5 Manfaat Jeruk Yuzu untuk Kesehatan, Jeruk Manis Asal Negeri Sakura

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/01/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Selama ini Anda mungkin lebih familiar dengan jeruk mandarin, jeruk pontianak, atau jeruk bali. Nah, perkenalkan jeruk manis dari Jepang. Namanya jeruk yuzu. Sama-sama termasuk buah yang tinggi vitamin C, lantas apa saja manfaat jeruk yuzu untuk kesehatan?

Berbagai manfaat jeruk yuzu untuk kesehatan

1. Menguatkan daya tahan tubuh

Dalam 100 gram buah yuzu terkandung 90,5 mg vitamin C, yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Sekadar informasi, kebutuhan vitamin C orang dewasa adalah sekitar 75-90 mg per hari.

Vitamin C sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dengan merangsang produksi sel darah putih. Antioksidan yang juga terkandung dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan energi, sehingga bisa mencegah Anda merasa kelelahan.

Selain itu, vitamin C juga dapat mendukung fungsi vital dalam tubuh Anda, salah satunya adalah fungsi kelenjar adrenal yang mengatur pelepasan hormon stres. Vitamin C juga diperlukan dalam penyerapan zat besi sehingga juga dapat membantu Anda terhindar dari anemiaBahkan dalam jurnal Annals of Nutrition and Metabolism disebutkan bahwa vitamin C bisa bantu pertahanan tubuh dari berbagai penyakit infeksi, seperti diare, pneumonia, dan malaria

Dengan segala fungsinya tersebut, manfaat vitamin C dari buah yuzu untuk meningkatkan daya tubuh tidak perlu diragukan lagi.

2. Mencegah penuaan dini

Terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya adalah impian semua orang. Nah, kenapa tidak mulai mengonsumsi buah yuzu saja? Selain diperkaya oleh vitamin C, buah jeruk manis asal negeri sakura ini juga tinggi kandungan antioksidan alami yang bisa mencegah penuaan dini.

Antioksidan bekerja menangkal efek buruk radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas, seperti dari asap polusi dan radiasi sinar matahari, membuat kulit lebih cepat mengendur dan berkeriput.

3. Sumber serat harian

Seperti buah-buahan lain, jeruk yuzu bisa Anda andalkan sebagai salah satu sumber serat harian. Serat dibutuhkan tubuh untuk mengikat lemak serta memperlancar proses pencernaan. Anda bisa mengonsumsi buah yuzu sebagai camilan atau campuran dari snack Anda. Dengan begitu, serat harian terpenuhi dan Anda juga bisa mengendalikan berat badan karena kandungan seratnya yang cukup banyak.

4. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Penyumbatan pembuluh darah adalah penyebab dari serangan jantung, stroke, emboli paru, dan berbagai penyakit kronis lainnya. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi jeruk yuzu mampu mencegah pembentukan gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah.

5. Bikin mood membaik

Tak hanya kaya vitamin C, jeruk yuzu juga terbukti dapat memperbaiki suasana hati Anda yang sedang buruk. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 lalu. Tim meneliti sekelompok perempuan yang sedang mengalami premenstrual syndrome (PMS). Perempuan yang mengalami PMS, biasanya mengalami perubahan suasana hati yang cepat dan terbukti buah yuzu dapat menurunkan gejala tersebut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
jamur cordyceps

4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit