka diri dan perlahan-lahan mengetahui perasaan mereka untuk membantu menemukan solusi dalam mengatasi perasaan ini.

Berikut adalah beberapa alasan bagaimana cerita dapat membantu anak Anda mengatasi kesedihan dan kehilangan:

Bercerita adalah cara untuk mengekspresikan perasaan mereka

Mendongeng mendorong anak Anda untuk mengekspresikan perasaan marah, sedih, dendam, rasa bersalah, dan malu.

Dengan menggunakan bahasa simbolik, menggunakan orang lain atau hewan untuk mewakili perasaan mereka, kekhawatiran, atau ketakutan, anak Anda mungkin merasa lebih mudah untuk berbicara dibandingkan jika langsung menyebutkan orang yang telah meninggal atau tentang dirinya sendiri.

Misalnya, seorang anak mungkin tidak dapat berbicara tentang kesedihan setelah kehilangan seseorang yang mereka cintai, tetapi anak mungkin dapat menceritakan sebuah cerita tentang binatang yang sangat sedih ketika ibunya meninggal. Dengan cara ini, anak dapat berbicara tentang kesedihannya dan rasa kehilangan tanpa merasa malu.

Anak-anak dapat mengontrol apa yang terjadi dalam cerita

Anak Anda dapat mengubah apa yang terjadi dalam cerita dan memberikan kesempatan pada mereka untuk menggantikan perasaan sedih dan suram dengan sesuatu yang lebih positif yang memberikan kehangatan dan kenyamanan. Dengan begitu, mereka secara tidak sadar menyembuhkan kesedihan dan kehilangan yang mereka alami.

Anda dapat meminta mereka untuk lebih detail ke dalam situasi dan karakter dalam cerita mereka. Metode ini untuk membantu menghadapi perasaan mereka, ketakutan, dan kekhawatiran. Misalnya, meminta anak Anda untuk memberikan rincian lebih lanjut dalam cerita bisa membuat mereka untuk menjelaskan bagaimana perasaan mereka terhadap situasi tersebut, atau menyarankan mereka untuk berpikir tentang akhiran cerita yang berbeda. Hal ini membantu anak Anda menarik kesimpulan yang berbeda atau perspektif dari apa yang telah mereka rasakan.

Mendongeng bisa memudahkan anak Anda untuk menerima kebenaran

Anak Anda mungkin mengira bahwa bercerita tentang salah satu orang yang mereka cintai mungkin menyakitkan. Sementara faktanya, cerita dapat membantu menurunkan emosi sedih yang datang bersamaan dengan rasa kehilangan. Dalam pikiran mereka mendongeng adalah cara yang bermanfaat untuk menikmati dan mengingat kenangan indah yang mereka miliki dengan orang yang mereka cintai sementara pada waktu yang sama pikiran mereka bekerja untuk mengakui kehilangan dan kesedihan mereka.

Cerita anak Anda bisa dimulai dari perasaan bahagia, lucu dan ringan sebelum berlanjut ke cerita yang lebih serius dan menyimpulkan dengan memori tentang kematian itu sendiri. Hal ini merupakan tanda bahwa otak anak Anda secara bertahap akan mengenali realita dan mereka siap untuk mengendalikannya secara efektif.

Jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda isolasi atau depresi, kadang-kadang cara terbaik untuk memulai percakapan adalah melalui dongeng. Selain membantu menghilangkan stres dan membina hubungan yang baik dari dalam dan luar keluarga, cerita dapat membantu anak Anda mengungkapkan perasaan mereka dan meningkatkan kemajuan dalam proses mengatasi kesedihan dan rasa kehilangan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

    Antidepresan bisa membantu penderita depresi agar pulih, tapi ada efek samping yang perlu diwaspadai. Pahami pro dan kontra antidepresan berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Psikologi 18/06/2020 . 5 mins read

    5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

    Tips ini akan membantu Anda menerapkan kebiasaan kesehatan gigi dan mulut pada anak sejak dini. Yuk, cari tahu apa saja caranya di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Parenting, Tips Parenting 16/06/2020 . 5 mins read

    Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

    Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 mins read

    Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

    Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hidup Sehat, Psikologi 09/06/2020 . 6 mins read

    Direkomendasikan untuk Anda

    Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
    mengatasi ruam popok bayi

    Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 mins read
    akibat anak terlalu sering dibentak

    Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 8 mins read
    sumber stres dalam pernikahan

    6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 mins read