Zaman sekarang, banyak orang rela melakukan apa saja agar tetap terlihat muda. Mulai dari membayar mahal produk-produk kulit sampai mungkin operasi plastik dilakukan untuk menghilangkan kerut-kerut. Meskipun pada kemasan produk-produk kulit tersebut tertera mengandung berbagai macam vitamin, hanya sedikit yang benar-benar dapat memperlambat penuaan.

Komponen terpenting dalam vitamin yang berguna untuk memperlambat penuaan adalah antioksidan. Antioksidan diketahui bermanfaat untuk mencegah efek radikal bebas dari kerusakan sel di dalam tubuh dan kulit. Radikal bebas adalah hasil dari proses di dalam tubuh. Akan tetapi, radikal bebas juga dapat terjadi dari efek terpapar berbagai macam faktor lingkungan, seperti asap rokok, radiasi ultraviolet (UV) dari matahari. Radikal bebas inilah yang mempercepat proses penuaan pada kulit.

Berikut adalah vitamin-vitamin yang dapat mempengaruhi kecepatan penuaan:

1. Vitamin A

Vitamin A membantu Anda mengatasi penuaan dengan beberapa cara. Yang paling utama adalah dengan kandungan antioksidan yang dapat menetralisir efek dari oksidasi akibat radikal bebas. Cairan topikal dengan vitamin A (seperti krim retinol) juga sudah terlihat kegunaannya dalam mengurangi kerusakan akibat terpapar cahaya matahari dan penuaan kulit dengan cara berfungsi sebagai pengelupas kulit mati dan mengurangi garis kerut-kerut. Vitamin A juga dapat mengurangi lingkar hitam pada mata.

Vitamin A dalam kadar yang cukup memang penting untuk tulang kita. Akan tetapi, ada bahaya bila untuk orang-orang yang sudah tua mengonsumsi terlalu banyak vitamin A, karena dapat menyebabkan osteoporosis dan tulang rapuh. Konsultasikan dulu dengan dokter Anda tentang berapa banyak vitamin A yang Anda butuhkan.

Perlu diingat bahwa vitamin ini bukan berfungsi untuk menghentikan penuaan. Tetapi dalam komposisi yang tepat, vitamin ini dapat membantu memperlambat penuaan.

Selain menggunakan produk-produk kulit, Anda juga dapat mendapat sumber vitamin A dari makanan yang Anda konsumsi. Makanan-makanan yang kaya vitamin A seperti telur, ikan, dan ati.

2. Vitamin B

Niacin, salah satu komponen di vitamin B (terutama B3), memiliki beberapa komponen yang dapat membantu memperlambat penuaan. Salah satu caranya adalah dengan membantu kulit Anda meningkatkan kemampuan untuk meregulasi kelembapan pada kulit. Kulit yang lembap atau tidak kering bukan saja terlihat lebih sehat, tetapi juga membantu kulit Anda dengan memberikan kulit yang kuat dan membantu menyerang virus, bakteri, atau mikroba lain. Kulit yang kering akan menimbulkan efek seperti kulit sensitif, gatal-gatal, dan terlihat bersisik. Selain membantu kelembapan kulit, niacin juga dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Niacin bisa didapatkan dari makanan-makanan seperi daging ayam, telur, daging, ikan, kacang-kacangan, dan roti kaya protein.

3. Vitamin K

Semakin Anda bertambah tua, lingkar mata bisa jadi terlihat semakin jelas. Lingkar mata ini bukan hanya disebabkan karena kurang tidur, tetapi faktor keturunan, hormon, dan alergi bisa juga menjadi penyebabnya. Lingkar mata ini terbentuk akibat kapiler-kapiler di sekitar mata Anda bocor atau melar, yang menyebabkan penggumpalan darah.

Vitamin K dapat membantu Anda untuk mengurangi lingkar mata tersebut. Vitamin K memiliki kemampuan untuk merapatkan kapiler-kapiler di sekitar mata dan menghancurkan gumpalan-gumpalan darah. Vitamin ini tidak benar-benar akan menghilangkan seluruh lingkar mata Anda, akan tetapi mendapat vitamin K yang cukup dapat membantu Anda mengurangi lingkar mata Anda.

Vitamin K tidak dihasilkan dalam jumlah yang banyak oleh tubuh Anda, akan tetapi mungkin tubuh Anda memerlukan vitamin K lebih dari yang dihasilkan oleh tubuh Anda. jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan atau produk yang mengandung Vitamin K seperti suplemen, multivitamin, bayam, kol, brokoli, dan kangkung untuk memenuhi kebutuhan vitamin K dit ubuh Anda.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah sumber dari antioksidan, yang seperti sudah dijelaskan dapat membantu memperlambat penuaan. Bukan hanya menghasilkan antioksidan, vitamin C juga dapat membantu “mengaktifkan” antioksidan lain di dalam tubuh Anda, seperti dari vitamin E.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu peremajaan kulit agar tidak keriput dengan meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah elemen di kulit Anda yang bertanggung jawab akan bentuk dan kekuatan kulit Anda. Selain itu, kolagen juga penting dalam penyembuhan luka.

Membuat krim kulit yang mengandung vitamin C dalam dosis yang cukup itu sulit karena vitamin C bereaksi secara cepat begitu bertemu dengan udara. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan vitamin C dari buah dan sayur, seperti jeruk, mangga, kentang, dan lain sebagainya.

5. Vitamin E

Vitamin E (alpha tocopherol) adalah komponen yang larut dalam lemak, yang dapat membantu memperbaiki kulit kering. Vitamin ini dapat membantu meregulasi kelembapan kulit dan kadang terdapat dalam sunscreen untuk membantu Anda melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari. Vitamin E juga merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk membantu memperlambat penuaan.

Vitamin E bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, sayur hijau, minyak dari bunga matahari, gandum, dan minuman berbasis susu. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin E dari suplemen atau krim kulit.

Krim kulit yang mengandung vitamin saja tidak cukup

Menurut peneliti, masalah dari mengaplikasikan antioksidan ke kulit adalah antioksidan tersebut tidak seluruhnya diserap kulit, atau efek yang dihasilkan hanya bertahan dalam jangka waktu yang sebentar. Meski klaim di iklan produk kecantikan anti-aging terlihat sangat menjanjikan, hampir semua kandungan antioksidan di dalam produk terdapat dalam konsentrasi yang rendah dan tidak semuanya terserap ke dalam kulit secara sempurna. Jadi, dianjurkan selain mengaplikasikan berbagai produk krim kulit, jangan lupa juga membantu memperlambat penuaan dari makanan yang Anda makan.

BACA JUGA:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca