3 Manfaat Makan Telur Puyuh, Si Telur Imut yang Punya Segudang Nutrisi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Telur puyuh merupakan telur yang dihasilkan dari burung puyuh. Telur kecil ini bisa Anda temukan sebagai isi sayur sup atau dijadikan sate pendamping bubur sarapan Anda di pagi hari. Penasarankah Anda apa saja manfaat dan kandungan gizi telur puyuh?

Apa saja kandungan gizi telur puyuh?

1. Tinggi protein

Sama seperti telur ayam, telur puyuh tinggi protein. Satu porsi telur puyuh (isi 5 butir) mengandung 6 gram protein yang ternyata sama banyak dengan satu butir telur ayam.

Protein diperlukan tubuh untuk dijadikan sumber energi, menjaga stamina, memelihara kesehatan kulit dan rambut, serta membangun dan menguatkan massa otot.

2. Kaya vitamin A dan kolin

Telur mini yang dihasilkan burung puyuh ini juga kaya akan vitamin A dan kolin. Setiap porsi telur puyuh menawarkan 119 miligram kolin dan 244 IU vitamin A. Artinya, seporsi telur puyuh (setara 5 butir) mampu menyajikan sekitar 22-28% kebutuhan kolin harian dan 8-10% asupan vitamin A Anda dalam sehari.

Kedua nutrisi ini bekerja sama menjaga kerja sistem imun tubuh untuk mencegah risiko penyakit dan infeksi, khususnya mencegah perkembangan penyakit jantung. Vitamin A dan kolin juga berfungsi memelihara fungsi sistem saraf dan indra penglihatan Anda.

3. Tinggi selenium dan zat besi

Telur burung puyuh mengandung lebih banyak selenium (26%) dan zat besi (9%) daripada telur ayam.

Selenium bermanfaat untuk memelihara fungsi kognitif otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid, dan memperbaiki kerusakan DNA. Sementara itu zat besi berfungsi memproduksi sel darah merah sehat untuk mencegah anemia. Zat besi juga mungkin berpotensi memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Kombinasi zat besi dan selenium dibutuhkan tubuh untuk memetabolisme otot serta memelihara kesehatan pembuluh darah.

Hati-hati, telur puyuh tinggi kolesterol

Dengan segudang nutrisi yang dimilikinya, telur puyuh ternyata termasuk makanan rendah kalori yaitu hanya sekitar 71 kcal (4% dari kebutuhan tubuh). Namun demikian, jangan sampai terlena kebanyakan makan telur mini ini.

Seporsi telur puyuh mengandung 380 mg kolesterol, yang hampir dua kali lebih banyak dari batas maksimal kolesterol harian menurut American Heart Association.

Seporsi telur burung puyuh juga mengandung 1,6 gram lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol Anda. Maka dari itu, jangan makan berlebihan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca