9 Cara Meningkatkan Motivasi untuk Berolahraga

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14/10/2018
Bagikan sekarang

Olahraga penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan senantiasa bugar. Namun adanya motivasi untuk olahraga  juga tidak kalah pentingnya untuk kesehatan Anda.

Cara terbaik untuk terus termotivasi adalah dengan membiasakan diri dengan jadwal olahraga rutin dan tetapkan goal sehat Anda. Berikut merupakan langkah agar motivasi olahraga Anda tidak redup.

Hal yang bisa Anda lakukan sebagai motivasi olahraga

1. Tetapkan tujuan yang masuk akal

Agar motivasi berolahraga Anda tidak kendur, silakan tetapkan goal awal. Misalnya, Anda ingin turun berat badan sebanyak 10 kg dan menargetkan hal itu terlaksana dalam waktu 2 bulan.

Perlu diperhatikan, menurut Gerald Endress, seorang psikolog olahraga di Duke Center for Living di Carolina Utara, pemula biasanya ingin hasil instan maksimal. Akan tetapi mereka cenderung kewalahan karena memaksakan diri untuk berolahraga selama 1 hingga 2 jam per hari.

Sayangnya, memaksakan olahraga seperti itu hanya membuat motivasi untuk berolahraga Anda makin lama makin melemah. Ini disebabkan karena tubuh yang tidak kelelahan dan hanya rasa capek yang dirasakan.

Disarankan untuk membuat tujuan yang lebih masuk akal dan terjangkau oleh kemampuan kita, seperti berolahraga 2 sampai 3 kali seminggu selama 20 – 30 menit. Anda juga bisa memberi waktu yang masuk akal pada diri Anda, selama 3 sampai 4 bulan, untuk turun 10 kg dan berat badan tetap sehat.

2. Bikin catatan olahraga

Agar motivasi untuk berolahraga Anda tidak kendur, coba buat catatan olahraga. Bisa dibuat dalam bentuk jurnal online atau di buku catatan.Anda bisa menuliskan kemajuan berapa banyak Anda melakukan sit up, berapa centimeter lingkar pinggang yang menyusut, atau bahkan berapa kilogram berat badan hilang dalam jangka waktu tertentu. Ini akan memotivasi Anda untuk terus berolahraga.

3. Tidak apa jika 1-2 kali bolos olahraga

Tidak dipungkiri bahwa Anda pasti bolos satu sampai dua kali olahraga di jadwal yang sudah Anda buat. Jika Anda mengetahui bahwa Anda pasti akan “bolos” berolahraga 1-2 kali, Anda harus bersikap realistis saja, jangan merasa bersalah. Dengan begitu, mental Anda akan lebih siap menerimanya, dan bukannya malah menjadikannya alasan untuk menyerah dan malas berolahraga.

4. Fokus pada diri sendiri

Saat olahraga, akan selalu ada orang lain yang lebih bugar atau lebih cepat turun berat badannya. Endress mengatakan bahwa agar motivasi olahraga Anda tidak menurun, Jangan bandingkan diri Anda dengan mereka.. Jangan biarkan mereka menghalangi Anda dari tujuan Anda. Fokus pada tujuan, kemajuan dan yang pasti diri Anda sendiri.

5. Minta dukungan orang sekitar

Agar motivasi olahraga tetap tinggi, carilah teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, yang akan menyemangati Anda untuk terus maju. Minta mereka untuk terus mendukung hidup sehat Anda.

6. Cari olahraga yang menyenangkan

Motivasi olahraga bisa luntur apabila Anda bosan dengan latihan yang Anda lakukan. Untuk mengakalinya, coba cari latihan yang menyenangkan, tidak melulu harus jogging sendirian atau angkat beban di gym. Coba olahraga seperti zumba, basket atau sepakbola untuk menghilangkan rasa jenuh. Olahraga bersama tim atau teman-teman bisa meningkatkan motivasi olahraga.

7. Biasakan olahraga mulai dari 7 menit

Paksa diri Anda untuk melakukan suatu olahraga hanya selama 7 menit saja. Ini bisa menjadi suatu acuan olahraga kecil yang akan membawa dampak besar hasilnya bila dilakukan rutin. Setelah selesai, tanya pada diri sendiri, apakah masih mau lanjut? Jika tidak, Anda dapat melakukan beberapa sesi latihan kecil lainnyasepanjang hari, dibandingkan harus satu kali latihan berdurasi panjang.

8. Tidak harus selalu ke gym

Ketika jadwal Anda terlalu sibuk, jangan habiskan 30 menit untuk bermacet-macet di jalan menuju gym. Untuk mengakalinya agar bisa tetap olahraga, gunakan video latihan di YouTube dari rumah saja. Setidaknya Anda tetap bisa membakar kalori dan berolahraga rutin meskipun tidak harus ke pusat kebugaran.

9. Beri hadiah ke diri sendiri

Bila target olahraga Anda hampir terpenuhi atau malah berhasil tercapai, beri hadiah atas keberhasilan Anda ini. Pikirkan hadiah apa yang bisa Anda berikan ke diri sendiri sebagai motivasi olahraga. Pilih hadiah seperti baju baru, pijat, lagu baru, video games, apapun yang Anda ingin nikmati.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Resep Bola-Bola Cokelat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bareng Si Kecil

Bingung mau bikin menu buka puasa seperti apa? Anda bisa membuat bola-bola cokelat bersama si kecil, ini resep mudah yang bisa diikuti.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hari Raya, Ramadan 06/05/2020

4 Pilihan Menu Buka Puasa Bagi Anda yang Punya Sakit Maag

Orang yang memiliki penyakit maag perlu memperhatikan asupan makanannya saat berbuka puasa. Lantas, apa saja menu buka puasa untuk penderita maag?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Manfaat Masak Sendiri bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Saat mengakhiri hari yang sibuk, makan di luar rasanya menjadi pilihan tercepat dan mudah, padahal masak makanan sendiri punya banyak manfaat lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu

Panduan Berpuasa Bagi Penderita Maag

Makan sekaligus dalam porsi besar baik saat berbuka maupun sahur, justru bisa memicu serangan maag kambuh. Simak berbagai tips berpuasa untuk penderita maag.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hari Raya, Ramadan 30/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

makan sayuran

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020
makanan lebaran sehat

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
sirtfood diet

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020