Lemak di Punggung Ternyata Sama Bahayanya Dengan Lemak Perut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda memiliki perut yang tidak buncit atau lingkar paha yang tidak terlalu besar. Tapi, jangan senang dulu, bukan berarti Anda terbebas dari tumpukan lemak tubuh. Mau bukti?

Cobalah berkaca dan balikkan badan Anda dan lihat apakah bagian punggung Anda menebal atau tidak. Jika iya, maka Anda mempunyai lemak punggung yang cukup banyak dan hal tersebut tentu saja berbahaya bagi kesehatan Anda. Lalu apa yang menyebabkan punya lemak punggung itu buruk?

Mengapa lemak di punggung berbahaya?

Lemak punggung sering kali terlewatkan akibat tidak terlihat oleh pandangan mata, oleh karena itu banyak orang yang tidak mengetahui dirinya memiliki lemak tubuh yang tebal. Pada dasarnya semua tumpukan lemak di tubuh, entah itu di bagian punggung, perut, paha, lengan, atau bagian lainnya berdampak buruk bagi kesehatan. Tanda bahwa Anda memiliki lemak punggung yang tebal yaitu punggung Anda mudah untuk dicubit – semakin besar cubitannya, maka semakin banyak pula tumpukan lemak.

Jika hal ini terjadi pada Anda coba ingat-ingat kembali, bagaimana pola makan Anda selama ini atau seberapa sering melakukan olahraga. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak dan berkalori tinggi membuat punggung Anda tebal akibat tumpukan lemak. Apalagi, setelah mengonsumsi semua makanan tersebut Anda tidak berusaha untuk membakarnya, maka jadilah Anda seperti punya ‘kantong’ lemak di punggung Anda.

Tumpukan lemak di punggung dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes mellitus, serta berbagai penyakit kronis lainnya.

Wanita lebih banyak memiliki lemak di punggung ketimbang laki-laki

Apabila dilihat dari komposisi tubuh, wanita memang cenderung mempunyai kadar lemak yang lebih banyak ketimbang laki-laki. Dalam keadaan normal saja, wanita setidaknya memiliki jumlah total lemak tubuh sebesar 20-25% dari berat badannya. Sedangkan laki-laki hanya memiliki kadar lemak sekitar 10-15% saja. Bukan tanpa sebab wanita mempunyai lemak yang lebih banyak, wanita memerlukan semua cadangan lemak tersebut ketika mereka menghadapi masa kehamilan, kelahiran, serta menyusui kelak.

Masa- masa tersebut membutuhkan energi yang cukup besar, sehingga tumpukan lemak ini hadir untuk menunjang kondisi tersebut. Tapi, tetap saja mempunyai tumpukan lemak yang terlalu banyak, termasuk lemak punggung, adalah hal yang buruk bagi kesehatan. Jumlah lemak wanita tidak boleh lebih dari 31%, sebab akan menyebabkan penurunan kesuburan serta mengganggu berbagai fungsi tubuh.

Bagaimana cara menghilangkan lemak di punggung?

Lemak punggung dapat dipangkas dengan cara menerapkan pola hidup sehat, membatasi makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi, serta berolahraga dengan rutin. Olahraga yang ampuh untuk membebaskan tubuh Anda dari tumpukan lemak – termasuk lemak punggung – adalah olahraga kardio, seperti berenang, bersepeda, jogging, zumba, dan sebagainya.

Namun beberapa gerakan sederhana juga bisa membantu menghilangkan lemak dengan cepat, yaitu gerakan push up, squat, dan melakukan berbagai gerakan tangan sambil mengangkat beban. Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi juga bisa mempercepat usaha Anda dalam menghilangkan lemak yang menumpuk, sebab serat bersifat mengikat lemak di dalam tubuh sehingga kadar lemak akan menurun secara perlahan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Kenikmatan kopi sudah tidak diragukan. Namun, tahukan Anda ada beberapa cara membuat kopi yang dapat menjadikan manfaatnya lebih baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit