8 Kiat Hidup Lebih Sehat Meski Mengalami Osteoarthritis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/06/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Osteoarthritis (OA) adalah penyakit pengapuran sendi yang biasanya disebabkan oleh penggunaan tulang yang berlebihan dan biasa terjadi seiring bertambahnya usia. Sendi adalah tempat bertemunya antartulang, pada ujung-ujung tulang terdapat jaringan pelindung yang disebut kartilago. Orang yang  menderita osteoarthritis akan mengalami kerusakan pada kartilago di tulangnya sehingga menyebabkan tulang di dalam sendi saling bergesekan. Hal ini yang kemudian menimbulkan rasa sakit, nyeri, kekakuan, serta keterbatasan pergerakan tulang.

Meski begitu, bukan berarti osteoarthritis jadi penghalang Anda untuk bisa menikmati hidup sehat. Yuk, coba beberapa kiat mudah berikut ini yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Trik hidup sehat meski menderita osteoarthritis

1. Konsumsi makanan sehat

Makanan untuk Penderita Kusta

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi bisa membantu meredakan masalah radang pada persendian. Jenis makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah dan sayuran, serta asam lemak omega 3, yang sering ditemukan dalam ikan dan minyak ikan, disinyalir bisa membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Para ahli banyak menyarankan untuk lebih meningkatkan konsumsi beragam makanan yang mengandung berbagai nutrisi, dibandingkan hanya makan satu atau dua jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang lebih sedikit.

Selain mengoptimalkan konsumsi makanan dan minuman sehat, alangkah baiknya jika melengkapi nutrisi harian dengan minum multivitamin guna menjaga kesehatan lebih baik. Misalnya multivitamin antioksidan yang disebut-sebut memiliki manfaat baik bagi penderita osteoarthritis.

2. Rutin berolahraga

olahraga untuk kusta

Mungkin olahraga akan menjadi pilihan terakhir bila Anda menderita osteoarthritis, padahal banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa melakukan aktivitas fisik adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup bila Anda menderita osteoarthritis.

Pasalnya, olahraga menawarkan banyak manfaat positif, seperti meningkatkan energi tubuh serta memperkuat otot dan tulang sehingga bisa membantu menjaga persendian Anda tetap lentur.

Jika Anda tidak terlalu terbiasa dengan banyak gerak, memasukkan sedikit demi sedikit aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian bisa Anda coba. Misalnya dengan melakukan latihan aerobik ringan.

3. Tidur yang cukup

lansia sering tidur siang

Meski kegiatan yang satu ini sering disepelekan, namun nyatanya mendapatkan tidur atau istirahat yang cukup sangat diperlukan oleh penderita osteoarthritis. Seperti dikutip dari laman Web MD, waktu tidur yang cukup bisa membantu Anda mengatasi stres dan rasa sakit pada persendian.

Sebaliknya, istirahat yang kurang bisa membuat nyeri pada sendi bertambah parah. Agar Anda lebih mendapatkan manfaat tidur yang maksimal, sebaiknya usahakan untuk selalu tidur pada waktu yang sama setiap malamnya.

4. Turunkan berat badan

Tips hidup sehat dengan osteoarthritis lainnya yang tak kalah penting yakni menurunkan berat badan jika Anda memiliki berat badan yang berlebih. Sebab osteoarthritis juga bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebih (obesitas) yang pada akhirnya bisa mengakibatkan Anda mengalami peradangan pada sendi.

Kelebihan berat badan bisa membuat sendi pada lutut, tulang belakang, pinggul, serta pergelangan kaki harus menahan bebas yang tidak semestinya. Itu sebabnya, bila Anda seorang penderita osteoarthritis yang memiliki kelebihan berat badan, sebaiknya ubah pola makan Anda hingga mencapai berat yang sehat.

Menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap sehat memang tidak mudah, untuk itu mulailah perubahan dari hal-hal yang sederhana seperti mengurangi porsi makan, makan makanan yang bergizi tinggi, dan lakukan hal ini secara teratur.

5. Konsumsi obat untuk osteoarthritis

aturan minum obat

Selain melakukan berbagai upaya agar bisa lebih sehat meskipun menderita osteoarthritis, Anda tetap dianjurkan untuk tidak lupa mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan rasa sakit. Ada dua jenis obat untuk osteoarthritis, yakni obat dengan dosis rendah yang memiliki efek samping ringan, dan obat osteoarthritis stadium lanjut jika rasa nyeri semakin parah.

Meskipun sebagian besar obat-obatan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat jenis apapun.

6. Manjakan diri Anda

memanjakan lansia

Sesekali, tidak ada salahnya untuk memanjakan diri Anda dengan melakukan berbagai kegiatan yang jarang Anda lakukan sebelumnya. Misalnya meluangkan waktu untuk melakukan rekreasi maupun pergi ke alam terbuka selama beberapa waktu. Sebab, dengan menikmati pemandangan baru, bisa memicu suasana hati Anda lebih baik serta menghilangkan stres.

Namun, Anda tidak harus selalu melakukan kegiatan ke luar rumah. Memperbanyak kegiatan ringan seperti mendengarkan musik, membaca, menonton film, maupun bermain dengan hewan peliharaan di dalam rumah juga bisa Anda lakukan.

7. Cari dukungan

membujuk lansia supaya mau makan

Menjalani hidup dengan osteoarthritis memang tidak mudah, untuk itu sebaiknya temukan orang terdekat yang bisa Anda ajak bertukar cerita. Anda bisa juga bergabung dengan kelompok yang sama-sama mengidap osteoarthritis.

Berada di sekeliling orang-orang yang memahami langsung apa yang Anda alami, bisa membantu Anda lebih mudah untuk menjalani hidup meskipun menderita osteoarthritis.

8. Berpikir positif

aktivitas fisik bagi lansia

Pikiran Anda akan sesuatu bisa berdampak besar terhadap perasaan serta kondisi kesehatan tubuh. Untuk itu, cobalah melakukan sesuatu yang bisa Anda nikmati setiap harinya.

Misalnya dengan menghabiskan waktu bersama teman-teman, mengembangkan hobi yang bisa Anda lakukan, meskipun memiliki radang sendi. Yang terpenting, tetap fokus pada kemampuan Anda daripada ketidakmampuan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Anyang-anyangan alias infeksi saluran kencing membuat Anda sering kebelet dan terasa sakit saat buang air kecil. Apa saja penyebab infeksi saluran kencing?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
sering kencing di malam hari

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit