6 Vitamin yang Bisa Membantu Menghilangkan Lemak di Tubuh Anda

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak dan membentuk tubuh. Pasalnya kekurangan gizi dan ketidakseimbangan hormon sering menjadi penyebab utama yang membuat banyak orang sulit membuang lemak. Salah satu cara ampuh untuk membantu menghilangkan lemak adalah dengan asupan vitamin yang tepat.

Ya, asupan vitamin yang tepat dapat membantu mengoptimalkan pembakaran lemak dari aktivitas olahraga yang sudah Anda lakukan. Lantas, vitamin apa saja? Simak informasi selengkapnya dalam artikel ini.

Berbagai vitamin yang membantu menghilangkan lemak tubuh

Di bawah adalah 6 vitamin yang mungkin Anda ingin pelajari lebih lanjut dalam membantu upaya menghilangkan lemak dan membentuk tubuh.

1. Magnesium

Kekurangan magnesium bisa menghambat kemampuan seseorang dalam menggunakan glukosa sebagai energi. Seharusnya tubuh membakarnya sebagai energi, namun saat ada kekurangan magnesium, glukosa disimpan sebagai lemak. Memperbaiki kekurangan magnesium akan merangsang metabolisme dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sensitivitas insulin sangatlah baik. Hal ini menandakan tubuh Anda bereaksi cepat dalam mengolah gula darah dan mengembalikan kondisi keseimbangan dengan cepat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa magnesium juga menghalangi penyerapan lemak.

2. Vitamin D

Para ahli dari seluruh dunia sedang membuktikan dugaan bahwa sejumlah besar penduduk dunia kekurangan vitamin D3. Vitamin D3 adalah prohormon dan memainkan peranan penting dalam berbagai fungsi sel. Untuk membakar lemak, kekurangan vitamin D terkait dengan metabolisme yang buruk akibat karbohidrat.

Selain itu, gen kita yang diatur oleh vitamin D dapat mengubah cara sel-sel lemak terbentuk sehingga lebih mudah untuk menyimpan lemak. Menurut para ahli, vitamin D3 mungkin adalah suplemen yang paling penting yang bisa kita konsumsi untuk kesehatan kita.

3. Vitamin B

Vitamin B membantu produksi energi, melawan rasa lelah dan lesu, memperbaiki sistem saraf yang sehat, memperbaiki fungsi kelenjar adrenal, dan memberi bantuan dalam memproduksi zat untuk mengatur saraf dan hormon. Pencernaan lancar adalah manfaat lain dari vitamin B kompleks. Vitamin ini membantu pencernaan dengan memproduksi asam klorida (HCL); asam klorida membagi karbohidrat, lemak dan protein secara lebih efisien.

Untuk menghilangkan lemak, vitamin B5 dan B3 perlu diperhatikan. B5 menurunkan berat badan dengan cara mengaktifkan lipase lipoprotein, enzim yang membakar sel-sel lemak. Satu penelitian terkait tentang suplemen B5 menunjukkan bahwa vitamin B5 mengurangi rasa lapar saat Anda sedang menjalani diet.

B3 (Niacin) telah terbukti meningkatkan adiponektin, hormon penurunan berat badan yang diproduksi oleh sel-sel lemak. Uji klinis telah menunjukkan bahwa suplemen kromium dengan niacin dapat membantu penurunan berat badan.

4. Kromium

Kromium membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin, membantu mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan massa otot.

Diet saja tidak cukup. Jika kondisi dalam tubuh Anda tidak seimbang, sistem tubuh Anda akan sulit untuk membangun jaringan baru (otot) dan membakar timbunan lemak berlebih. Kekurangan gizi biasa terjadi dan membuat Anda mengalami kemunduran terutama jika Anda telah meningkatkan tingkat aktivitas Anda.

 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?
Sumber

Artikel dari ahli Phil Kelly

8 Aturan Diet yang Salah Besar dan Tak Perlu Anda Percaya Lagi

Tak semua aturan diet harus Anda ikuti. Ya, ternyata ada beberapa aturan diet yang dibuat untuk dilanggar! Aturan diet yang seperti apa? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Phil Kelly
aturan diet yang salah
Diet, Nutrisi 19 Desember 2016

6 Vitamin yang Bisa Membantu Menghilangkan Lemak di Tubuh Anda

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak dan membentuk tubuh. Anda juga butuh asupan vitamin yang tepat. Lantas, vitamin apa saja?

Ditulis oleh: Phil Kelly
menghilangkan lemak

Apakah Olahraga Kardio Menyebabkan Lemak di Perut?

Latihan kardio memang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, jika dilakukan secara berlebihan, latihan ini justru dapat menyebabkan penumpukkan lemak di perut.

Ditulis oleh: Phil Kelly
lemak di perut
Olahraga Kardio, Kebugaran 19 Oktober 2016

Yang juga perlu Anda baca

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Jika memiliki kulit leher hitam, ketahui dulu apa penyebabnya. Setelah itu, cari tahu cara menghilangkan hitam di leher. SImak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Kulit 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Kaki Terasa Lemas Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Apakah Anda pernah merasakan tiba-tiba kaki lemas? Cari tahu penyebabnya, apakah karena penyakit berbahaya atau hanya sekadar kelelahan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Otak dan Saraf 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat buah stroberi

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
apa itu kalori adalah

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit