Memilih Sepatu Olahraga untuk Penderita Osteoartritis Lutut

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2017 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Osteoartritis adalah penyakit sendi degeneratif dan merupakan kondisi kronis yang paling umum terjadi pada sendi manusia. Osteoartritis paling sering terjadi di lutut, pinggul, leher, sendi di jari tangan, dan basis di jempol dari jari-jari kaki yang besar.

Tulang rawan terdapat pada ujung-ujung setiap tulang. Tulang rawan berfungsi untuk menyediakan permukaan yang membuat pergerakan sendi menjadi lebih halus dan berfungsi sebagai bantalan antara tulang yang satu dengan tulang yang lain. Pada penderita osteoartritis, tulang rawan ini rusak, yang mengakibatkan si penderita merasa sakit, bengkak, dan masalah dalam menggerakkan sendi-sendinya.

Pentingnya olahraga bagi penderita osteoartritis

Menurut survei, sendi yang paling sering terserang osteoartritis adalah lutut. Tidak ada pengobatan yang bisa menyembuhkan osteoartritis, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakitnya dan meningkatkan fungsi lutut Anda. Salah satunya adalah berolahraga fisik. Berolahraga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, mengurangi rasa sakit pada sendi, dan menurunkan risiko para penderita osteoartritis menjadi disabilitas.

Untuk berolahraga, tentu saja Anda membutuhkan sepatu olahraga. Biasanya kalau Anda pergi ke toko sepatu untuk membeli sepatu olahraga, tentu saja Anda akan memilih dan membeli sepatu olahraga yang paling nyaman untuk Anda. Khusus untuk penderita osteoartritis, sangat penting untuk memilih sepatu olahraga yang tepat. Para ahli menganjurkan untuk memilih sepatu yang tidak tinggi dan fleksibel sehingga nyaman digunakan oleh Anda.

Mengapa sangat penting bagi penderita osteoartritis untuk memilih sepatu olahraga yang tepat?

Kalau penderita osteoartritis mengenakan sepatu olahraga yang tidak cocok, maka masalah-masalah di lutut mereka yang sudah ada akan menjadi semakin parah, bahkan bisa jadi menyebabkan kerusakan atau komplikasi pada sendi-sendi lain di kaki si penderita. Jenis-jenis sepatu yang digunakan secara langsung memberi efek pada beban yang “diberikan” kepada sendi lutut. Bila sendi lutut si penderita terlalu terbebani, maka keadaan lutut penderita osteoartritis akan semakin buruk dengan cepat. Sebaliknya, sepatu olahraga yang tepat justru dapat membantu penderita osteoartritis untuk mengurangi (bahkan menghilangkan) rasa sakit pada kaki si penderita.

Berikut ini fakta-fakta penting tentang sepatu olahraga yang perlu Anda ketahui:

  • Sepatu tipe stability dapat membantu Anda mengontrol pergerakkan kaki Anda saat Anda berjalan atau berlari
  • Sepatu tipe neutral sangat mudah untuk ditambahkan, diganti, atau dikombinasikan dengan sol dalam
  • Sepatu dengan bantalan yang baik dapat membantu menurunkan tekanan pada lutut
  • Arch support dapat membantu persebaran berat badan tubuh yang ditopang oleh tubuh Anda
  • Tali sepatu dapat membantu mengurangi tekanan di luar kaki

Jenis-jenis sepatu olahraga

Sepatu olahraga dikategorikan ke dalam 2 kategori, yaitu sepatu tipe stability dan neutral.

1. Sepatu tipe stability

Sepatu jenis ini terbuat dari sol tengah yang tebal dan empuk dan dilengkapi dengan hak. Sepatu ini dibuat untuk mengontrol pergerakan dan overpronasi (kecenderungan kaki untuk bergerak ke depan melebihi yang diperlukan untuk mendistribusikan berat badan yang ditopang oleh tubuh dan penyerapan tekanan). Sepatu tipe stability membantu Anda meringankan beban yang ditanggung oleh tumit, yang di mana untuk para penderita osteoartritis, hal ini sangatlah penting.

2. Sepatu tipe neutral

Sepatu jenis ini dapat membantu memberikan Anda bantalan kaki yang nyaman serta membantu penyerapan tekanan pada kaki Anda. Sepatu jenis ini juga didesain untuk udah ditambahi dengan custommolded orthotic, alat yang biasanya digunakan oleh para penderita artritis.

Kalau Anda tidak yakin pasti dengan sepatu yang paling tepat untuk kondisi Anda, Anda bisa mengonsultasikannya dengan ortopedi, podiatri, atau ahli sepatu.

Tips memilih sepatu yang tepat untuk osteoartritis

Selain memilih warna, model, dan ukuran sepatu yang cocok Anda, berikut hal-hal lain yang perlu Anda perhatikan bila Anda memilih sepatu untuk penderita osteoartritis:

1. Pilihlah sepatu dengan bantalan yang empuk

Sepatu dengan bantalan yang empuk dapat membantu Anda mengurangi tekanan pada lutut ketika Anda berlari atau berjalan. Sepatu dengan bantalan yang empuk mengambil alih tekanan ketika kaki Anda menginjak lantai, sehingga tekanan yang sampai ke lutut lebih sedikit. Sepatu dengan bantalan yang empuk ini juga dapat membantu mengurangi dampak tekanan dari berjalan di tempat yang keras atau berdiri dalam jangka waktu yang lama di lantai yang keras.

2. Perhatikan sol sepatu

Sol sepatu yang baik dapat membantu mencegah telapak kaki Anda menekuk secara berlebihan. Saat telapak kaki Anda menekuk secara berlebihan, tungkai kaki bagian bawah dan lutut Anda secara bergantian bergerak terus-meneus setiap kaki Anda menginjak lantai. Pergerakan ini bisa menyebabkan lutut Anda semakin sakit.

3. Pastikan sepatu Anda memiliki arch support

Arch support membantu kaki Anda mengontrol pelekukan, sehingga membuat Anda berjalan dan berlari dengan lebih nyaman. Tidak adanya arch support pada sepatu Anda bisa jadi menyebabkan Anda merasa kurang nyaman saat berjalan atau berlari. Arch support juga membantu tubuh Anda mendistribusikan beban berat badan secara merata, sehingga membantu keseimbangan Anda. Dan yang paling penting, arch support membantu penyerapan tekanan dan mengambil alih tekanan pada tumit Anda.

4. Pastikan untuk memilih sepatu dengan ukuran yang tepat

Terkadang, memang susah untuk mendapat sepatu yang benar-benar pas untuk ukuran kaki Anda. Akan tetapi, Anda perlu memastikan bahwa sepatu Anda tidak terlalu kebesaran, tetapi tidak juga terlalu kesempitan. Pastikan Ada ruang di antara jari-jari kaki Anda. Kalau sepatu Anda terlalu kesempitan, maka bisa membuat kaki Anda tidak nyaman.

5. Pastikan sepatu Anda bermodel sepatu tali

Ternyata, sepatu tali bukan hanya sekadar model, tapi berperan penting dalam kenyamanan sepatu Anda. Mengikat tali sepatu Anda dengan benar dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit dan risiko cidera. Mengikat tali sepatu dengan benar juga dapat mengurangi tekanan di luar kaki Anda. Ketika kaki Anda terlindung dengan baik oleh sepati Anda, gesekan antara kaki dan sepatu Anda akan berkurang, yang artinya melindungi kaki Anda dari lecet-lecet.

6. Pastikan Anda tidak membeli sepatu olahraga yang berhak tinggi

Saat ini, sedang populer sepatu sneakers yang dilengkapi dengan hak. Sepatu jenis ini tidak dianjurkan untuk digunakan oleh penderita osteoartritis. Memakai sepatu olahraga yang tidak berhak mengurangi risiko Anda terkena cidera ankel atau cidera kaki, yang semakin menyiksa Anda.

7. Pilihlah jenis sepatu yang paling nyaman untuk Anda

Selalu diingat bahwa kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Mungkin saja, jenis sepatu yang satu cocok untuk Anda, tetapi tidak cocok untuk penderita osteoartritis yang lain. Oleh karena itu, pilihlah jenis sepatu yang paling cocok untuk Anda. Anda dapat meminta bantuan dari ahli untuk memastikan jenis sepatu mana yang paling cocok untuk Anda.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Sederet Bahan Herbal yang Berpotensi Sebagai Obat untuk Psoriasis

Lidah buaya dan cuka apel adalah dua obat alami yang sering digunakan untuk penyakit psoriasis. Seberapa efektif kerja obat herbal psoriasis ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Kulit, Psoriasis 25 September 2020 . Waktu baca 9 menit

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ada sejumlah pilihan obat cacing kremi yang bisa Anda coba, mulai dari obat kimia atau obat dari bahan alami. Baca selengkapnya dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
perut panas setelah makan; perut perih setelah makan; perut mulas

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
psoriasis kuku

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit