Gatal-gatal Karena Gigitan Serangga

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

1. Definisi

Apa itu gatal-gatal karena gigitan serangga?

Gigitan nyamuk, tungau, kutu, dan serangga lain biasanya sering menyebabkan benjolan merah gatal jika terkena kulit kita. Ukuran benjol setelah digigit nyamuk biasanya sangat kecil, namun jika nyamuk menggigit dekat dengan mata, benjolan yang dihasilkan biasanya besar dan terjadi hingga dua hari. Ciri-ciri terkena gigitan nyamuk adalah munculnya rasa gatal dan bentol di titik di tempat nyamuk menggigit. Gigitan biasanya mengenai bagian permukaan kulit yang tidak tertutup pakaian, dan frekuensinya lebih sering terjadi saat hawa panas atau pada bayi.

Beberapa gigitan nyamuk pada anak-anak dapat menjadi sensitif dan menimbulkan benjolan keras yang berlangsung selama bulan. Berbeda dengan nyamuk, kutu dan tungau tidak bisa terbang; oleh karena itu, mereka merangkak di bawah pakaian untuk menggigit. Gigitan kutu dapat menghasilkan luka jika yang digigit adalah anak-anak.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Tanda gigitan atau sengatan serangga muncul akibat racun atau zat lain yang berasal dari serangga yang masuk ke dalam kulit Anda. Sistem kekebalan tubuh dan kepekaan seseorang terhadap racun seranggalah yang menentukan seperti apa reaksi yang akan dialami. Kebanyakan orang tidak memiliki reaksi yang serius, bahkan pada mereka yang memiliki riwayat alergi atau asma. Namun, risiko reaksi yang lebih serius bisa saja terjadi pada siapapun. Lebah, tawon, lebah penyengat, dan semut api dapat menyebabkan reaksi anafilaksis. Anda pasti sudah pernah disengat sebelumnya jika Anda mengalami reaksi anafilaksis.

Reaksi yang ringan biasanya berupa gatal atau merasakan sensasi menyengat, dan muncul bengkak ringan dan kemerahan di permukaan kulit. Gejala reaksi ringan biasanya hilang dalam satu atau dua hari. Tingkat keparahan reaksi Anda tergantung pada sensitivitas Anda terhadap racun serangga dan apakah Anda sudah pernah disengat atau digigit lebih dari sekali.

Reaksi yang parah dan jarang terjadi biasanya disebut sebagai reaksi anafilaksis dan yang paling sering disebabkan oleh lebah, tawon, dan semut api. Reaksi alergi anafilaksis yang parah memerlukan penanganan medis secepatnya.

Anda harus segera mendapatkann bantuan medis jika gejala berikut muncul:

  • Mual, muntah, sakit perut
  • Pembengkakan di wajah, sulit menelan
  • Kesulitan bernapas, napas cepat, batuk rejan, suara serak, dan mungkin dada terasa tidak nyaman
  • Lemah, pusing, kulit dingin / lembab, pingsan atau tidak sadarkan diri
  • Gatal-gatal di seluruh tubuh

2. Cara menangani

Apa yang harus saya lakukan?

Oleskan lotion calamine atau pasta baking soda pada bentol. Jika gatal yang Anda rasakan parah, oleskan 1 persen krim hydrocortisone tanpa resep. Obat antihistamin yang diminum biasanya tidak mempan mengurangi rasa gatal.

Cara lain untuk mengurangi gatal adalah memberi semacam tekanan yang kuat, langsung di tempat gigitan selama 10 detik. Anda bisa menggunakan kuku, tutup pulpen, atau benda lainnya untuk menekan bekas gigitan.

Jangan menggaruk bentol karena ini akan menambah gatal. Jangan pula mengorek bekas gigitan, karena bentol bisa menjadi terinfeksi.

Kapan saya harus ke dokter?

Hubungi dokter jika:

  • Gatal membuat Anda tidak  bisa tidur
  • Bekas gigitan terkena infeksi akibat digaruk
  • Anda merasa ada kondisi yang perlu diperiksakan

3. Pencegahan

Gigitan yang diakibatkan serangga ini bisa dicegah dengan mengoleskan lotion obat nyamuk di pakaian atau di kulit yang tidak tertutup pakaian sebelum Anda atau anak Anda keluar rumah atau saat main ke daerah yang banyak nyamuk seperti taman dan hutan. Lotion anti nyamuk boleh digunakan pada bayi (terutama usia kurang dari 1 tahun), karena mereka belum mampu menepis nyamuk di dekat mereka.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Parafimosis

DefinisiApa itu parafimosis? Parafimosis adalah kondisi saat kulup penis tidak dapat ditarik kembali ke kepala penis. Dapat menyebabkan kulup penis membengkak dan tersangkut, sehingga mencegah peredaran darah terjadi ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 2 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Trauma Gigi

Trauma gigi atau cedera pada gigi sering ditandai dengan keluarnya darah dari gusi. Jika kasusnya ringan, cedera bisa Anda tangani sendiri di rumah.

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Luka Gores

Biasanya, luka akibat goresan benda tajam hanya menimbulkan bekas sayatan. Namun, mengobati luka gores juga tidak boleh sembarangan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Luka Lecet

Luka lecet tidak hanya terasa perih dan menyakitkan, tapi juga bisa mengganggu penampilan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Memahami Tumbuh Kembang Gigi dan Rahang Anak

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
menonton tv terlalu dekat

Benarkah Nonton TV Terlalu Dekat, Bisa Bikin Mata Anak Rusak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
membersihkan luka diabetes dengan sabun

Luka Tertusuk

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
penyakit campak pada bayi

Campak

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit