Alergi Sunscreen? Ini 5 Cara Lain untuk Melindungi Kulit Anda dari Sinar UV

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19/09/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Cara paling mudah melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah dengan menggunakan sunscreen. Sayangnya, kandungan tertentu dalam sunscreen bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang sehingga mereka perlu mencari cara lain untuk melindungi kulitnya.

Tips melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sinar matahari memang bermanfaat, tapi paparan secara berlebihan juga dapat  meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang memiliki alergi terhadap sunscreen.

Namun, Anda tak perlu risau. Selain dengan sunscreen, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit dari sinar UV jika Anda memiliki alergi tabir surya:

1. Memakai pakaian yang tepat

Apabila memiliki alergi sunscreen, Anda mungkin dapat memakai pakaian yang tepat untuk mengurangi risiko kesehatan akibat paparan sinar matahari berlebih.

Saat memilih pakaian, pertimbangkan bahan, warna, panjang dan ukuran, serta kemampuannya dalam menangkal sinar matahari.

Kain dari bahan kepar/linen (twill), denim, spandeks, serta pakaian berwarna gelap bisa melindungi kulit dari sinar UV dengan lebih efektif. Anda pun dapat menambah perlindungan dengan memilih pakaian yang memiliki ultraviolet protection factor (UVF).

2. Mengenakan topi dan kacamata hitam

Topi dapat melindungi kulit kepala, hidung, pipi, telinga, dan leher ketika Anda bepergian dalam cuaca terik. Pilihlah topi yang memiliki bagian lidah topi selebar 8 cm atau lebih agar seluruh bagian wajah dan kepala Anda terlindung sempurna.

Selain itu, kenakan pula kacamata hitam untuk melindungi mata dan kulit sekitarnya dari paparan sinar UV. Pilihlah kacamata hitam berkualitas baik yang menyerap 99-100 persen sinar matahari untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

3. Berdiri di tempat yang teduh

Apabila Anda harus berdiri lama dalam cuaca yang terik dan tak dapat menggunakan sunscreen karena alergi, carilah tempat yang cukup teduh.

Anda boleh memakai payung, tapi jangan hanya mengandalkan payung. Pasalnya, payung tidak cukup rapat untuk bisa menyerap sinar matahari.

Pilihlah payung yang rapat atau pepohonan untuk melindungi kulit dari sinar UV. Jauhi tempat yang berdekatan dengan beton, tembok, pasir, air karena bahan-bahan ini dapat memantulkan sinar matahari dengan lebih kuat.

4. Membatasi durasi terpapar sinar matahari

Tanpa perlindungan sama sekali, kulit dapat mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari hanya dalam waktu 15 menit. Namun, efeknya biasanya baru akan terlihat setelah 12 jam.

Untuk melindungi kesehatan kulit, batasi durasi paparan sinar UV selama Anda berada di luar rumah. Anda juga disarankan untuk membatasi aktivitas luar rumah dengan durasi lama antara pukul 10.00-14.00 WIB saat matahari sedang terik-teriknya.

5. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan kulit

blueberry

Apa yang Anda makan turut memengaruhi kesehatan kulit Anda. Makanan terbaik untuk kulit Anda adalah yang kaya akan kandungan air, antioksidan, asam lemak omega-3, beta karoten, serta vitamin dan mineral.

Makanan yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV antara lain:

  • Blueberry
  • Semangka
  • Kacang dan biji-bijian
  • Wortel
  • Teh hijau
  • Sayuran berdaun hijau dan kol

Menggunakan sunscreen hanyalah satu dari banyak cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih. Walaupun memiliki alergi terhadap sunscreen, Anda tetap bisa menjaga kesehatan kulit dengan banyak cara lain.

Cara apa pun yang Anda lakukan, semuanya memberikan manfaat bagi kesehatan kulit Anda. Jadi, jangan lupa mengenakan pakaian yang tepat, berteduh, dan batasi waktu paparan sinar matahari agar kulit Anda senantiasa sehat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Kesalahan Umum Memakai Sunscreen Pada Wajah

Sunscreen wajah bisa melindungi kulit Anda. Namun, kadang masih ada yang melakukan kesalahan saat memakai sunscreen. Ketahui cara mencegahnya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 07/02/2020 . Waktu baca 5 menit

Manfaat Microneedling dan Tips Melakukannya di Rumah

Microneedling di rumah dapat mendatangkan manfaat untuk kesehatan kulit. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum Anda melakukannya di rumah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Kecantikan 04/01/2020 . Waktu baca 5 menit

Makeup Mengandung SPF Cukup Untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV ?

Berbagai produk makeup kini telah dilengkapi dengan SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Lantas, perlukah menggunakan sunscreen lagi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 30/12/2019 . Waktu baca 4 menit

Segudang Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Kulit

Siapa bilang minyak bunga matahari hanya digunakan untuk memasak? Faktanya, minyak biji bunga matahari memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kecantikan 21/12/2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit
merawat kulit saat karantina

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat minyak biji rosehip

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 14/04/2020 . Waktu baca 5 menit
manfaat mugwort

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 17/03/2020 . Waktu baca 3 menit