Jerawat tak cuma menjengkelkan saat muncul, tetapi juga saat sudah menghilang dan meninggalkan bekas. Bekas jerawat ada yang kemerahan atau kehitaman di wajah hingga bopeng yang membuat tekstur kulit tidak rata. Dibandingkan dengan noda kemerahan dan kehitaman, menghilangkan bopeng bekas jerawat jauh lebih sulit. Berbagai perawatan diklaim mampu menghilangkan bopeng bekas jerawat, termasuk krim. Namun, apa benar bopeng bekas jerawat bisa hilang hanya dengan krim?

Penyebab bopeng bekas jerawat

cara menghilangkan bopeng bekas jerawat

Bopeng jerawat atau dalam istilah medis disebut dengan skar akne atrofi (atrophic acne scar) adalah kelainan kulit yang bisa muncul ketika jerawat menyebabkan luka di kulit. Sayangnya, sel kulit tidak mampu memproduksi kolagen yang cukup untuk mengisi area yang rusak. Akibatnya, terjadilah indentasi (cekungan) di kulit.

Dalam kasus lainnya, jerawat juga bisa menyebabkan kulit memproduksi terlalu banyak kolagen sehingga yang terjadi justru sebaliknya. Permukaan kulit bekas jerawat terisi secara berlebihan hingga bentukannya menonjol atau yang disebut dengan skar akne hipertrofik (hypertrophic acne scar).

Bisakah menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan krim?

efek samping krim steroid

Pada umumnya, krim tidak akan bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat atau skar akne atrofik. Krim hanya mengurangi penampakan dan warna gelap yang ditimbulkan. Pasalnya, krim tidak akan bisa menutup cekungan akibat bopeng.

Dibutuhkan jenis perawatan lain selain krim untuk dapat menghilangkan bopeng bekas jerawat. Namun, sebelum memilih perawatan yang tepat untuk bopeng bekas jerawat jenis ini, saya akan memberi tahu Anda jenis-jenis skar akne atrofik:

  • Boxcar, bopeng dengan bentuk lebar seperti huruf U dan memiliki sisi yang tegas. Bopeng jenis ini bisa dalam bisa juga dangkal.
  • Ice pick, skar ini berbentuk seperti huruf V dan umumnya cukup dalam. Jenis bopeng yang satu ini paling sulit untuk dikembalikan seperti semula karena memiliki cekungan yang cukup dalam.
  • Rolling, bentuk bopeng biasanya cukup lebar dengan tepi yang membulat dan tidak beraturan.

Adakah cara lain untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat?

perawatan wajah dermabrasi

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat tergantung dari jenisnya. Maka, tidak ada satu metode pengobatan yang bisa mengatasi semua jenis bopeng sekaligus. Biasanya cara paling efektifnya adalah dengan melakukan kombinasi beberapa pengobatan seperti:

Krim

Krim wajah yang mengandung AHA, asam laktat, dan retinoid. Sekali lagi saya tegaskan, penggunaan krim tidak bisa mengembalikan kulit yang bopeng menjadi rata kembali. Krim hanya digunakan untuk memperbaiki tampilan warna pada bopeng yang biasanya menggelap.

Dermabrasi

Dermabrasi adalah teknik pengelupasan kulit menggunakan alat yang berputar di permukaan kulit wajah. Tujuannya, untuk mengangkat kulit terluar wajah. Terapi yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi skar akne atrofi dengan cekungan yang dangkal.

Chemical peeling

Chemical peeling adalah teknik mengangkat sel kulit mati yang menggunakan krim khusus berbahan dasar kimia. Peeling yang digunakan adalah jenis asam yang cukup kuat untuk menembus kulit hingga beberapa lapisan ke bawah. Oleh karena itu wajib dilakukan di klinik kesehatan kulit dan ditangani oleh dokter yang berpengalaman.

Laser resurfacing

Laser resurfacing adalah penggunaan laser CO2 fraksional, Erbium, dan bahan lainnya untuk mengatasi struktur kulit yang tidak sempurna sehingga kulit baru sehat yang lebih rata bisa tumbuh.

Dermal filler

Dermal filler biasanya dipilih untuk bopeng bekas jerawat tipe boxcar dan rolling. Filler dapat menggunakan asam hialuronat, atau lemak dari dalam tubuh sendiri maupun kolagen untuk disuntikkan ke bawah kulit yang mengalami bopeng. Gunanya untuk mengangkat area yang mengalami cekungan.

Microneedle therapy

Terapi yang satu ini dilakukan dengan menggunakan jarum-jarum kecil yang ditusuk dengan kedalaman tertentu ke dalam kulit. Tujuannya untuk merangsang terbentuknya kolagen baru pada area skar akne atrofik.

Operasi minor kulit

Biasanya cara ini dilakukan untuk bopeng bekas jerawat yang besar dan tidak mempan diatasi dengan perawatan-perawatan yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara mencegah bopeng bekas jerawat

ipl treatment cara menghilangkan jerawat

Bopeng memang tidak membahayakan Anda. Namun, hal ini biasanya bisa menurunkan kepercayaan diri Anda karena malu dengan kondisi kulit wajah yang tidak rata.

Agar Anda tidak perlu repot dan pusing memikirkan perawatan apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, cara terbaiknya ialah dengan mencegah kemunculannya. Ini dia yang perlu Anda lakukan.

Rajin cuci muka

Cuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari membantu mencegah timbulnya jerawat yang bisa menyebabkan skar akne baik atrofik maupun hipertrofik. Gunakan sabun wajah yang mengandung benzoil peroksida dan sulfur yang mampu membersihkan bakteri penyebab jerawat di wajah.

Jangan memencet jerawat

Ini dia kebiasaan yang sangat sulit dihilangkan untuk sebagian orang, memencet jerawat. Jika tidak ingin memiliki bopeng bekas jerawat di kulit wajah Anda, jangan sekali-kali memencetnya saat sedang meradang apalagi dengan tangan yang kotor. Sebaiknya, oleskan krim yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur.

Akan tetapi, jika jerawat tidak kunjung kempes segera kunjungi dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK) untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat sesuai jenis jerawat yang  Anda miliki.

Pakai tabir surya

Menghindari paparan sinar UV berlebih dari matahari dengan tabir surya menjadi salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah bopeng yang telah ada menjadi semakin kurang enak dilihat. Pasalnya, sinar UV dapat menyebabkan bopeng bekas jerawat menjadi lebih gelap dan memperparah luka cekungan pada bopeng.

Baca Juga:

dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Kulit & Kelamin
Saya adalah seorang spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2016. Selain berpraktik di Erha Derma Center Yogyakarta dan Klinik ...
Selengkapnya
dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK Kulit & Kelamin
Saya adalah seorang spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2016. Selain berpraktik di Erha Derma Center Yogyakarta dan Klinik Ergia Yogyakarta, saya juga merupakan pelatih nasional untuk dermal filler Neauvia Organic dan thread lift Ultra-V yang merupakan bagian dari Regenesis Indonesia. Berbagai ajang pelatihan dan simposium nasional dan internasional sudah saya hadiri. Yang terbaru adalah International Master Course on Aging Science 2018 yang diadakan di Paris, Prancis. Saya telah mendapat sertifikasi dermal filler dari Neauvia Academy Switzerland, Allergan Medical Institue, dan juga Perfectha Paris. Sedangkan untuk thread lift, saya telah tersertifikasi dari Ultra-V Korea. Tidak hanya dermal filler dan thread lift, ketertarikan saya di bidang dermatologi juga meliputi permasalahan jerawat (akne), flek wajah (melasma), serta alergi dan imunologi kulit. Selain itu, passion saya di bidang penyakit menular seksual juga menuntun saya untuk meneliti faktor risiko kandidiasis vagina pada pekerja seks di Banyumas di tahun 2016. Prinsip saya adalah, memberikan pelayanan dan perawatan paripurna terhadapan kesehatan kulit serta kelamin pasien, tidak hanya dari segi estetik, melainkan lebih holistik untuk mencapai hasil yang memuaskan.  
Selengkapnya
Artikel Terbaru