4 Manfaat Zumba yang Menyehatkan dan Menyenangkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Meskipun sudah banyak metode latihan dan olahraga jenis baru, zumba masih menjadi latihan favorit tersendiri di antara peminatnya. Sebuah latihan kebugaran yang berasal dari Columbia ini, isinya mengedepankan antara kebugaran tubuh, musik dan tarian. Apa saja, sih, manfaat yang bisa didapat dari zumba? Simak manfaat zumba berikut ini.

Apa itu zumba?

Zumba adalah latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin. Gerakan latihan ini juga menyisipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari. Perpaduan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco dengan diiringi musik menjadi sebuah olahraga yang menarik sekaligus menyehatkan.

Beberapa manfaat zumba yang bisa Anda dapatkan

1. Membakar kalori

Dalam latihan ini, Anda akan mendapatkan manfaat zumba dengan membakar kalori melalui  latihan aerobik pada gerakannya. Rata-rata, satu kali latihan zumba dapat membakar 400-600 kalori per jam. Hal tersebut tentu saja kabar yang membahagiakan bagi Anda yang menginginkan tubuh kecil dan langsing. Manfaat zumba juga bisa Anda dapatkan dengan gerakan tarian beat merengue  atau melakukan beberapa set gerakan jongkok yang diikuti dengan lompatan plyometric.

2. Seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan terlatih

Selain membakar kalori, zumba punya manfaat untuk kesehatan jantung. Gerakan zumba menawarkan gerak menyeluruh dari atas sampai bawah bagian tubuh. Untuk gerakan bagian atas biasanya mengedepankan tangan bahu dan kepala untuk bergerak seirama.

Sedangkan untuk bagian tengah hingga bawah tubuh, latihan zumba ini akan membuat perut, pantat, pinggul dan kaki Anda semuanya bergerak secara bersamaan. Tidak lupa juga kalau manfaat zumba bisa melatih semua persendian tubuh karena gerakannya.  Saat berlatih zumba, fleksibilitas juga akan dilatih pada saat bagian pemanasan, pendinginan, dan isi tarian zumba.

3. Olahraga yang menyenangkan, sehingga tidak berat dilakukan

Pada sebuah rekor, zumba pernah memenangkan sebagai olahraga dengan kelas terbanyak dari seluruh dunia. Karena banyaknya permintaan masyarakat, studio gym dan senam di banyak negara sampai menawarkan kelas-kelas zumba sesuai minat dan tujuannya. Ada zumba kelas standar, zumba kelas lanjut usia, zumba anak-anak hingga zumba aqua yang latihannya dilakukan di kolam renang.

Mengapa zumba begitu disukai? Karena zumba pada dasarnya menyajikan musik dan tarian. Nah, musik dan tarian ini dianggap juga sebagai bahasa universal yang dapat dikaitkan dan dinikmati oleh semua orang di dunia.

Olahraga yang terasa menyenangkan tentu saja baik, karena ini membuat kita bersemangat melakukannya. Jadi untuk Anda yang sering malas pergi ke gym atau malas berolahraga, melakukan zumba mungkin bisa membuat Anda lebih termotivasi.

4. Zumba mencegah stress dan memperbaiki mood

Salah satu manfaat zumba yang paling terasa adalah dapat mengatasi stress dan penat, karena pada saat latihan zumba Anda akan diiringi lagu-lagu yang penuh semangat, kekinian, dan pastinya dengan tema upbeat. Jika Anda sedang dilanda stress, cobalah untuk melakukan latihan zumba

Dengan musik upbeat yang mengiringi, tentu saja hal ini dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik. Sehingga selain untuk kesehatan, latihan zumba juga dapat memberikan pengaruh positif bagi Anda yang sedang stress ataupun bad mood.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit