home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Aktivitas Fisik untuk Anda yang Malas Olahraga

Aktivitas Fisik untuk Anda yang Malas Olahraga

Untuk mereka yang mendapat cap pemalas, mungkin olahraga adalah hal terakhir yang mereka ingin lakukan. Entah satu minggu sekali, atau bahkan dalam satu bulan sekali. Padahal, olahraga sangat penting bagi kesehatan. Nah, untuk menyiasati rasa malas berolahraga, beberapa aktivitas berikut bisa jadi pilihan.

Jenis aktivitas fisik untuk yang malas berolahraga

Semua orang sudah tahu bahaya dari terlalu banyak makan dan terlalu sedikit olahraga. Beberapa di antaranya adalah penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Namun, rasa malas berolahraga tetap saja sulit untuk pergi.

Kabar baiknya, para ahli baru-baru ini menyatakan efektivitas olahraga dapat digabungkan dengan kegiatan sehari-hari dengan mudah,. Artinya, Anda yang membenci berolahraga sekalipun dapat melakukannya.

“Rekomendasi untuk aktivitas fisik telah berubah secara drastis. Para ahli mempermudah hal ini dengan tujuan agar masyarakat dapat memenuhi tingkatan olahraga yang dibutuhkan,” ujar Regina L. Tan, DVM, MS, seorang petugas kesehatan dari CDC di the Georgia Division of Public Health.

“Aktivitas fisik yang dianjurkan sekarang termasuk kegiatan sehari-hari, seperti bersih-bersih rumah dan jalan kaki,” tambahnya.

Untuk orang yang jarang bergerak atau malas berolahraga, melakukan aktivitas fisik, sedikit banyak tentu akan bermanfaat.

American Heart Association merekomendasikan bagi mereka yang pemalas atau mager untuk memulai berolahraga atau mengganti olahraga dengan melakukan aktivitas fisik sebanyak tiga hingga empat kali seminggu. Lakukanlah selama 30-60 menit secara bertahap.

Bagaimana tips praktis olahraga untuk pemalas ini?

Beberapa kegiatan berikut ini sama-sama efektif dengan lompat tali, joging, atau pergi ke gym. Beberapa aktivitas fisik untuk menggantikan olahraga untuk mereka yang pemalas, antara lain:

1. Jangan gunakan lift atau eskalator

olahraga naik turun tangga

Jika kantor tempat bekerja berada di lantai yang tinggi, cobalah gunakan tangga. Mulailah secara pelahan, jangan secara drastis. Bukannya berdampak baik, perubahan drastis bisa-bisa tidak membuat Anda bertahan lama untuk melawan rasa malas berolahraga.

Jika kantor Anda berada di lantai 50, pakai lift hingga lantai 48. Setelahnya, gunakanlah tangga untuk mencapai lantai 50.

Tapi ingat, menuruni tangga dapat membuat lutut tersiksa. Anda memang disarankan untuk naik dengan menyusuri tangga sebagai alternatif olahraga. Sebaliknya, turunlah dengan lift atau eskalator agar tak membebani lutut.

2. Tidak berlama-lama mencari parkir strategis

rematik kambuh saat menyetir

Gunakan kesempatan saat tidak menemukan tempat parkir yang dekat dengan pintu keluar untuk menambah jumlah langkah kaki Anda. Hal ini termasuk olahraga untuk pemalas yang mudah diterapkan saat Anda di kantor atau pusat perbelanjaan.

Tempat parkir yang agak jauh membuat Anda berjalan lebih lama menuju tempat tujuan. Dengan cara ini, tak hanya meningkatkan kebugaran karena malas olahraga, Anda juga dapat menurunkan stres.

3. Turun di satu halte sebelum halte tujuan

etika naik kendaraan umum

Apabila Anda sehari-hari menggunakan bus, turunlah di satu halte sebelum halte yang biasanya jika memungkinkan.

Dari sana, Anda bisa berjalan menyusuri trotoar menuju tempat tujuan. Pastikan jarak halte tidak terlalu jauh dan membuat Anda kelelahan yang malah bisa membuat aktivitas lain terhambat.

4. Lebih sering membersihkan dan merapikan tempat tinggal

menyapu rumah

Sapu atau bersihkan rumah dari debu lebih sering daripada sebelumnya. Tidak lupa juga pel lantai dan ganti seprai kasur sesering mungkin.

Sekalipun Anda malas berolahraga, banyak bergerak karena melakukan berbagai hal tersebut dapat membuat jantung berdetak lebih kencang, sehingga kalori dapat terbakar dengan baik.

Meski semua aktivitas ini terlihat sederhana dan menjanjikan sebagai olahraga bahkan untuk mereka yang pemalas, tetap saja Anda membutuhkan pendapat dari dokter. Terlebih jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Lazy Person Exercise’s Plan https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/lazy-persons-exercise-plan#1 Diakses: 15 November 2019.

How Your Mind Keeps You From Exercising https://www.verywellfit.com/why-you-dont-exercise-1229953 Diakses: 15 November 2019.

Are Obese People Really Lazy? https://www.verywellfit.com/are-obese-people-really-lazy-3976861 Diakses: 15 November 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal diperbarui 01/03/2021
x