8 Olahraga Bela Diri yang Membakar Banyak Kalori

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 September 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bela diri bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin berolahraga dengan tantangan. Tidak cuma membuat tubuh lebih bugar dan memuaskan rasa penasaran Anda dengan tantangan, olahraga seperti tinju, karate, taekwondo, dan bela diri lainnya bisa membakar kalori lebih baik dari sekedar lari atau jogging.

Berdasarkan data penelitian dari Medicine and Science in Sports and Exercise, jurnal resmi American College of Sports Medicine, secara umum lari atau jogging dengan kecepatan normal (8 km/jam) bisa membakar 472-745 kalori (data yang dipublikasikan diukur dari orang yang beratnya 59 kg – 93 kg). Beberapa olahraga bela diri yang dikutip dari Health Ambition bisa Anda pilih, bila Anda ingin membakar lebih banyak kalori.

Karate

Bela diri satu ini merupakan olahraga yang berfokus pada kekuatan dan juga tubuh bagian atas. Saat melakukan olahraga ini, setiap gerakan serangan akan membuat otot-otot inti Anda mengeluarkan kekuatan terbaiknya. Hasilnya, lemak Anda akan terbakar dan membuat Anda lebih kuat. Akan tetapi karate tidak sebaik bela diri lainnya jika Anda ingin fokus pada kardio.

Kalori yang terbakar : 590-931 kalori per jam

Kung Fu/Taekwondo

Kung fu memiliki banyak gaya bertarung. Banyak di antaranya memerlukan banyak gerakan, termasuk melompat, membalikkan badan, menendang, dan gerakan-gerakan umum lainnya. Sedangkan, taekwondo sendiri fokus pada hampir semua gerakan tendangan dan juga kaki. Tendangan di udara dan melompat baik untuk kaki yang kuat dan juga latihan kardio. Kedua bela diri ini sempurna untuk menurunkan berat badan.

Kalori yang terbakar : 590-931 kalori per jam

Muay Thai/Kickboxing

Bela diri satu ini melibatkan tinju dan menendang, jadi tentu fokusnya adalah pada kekuatan, kecepatan, dan pergerakan. Saat Anda menonton olahraga ini, Anda akan melihat petarungnya kelelahan dalam beberapa menit saat di arena. Olahraga ini juga bagus untuk menurunkan berat badan, karena Anda akan terus bergerak, berganti kuda-kuda, melepaskan tendangan dan pukulan, dan bergulat. Ini merupakan olahara bela diri yang sempurna untuk menurunkan berat badan dan juga untuk melindungi diri.

Kalori yang terbakar : 590-931 kalori per jam

Tinju

Tinju mungkin tidak sebaik bela diri lainnya dalam membakar kalori, bila sekadar memukul karung dan tidak benar-benar melakukan sparring atau bertarung di arena tinju. Ada beberapa gaya tinju yang memicu kardio, karena tinju menuntut Anda mengeluarkan seluruh kekuatan yang Anda punya dan fokus pada pergerakan tubuh bagian atas Anda. Jika Anda mengeluarkan semua kekuatan Anda, Anda akan merasa cepat lelah, tapi Anda akan membentuk tubuh bagian atas Anda.

Kalori yang terbakar :

  • Memukul samsak: 354-558 kalori per jam
  • Sparring: 531-838 kalori per jam
  • Di atas ring tinju: 708-1.117 kalori per jam

Judo/Hapkido

Untuk melindungi diri, kedua bela diri ini bisa jadi pilihan. Meski tidak menggunakan banyak lompatan, tidak banyak bergerak, dan tidak banyak menyerang sehingga membuatnya kurang efektif untuk mengurangi berat badan, olahraga ini masih tetap mampu mengurangi banyak kalori.

Kalori yang terbakar : 590-931 kalori per jam

Capoeira

Bela diri satu ini bisa dibilang sebagai bela diri yang membuat keseluruhan tubuh terus bergerak. Capoeira sendiri merupakan perpaduan antara berdansa dan berkelahi. Meski sulit dipelajari, gerakan-gerakannya luar biasa, seperti akrobat, menendang, bergerak cepat, serangan menggunakan kaki dan siku, pukulan, tamparan, dan bahkan membanting. Seperti dikutip The Guardian, karena banyak pergerakan, capoeira bermanfaat untuk sistem kardiovaskular Anda dan juga menambah stamina.

Kalori yang terbakar: 500 kalori per jam

Krav Maga

Krav Maga merupakan bela diri paling brutal dan paling keras saat ini. Gerakan-gerakannya memiliki beberapa elemen muay thai, judo, wing chun, jiu-jitsu, judo, gulat, dan tinju. Bela diri ini menggunakan banyak teknik dekapan untuk melucuti senjata, membuat orang pingsan, dan mengalahkan musuh dalam hitungan detik. Olahraga bela diri ini fokus pada situasi di dunia nyata. Tujuan bela diri ini adalah menghindari konfrontasi atau menyelesaikan masalah secepat mungkin bila terkonfrontasi. Bela diri ini memerlukan kecepatan, kekuatan, dan kemampuan menyerang titik lemah musuh.

Kalori yang terbakar : 590-931 kalori per jam

Gulat

Olahraga ini juga termasuk salah satu olahraga yang cukup baik dalam membakar kalori, meski tidak sebaik bela diri lainnya. Berdasarkan studi yang dilakukan sejumlah peneliti di Harvard Medical School, seperti dilansir AZcentral, seorang pegulat yang memiliki berat 56,6 kg akan membakar 180 kalori dalam 30 menit. Jika berat Anda 70 kg, Anda akan membakar 223 kalori dalam 30 menit. Dan bila berat Anda 84 kg, kalori yang terbakar bisa mencapai 266 kalori setiap 30 menit Anda bergulat.

Kalori yang terbakar : 354-558 kalori per jam

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

    Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

    Penyakit Katup Jantung

    Penyakit katup jantung terjadi ketika katup pada jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketahui lebih lanjut di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 01/07/2020 . Waktu baca 13 menit

    Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

    Olahraga yang dilakukan di luar rumah bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan mental. Tapi apakah aman olahraga di luar rumah saat pandemi COVID-19?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Coronavirus, COVID-19 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit

    Berselancar di Laut Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Lho!

    Selain baik untuk kebugaran, surfing alias berselancar di laut ternyata juga menawarkan manfaat untuk kesehatan mental Anda. Yuk, kenali apa saja manfaatnya

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hidup Sehat, Psikologi 23/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    makanan yang dilarang untuk pasien penyakit jantung

    5 Jenis Pantangan Makanan untuk Pasien Penyakit Jantung

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
    lemak paha sulit dihilangkan

    Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
    makanan sehat untuk orang sibuk

    13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 22/07/2020 . Waktu baca 12 menit
    pembagian porsi makan

    Seperti Apa Porsi Makan yang Tepat Agar Diet Cepat Berhasil?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit