5 Buah Rendah Gula yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jika selama ini kebanyakan orang beranggapan buah adalah makanan yang paling sehat untuk diet, nyatanya tidak selalu begitu. Pasalnya ada beberapa jenis buah yang mengandung kadar gula tinggi. Alih-alih untuk menurunkan berat badan atau mengontrol gula darah, mengonsumsi buah yang tidak tepat justru akan menambah asupan gula dan kalori dalam tubuh. Itu sebabnya penting untuk mengetahui jenis buah rendah gula yang baik untuk menurunkan berat dan dan juga gula darah Anda.

Apa saja buah rendah gula yang baik untuk diet?

Berikut ini beberapa buah rendah gula yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi dalam membantu program penurunan berat badan dan mengontrol gula darah Anda. Akan tetapi jangan khawatir kebutuhan gizi Anda tidak tercukupi dengan konsumsi buah-buahan ini. Meski buah rendah gula, namun tetap mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti protein dan serat yang baik untuk tubuh.

1. Keluarga beri

Stroberi, raspberry, blackberry adalah keluarga buah yang rendah gula. Rata-rata kandungan gula dalam keluarga beri per 150 gram penyajian hanya 4–7 gram saja. Tidak hanya sebagai rendah gula, keluarga beri juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C nya sehingga memberikan pengaruh yang baik untuk kulit dan pencernaan Anda.

Akan tetapi, Anda perlu membatasi konsumsi buah blueberry. Tak seperti saudara beri yang lain, buah bulat berwarna biru gelap ini mengandung kadar gula yang paling tinggi di antara keluarga beri. Blueberry mengandung sekitar 15 gram per 150 gram takaran penyajiannya. 

2. Semangka

Kandungan air dalam buah semangka yang mencapai 90 persen membuat buah ini sangat menyegarkan jika dikonsumsi ketika siang hari yang terik. Selain itu, nyatanya semangka menjadi buah yang disarankan banyak ahli kesehatan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya kaya akan kandungan airnya, semangka juga ternyata termasuk buah rendah gula yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam cangkir penuh semangka yang dipotong dadu memiliki kandungan gula di bawah 10 gram.

3. Alpukat

Mungkin banyak orang tidak pernah berpikir jika alpukat merupakan salah satu buah rendah gula. Meskipun alpukat sangat tinggi akan kandungan lemak sehatnya, nyatanya buah ini merupakan buah yang rendah gula, loh! Pasalnya alpukat rata-rata hanya mengandung sekitar gram kadar gula dalam buah utuh.

4. Kiwi

Kandungan vitamin C dalam buah hijau yang kecut ini memang sudah tidak diragukan lagi. Tapi tahukah Anda jika kiwi juga merupakan salah satu buah rendah gula? Pasalnya dalam satu buah kiwi utuh kadar gulanya hanya enam gram, loh! Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kiwi juga mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

5. Lemon dan jeruk nipis

Dibandingkan dengan jeruk, lemon dan jeruk nipis mengandung gula yang sangat sedikit, yaitu sekitar 1 – 2 gram gula dalam buah utuh ukuran sedang. Jadi, dua buah ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu campuran minuman Anda untuk membantu mengurangi nafsu makan Anda karena rasanya yang cukup asam.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Minum susu biasanya dianjurkan untuk anak-anak. Lalu, jika sudah lanjut usia, apakah masih perlu minum susu? Berapa banyak susu yang harus diminum?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Kita Tak Boleh Terlalu Banyak Makan Makanan Asin?

Makanan tinggi garam bukan hanya membuat Anda berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Simak berbagai bahaya makanan asin pada tubuh kita.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati sengatan lebah

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Lebah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
gejala leptospirosis

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit