Brazilian jiu jitsu, atau yang biasa dikenal dengan BJJ, merupakan sebuah olahraga seni bela diri campuran yang berasal dari Jepang, atau diturunkan dari olahraga judo. Namun, olahraga ini lebih berkembang dan populer di negara Brasil.

Teknik dalam olahraga bela diri ini unik dan cukup menguras keringat. Tekniknya fokus pada teknik cekikan dan mengunci di lantai yang berguna untuk melumpuhkan lawan. Namun, di balik semua manfaat perlindungan diri tersebut, ada manfaat lain yang tidak kalah penting. Brazilian jiu jitsu, selain baik untuk kebugaran, nyatanya juga bagus untuk meningkatkan performa bercinta di ranjang. Apa benar demikian? Yuk, simak manfaat melakukan Brazilian jiu jitsu bagi kehidupan seks Anda.

Manfaat Brazilian jiu jitsu untuk kehidupan seks

Olahraga, latihan, atau aktivitas fisik apa pun dikenal baik untuk memunculkan hormon dan energi positif bagi Anda yang melakukannya. Ada beberapa hormon yang bisa meningkatkan gairah dan energi pada saat bercinta. Nah, berikut efek hormon yang bisa Anda dapatkan saat melakukan BJJ:  

1. Serotonin

Hormon serotonin merupakan hormon yang bisa muncul saat Anda melakukan aktivitas fisik seperti olahraga lari, renang, atau melakukan keterampilan bela diri seperti BJJ itu sendiri. Ketika Anda melakukan aktivitas fisik, hormon serotonin akan muncul sehingga dapat memengaruhi mood yang happy, meningkatkan gairah seksual dan nafsu makan, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Perlu diketahui juga kalau hormon serotonin yang rendah erat kaitannya dengan masalah mental seperti mood yang buruk atau bahkan depresi.  

2. Adrenalin

Gerakan mengunci dan bergulat di lantai bisa mengaktifkan sistem saraf simpatik. Hal ini meningkatkan detak jantung dan melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah ke otot saat berhubungan seks.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah berada dalam situasi yang memompa adrenalin, seseorang akan menemukan lawan jenis menjadi lebih menarik. Dengan kata lain, dorongan seksual Anda dapat meningkat setelah melakukan jiu jitsu.

3. Dopamin

Olahraga akan mengeluarkan sel saraf otak yang memicu keluarnya hormom dopamin. Dopamin ini hormon yang bertanggung jawab untuk memicu perasaan senang dan bahagia pada diri Anda. Hal ini dipercaya dapat memengaruhi hasrat bercinta Anda.

Manfaat Brazilian jiu jitsu untuk kesehatan

Selain meningkatkan dan mengeluarkan hormon seksualitas seseorang, latihan BJJ juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh pastinya. Latihan BJJ berdampak baik untuk kekuatan otot dan tulang tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat Brazilian jiu jitsu untuk kesehatan.

  • Latihan BJJ bisa membuat Anda kehilangan bobot tubuh, jika dilakukan secara rutin dan teratur. Selain itu, BJJ akan membantu Anda membakar kalori dan membangun otot pada saat bersamaan.
  • Olahraga BJJ, dapat membantu Anda mempertahankan detak jantunng istirahat yang sehat (HRR). Tingkat detak jantung yang normal akan menandankan kebugaran sistem kardiovaskular yang lebih baik dan fungsi jantung yang lebih efisien.
  • Sama seperti bentuk olahraga bela diri lainnya, BJJ akan memberikan efek dorongan kepercayaan diri bagi Anda. Olahraga ini juga akan meningkatkan stamina tubuh agar tetap bugar.   

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca