home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ragam Scrub dari Bahan Alami yang Bagus dan Bikin Glowing

Ragam Scrub dari Bahan Alami yang Bagus dan Bikin Glowing

Ada banyak pilihan produk dan cara melakukan scrubbing. Membuat scrub dengan bahan alami yang ada di rumah punya sederet keunggulan. Scrub alami juga salah satu cara untuk menghemat uang sekaligus memastikan kualitas scrub yang digunakan.

Cara membuat scrub dari bahan alami

scrub alami

Menurut American Academy of Dermatology, scrubbing adalah salah satu cara untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab masalah kulit. Perawatan ini bahkan bisa mencerahkan kulit dan lembut jika dilakukan dengan bahan dan cara yang tepat.

Supaya Anda mendapatkan hasil yang maksimal dari perawatan ini, berikut beberapa cara untuk membuat scrub secara alami.

1. Gula

Scrub gula dinilai unggul untuk perawatan eksfoliasi karena butirannya lebih lembut bagi kulit wajah yang tipis. Butiran gula yang halus juga lebih melembapkan dan tidak akan menghilangkan minyak alami kulit.

Ketika Anda menggunakan scrub gula pada wajah, butiran gula akan menyerap air dan kelembapan dari area sekitar, kemudian menguncinya dalam kulit Anda. Hasilnya, kulit wajah pun menjadi lebih kenyal dan sehat.

Untuk membuat scrub gula, cukup campurkan satu sendok teh gula pasir dengan satu sendok pelarut favorit Anda. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, madu, perasan lemon, atau bahan lainnya sesuai jenis kulit Anda.

2. Garam

Scrub alami dari garam memiliki keunggulan dalam membuat kulit wajah lebih berkilau alias glowing. Ini disebabkan karena scrub garam membantu melancarkan aliran darah di bawah permukaan kulit. Dengan begitu, kulit menjadi lebih segar dan berkilau.

Selain itu, scrub garam juga merangsang pembentukan sel kulit baru. Melansir Siegel Rare Neuroimmune Association, pasokan darah yang cukup membantu pembelahan struktur kulit karena darah membawa nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk sel kulit baru.

Cara membuat scrub garam sama seperti scrub gula. Campurkan satu sendok teh garam laut, garam Himalaya, atau jenis garam lainnya dengan beberapa tetes minyak pelarut hingga teksturnya cukup kental untuk dioleskan pada wajah.

3. Kopi

scrub masker perawatan kulit kopi cokelat

Kopi merupakan salah satu bahan baku scrub wajah alami yang paling populer. Bahan ini dinilai mampu mengurangi kondisi selulit yang terbentuk akibat gumpalan lemak. Selain itu, scrub dari kopi juga memiliki aroma yang enak dan menenangkan.

Bahan:

  • 1/2 cangkir bubuk kopi
  • 2 sdm air panas
  • 1 sdm minyak kelapa yang sudah dihangatkan

Cara membuatnya:

  1. Campurkan bubuk kopi dan air panas ke dalam wadah dan aduk rata.
  2. Masukkan minyak kelapa dalam wadah berisi adonan kopi.
  3. Tambahkan bubuk kopi agar teksturnya lebih padat.
  4. Jika sudah padat, tuangkan adonan ke dalam wadah baru.

4. Gula dan teh hijau

manfaat masker teh hijau

Teh hijau mengandung zat antioksidan dan antiradang yang baik bagi kesehatan kulit. Scrub alami dari teh hijau dapat membantu mengurangi risiko kerusakan akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari langsung pada kulit terutama wajah.

Bahan:

  • 2 kantong teh hijau
  • 1/2 cangkir air panas
  • 1 cangkir gula merah
  • 1/4 minyak kelapa yang sudah dihangatkan

Cara membuatnya:

  1. Tambahkan kantong teh ke dalam cangkir berisi air panas dan biarkan sampai dingin.
  2. Selama menunggu, tuangkan gula merah ke dalam wadah.
  3. Masukkan minyak kelapa ke dalam wadah berisi gula merah dan aduk hingga rata.
  4. Jika teh sudah dingin, tuangkan ke wadah berisi campuran minyak kelapa dan gula.
  5. Aduk adonan hingga rata dan tambahkan minyak kelapa jika teksturnya terlalu kasar.
  6. Apabila teksturnya sudah lebih padat, masukkan ke dalam wadah baru.

5. Madu dan oatmeal

Madu sebagai obat batuk alami untuk anak

Madu dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung zat antibakteri, antioksidan, dan antimikroba yang baik untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Bahkan, madu juga dapat membantu membasmi bakteri yang menempel pada kulit.

Tidak hanya itu, scrub alami dari oatmeal yang dikenal ampuh mengelupas sel kulit mati ternyata juga bisa digunakan dalam melembapkan kulit.

Bahan:

  • 60 ml oat
  • 177 ml gula merah
  • 118 ml cangkir gula pasir
  • 2 sdm madu
  • 60 ml minyak zaitun

Cara membuatnya:

  1. Masukkan oat ke dalam blender dan campurkan selama 1 menit.
  2. Tuangkan adonan oat ke dalam wadah.
  3. Campurkan gula merah dan gula pasir ke dalam wadah berisi oat dan aduk rata.
  4. Tambahkan madu ke wadah tersebut.
  5. Masukkan minyak zaitun ke dalam wadah yang sama dan aduk hingga rata.
  6. Jika teksturnya sudah lebih padat, tuangkan ke dalam wadah yang bersih dan simpan.

6. Madu mentah, lidah buaya, dan tea tree oil

bahaya madu mentah

Madu mentah kaya akan bahan-bahan eksfoliator alami yang mendukung kesehatan kulit wajah saat digunakan sebagai scrub. Bahan-bahan ini menghilangkan kulit yang kering dan kusam serta merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat.

Sebagai moisturizer alami, lidah buaya juga cocok untuk segala tipe kulit. Gel lidah buaya mudah diserap kulit dan membantu melembapkan kulit. Di samping itu, lidah buaya dapat mengatasi jerawat yang meradang.

Sementara itu, tea tree oil yang berperan sebagai pelarut mengandung zat antiradang sehingga baik bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Bahan ini juga membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang timbul akibat jerawat.

Bahan:

  • 2 sdm baking soda
  • 2 sdt madu
  • 1 sdm gel lidah buaya
  • 2 tetes tea tree oil

Cara membuatnya:

  1. Campurkan semua bahan di dalam wadah kecil dan aduk rata.
  2. Bersihkan wajah Anda dengan sabun, lalu keringkan.
  3. Ambil sedikit campuran scrub. Dengan menggunakan ujung jari, oleskan scrub dalam gerakan melingkar secara lembut ke seluruh bagian wajah.
  4. Pijat wajah secara lembut dengan gerakan melingkar setidaknya selama 1 – 2 menit.
  5. Bilas wajah hingga bersih dengan air bersuhu suam-suam kuku.
  6. Oleskan pelembap setelah membilas wajah.

Saking beragamnya bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat scrub wajah alami, wajar bila Anda belum tahu harus memulai dari mana. Apa pun jenis scrub yang Anda gunakan, yang terpenting scrub tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Hentikan pemakaian dan berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit bila penggunaan scrub justru menimbulkan perih, gatal, atau rasa tidak nyaman pada kulit wajah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to safely exfoliate at home. (2020). Retrieved 2 November 2020, from https://www.aad.org/skin-care-secrets/safely-exfoliate-at-home

Benefits of A Salt Scrub Massage. (2020). Retrieved 2 November 2020, from https://www.spaexperience.org.uk/about/blog/detail/our-blog/2014/01/13/benefits-of-a-salt-scrub-massage

Skin Health: Prevention and Treatment of Skin Breakdown. (2020). Retrieved 2 November 2020, from https://wearesrna.org/resources/skin-health-prevention-and-treatment-of-skin-breakdown/

Using Aloe Vera has multiple benefits. (2018). (2020). Retrieved 2 November 2020, from https://www.bcm.edu/news/skin-and-hair/benefits-of-using-aloe-vera

Hammer, K. A. (2015). Treatment of acne with tea tree oil (melaleuca) products: A review of efficacy, tolerability and potential modes of action. International Journal of Antimicrobial Agents, 45(2), 106–110.

Mandal, M. D., & Mandal, S. (2011). Honey: its medicinal property and antibacterial activity. Asian Pacific journal of tropical biomedicine, 1(2), 154–160.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 09/12/2020
x