7 Minyak Esensial yang Berkhasiat Mengobati Gigitan Serangga

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 9 Mei 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sengatan atau gigitan serangga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada kulit, terlebih bila sampai menimbulkan bekas seperti gatal, iritasi, kemerahan, hingga rasa perih. Meski begitu, Anda bisa meredakan efeknya dengan menggunakan berbagai jenis minyak esensial berikut ini yang dipercaya ampuh sebagai obat gigitan serangga.

Pilihan minyak esensial sebagai obat gigitan serangga

1. Basil

Minyak basil memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan iritasi kemerahan akibat gigitan serangga atau sengatan lebah. Tak hanya itu, sifat antimikrobanya juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya infeksi.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak basil dengan 1 sdt minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak almond. Barulah oleskan langsung di kulit.

2. Chamomile

Selain aromanya yang harum menenangkan, minyak chamomile juga dipercaya sebagai obat gigitan serangga yang ampuh karena bisa membantu mengatasi reaksi alergi ringan seperti kulit gatal, kemerahan, serta iritasi.

Minyak chamomile juga memiliki sifat antiradang yang bekerja sama efektifnya seperti krim hidrokortison untuk menyembuhkan rasa sakit, peradangan, dan gatal pada kulit bekas gigitan serangga. Khasiat ini pernah dilaporkan oleh sebuah studi di tahun 2011.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak chamomile dengan 1 sdt minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak almond. Barulah oleskan langsung di kulit.

3. Lavender

Minyak lavender merupakan salah satu minyak esensial yang tak kalah populer sebagai obat gigitan serangga. Minyak lavender biasa digunakan untuk mengobati rasa sakit akibat gigitan laba-laba, semut api, dan lebah.

Sebuah studi di tahun 2012 menemukan bahwa efek antiradang minyak lavender berguna untuk memperbaiki sel kulit yang rusak.

Berbeda dengan minyak esensial lain yang harus dicampur dulu dengan minyak pembawa sebelum dioleskan pada kulit, Anda bisa mengoleskan minyak lavender langsung ke bekas gigitan serangga.

4. Peppermint

Minyak peppermint bisa menjadi salah satu pilihan bagus untuk mengobati gigitan serangga. Sifat antiradang dari minyak peppermint telah terbukti ampuh untuk mengatasi gatal, iritasi, serta sensasi terbakar akibat gigitan serangga karena efeknya yang dingin pada kulit.

Minyak peppermint hanya boleh digunakan hanya pada bekas gigitan serangga atau iritasi kulit ringan, jangan dioles ke luka yang terbuka.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak peppermint dengan 1 sdt minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Barulah oleskan langsung di kulit. Jangan langsung oleskan minyak peppermint ke kulit karena bisa menyebabkan perih dan memperburuk kondisi.

5. Tea tree oil

Tea tree oil umum digunakan sebagai obat jerawat. Namun jangan salah. Minyak pohon teh juga merupakan pilihan obat gigitan serangga alami, terutama untuk anak-anak yang sering tidak tahan rasa gatalnya.

Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri yang membantu mencegah bakteri serta mikroba lainnya agar tidak tumbuh dan berkembang di area bekas gigitan serangga. Penelitian juga menunjukkan bahwa menunjukkan kalau minyak pohon teh mampu mengurangi gatal dan bengkak pada kulit akibat reaksi alergi.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak tea tree dengan 1 sdt minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Barulah oleskan langsung di kulit.

6. Minyak sereh

Menurut sejumlah penelitian, minyak sereh memiliki efek antimikroba yang ampuh untuk mencegah infeksi bakteri yang mungkin disebabkan dari gigitan serangga. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 juga menyatakan bahwa minyak sereh juga bersifat sebagai antiradang.

Minyak ini bisa dioleskan langsung pada sumber gatal setelah digigit atau disengat serangga.

7. Minyak kamper (champor)

Meski kurang familiar terdengar di telinga, kamper (champor) ternyata masih satu kerabat dengan kayu manis. Minyak kamper bermanfaat untuk meredakan gatal, sakit, iritasi, dan peradangan akibat gigitan serangga. Namun, minyak ini hanya boleh digunakan hanya pada bekas gigitan serangga atau iritasi kulit ringan, jangan dioles ke luka yang parah karena bisa membuat iritasi makin memburuk.

Caranya, larutkan dulu 2-3 tetes minyak kamper dengan 1 sdt minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Barulah oleskan langsung di kulit.

Penting untuk tes dulu untuk cari tahu apakah Anda alergi terhadap minyak esensial apapun, sebelum memakainya sebagai pengobatan. Oleskan minyak sedikit saja pada punggung tangan dan tunggu 24 jam. Jika tidak ada masalah, Anda boleh menggunakannya sebagai obat gigitan serangga.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kaki Terasa Lemas Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Apakah Anda pernah merasakan tiba-tiba kaki lemas? Cari tahu penyebabnya, apakah karena penyakit berbahaya atau hanya sekadar kelelahan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Otak dan Saraf 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata membantu membangun karakter wajah seseorang. Tidak heran jika bulu mata rontok bisa bikin Anda minder. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Gemetar Setelah Minum Kopi? Mungkin Anda Overdosis Kafein

Tangan atau tubuh tiba-tiba gemetar setelah minum kopi? Hati-hati, mungkin Anda sudah mengalami overdosis kafein. Apa saja gejala lainnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat mimisan alami

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
bercak putih di puting

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
payudara sakit tanda hamil

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
selingkuh hati

5 Tanda Pasangan Anda Sedang Memendam Rasa Dengan Orang Lain

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit