Pilihan Obat Alami Oral Thrush atau Infeksi Jamur di Mulut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20/04/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tentu akan sangat tidak nyaman bila Anda mengalami infeksi jamur di mulut atau oral thrush. Namun jangan khawatir, selain obat yang diresepkan dokter, oral thrush juga bisa diobati dari rumah dengan menggunakan bahan alami. Apa saja obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi oral thrush?

Berbagai obat alami untuk oral thrush

Oral thrush atau disebut juga dengan kandidiasis merupakan infeksi di mulut yang disebabkan oleh jamur candida albicans. Infeksi jamur di mulut ini ditandai dengan adanya luka berwarna putih di bagian lidah, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, gusi, dan amandel. Luka ini terasa nyeri sehingga penderitanya akan kesulitan makan atau menelan.

Selain obat-obatan yang diresepkan dokter, gejala oral thrush juga bisa diringankan dengan beragam obat yang dapat mudah ditemui di rumah. Berikut daftar obat alami untuk mengatasi oral thrush atau infeksi jamur di mulut yang bisa Anda coba di rumah:

  • Air garam

Air garam memiliki antiseptik alami yang bisa menyembuhkan beragam masalah di mulut, termasuk oral thrush. Untuk menggunakannya, Anda perlu melarutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut selama kurang lebih 20 detik. Lakukan hal tersebut dalam 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Baking soda

Baking soda (sodium bicarbonate) telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan jamur, sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif obat alami untuk mengatasi oral thrush. Untuk menggunakannya, larutkan 1/2 sendok teh baking soda ke dalam 1 gelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut. Lakukan hal ini dalam 2 kali sehari.

  • Yogurt

Yogurt merupakan minuman probiotik yang akan mendorong produksi bakteri baik di mulut Anda. Kehadiran bakteri yang baik ini dapat membantu mengatasi oral thrush dengan menurunkan jumlah bakteri buruk atau candida di mulut Anda.

Untuk menggunakan yogurt sebagai obat alami oral thrush atau infeksi jamur di mulut, Anda bisa memakannya seperti biasa dalam beberapa kali sehari atau masukkan 1 sendok teh yogurt ke mulut Anda dan biarkan selama 5 menit, lalu telan. Pilihlah yogurt yang tanpa pemanis karena jamur candida justru dapat tumbuh dengan baik bila ada gula.

  • Jus lemon

Jus lemon memiliki manfaat sebagai antiseptik dan antijamur alami, sehingga dapat membantu melawan jamur yang menyebabkan oral thrush atau infeksi jamur di mulut.

Untuk menggunakannya, potong buah lemon hingga menjadi setengah lalu peras dan tambahkan 1 gelas air. Minumlah jus lemon tersebut atau juga bisa Anda gunakan sebagai obat kumur. Anda pun bisa menambahkan madu untuk menghilangkan keasamannya.

Selain diminum, Anda pun bisa mengoleskan jus lemon ke luka yang berwarna putih di mulut, tetapi hal ini bisa menimbulkan rasa perih karena keasamannya.

  • Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit bersifat antiinflamasi, sehingga dapat berguna sebagai obat alami untuk oral thrush. Untuk menggunakannya sebagai obat, Anda perlu membuat susu kunyit dengan mencampurkan 1/2 sendok teh pasta kunyit dan sedikit lada hitam ke dalam 1 gelas susu.

Anda juga bisa menggunakan air putih bila tidak menyukai susu. Panaskan campuran tersebut dalam panci. Untuk mengonsumsinya, kumur terlebih dahulu dengan larutan tersebut lalu diminum hingga habis.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur dan merupakan obat alami yang populer untuk mengobati beragam masalah di mulut. Untuk mengonsumsinya, campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan 1 gelas air. Berkumurlah dengan larutan tersebut selama 15 detik, lalu muntahkan. Lakukan hal ini dalam 2-3 kali sehari.

Berkumur dengan cuka sari apel pun bisa dilakukan tanpa perlu melarutkannya terlebih dahulu, tetapi hal ini bisa membuat mulut Anda terasa perih.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antijamurm sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk oral thrush atau infeksi jamur di mulut. Untuk menggunakannya, Anda perlu memasukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut Anda. Kumurlah selama 10-15 menit.

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang memiliki sifat antivirus, antibiotik, dan antijamur yang kuat. Untuk mendapatkan allicin dalam bawang putih, Anda perlu mengunyah satu siung bawang putih mentah 1-2 kali sehari. Namun, mengunyah bawang putih dapat menimbulkan bau tidak sedap pada mulut Anda sehingga pengobatan ini tidak disarankan bila Anda berencana bertemu dengan orang lain.

  • Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi jamur di mulut Anda. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang mudah ditemui di supermarket atau apotek terdekat dari rumah Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Obat yang Ampuh di Apotek dan di Rumah untuk Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi senat-senut akibat gusi bengkak memang mengganggu. Namun, jangan khawatir. Coba obat untuk gusi bengkak berikut yang dapat meredakan kondisi Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 25/06/2019 . Waktu baca 13 menit

Hobi Pakai Sneakers? Yuk, Kenali Cara Menghalau Munculnya Jamur di Kaki

Pakai sneakers memang akan membuat tampilan lebih menarik. Namun, sneakers berisiko menimbulkan jamur di kaki. Bagaimana cara mencegah dan mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Konten Bersponsor
infeksi jamur di kaki
Hidup Sehat, Tips Sehat 25/06/2019 . Waktu baca 4 menit

Beragam Pilihan Obat Flu Paling Ampuh yang Aman untuk Orang Dewasa dan Anak

Banyak yang menyepelekan flu, padahal gejalanya merepotkan hidup. Kabar baiknya, ada banyak pilihan obat flu paling ampuh yang bisa Anda beli di apotek.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Flu, Kesehatan Pernapasan 14/06/2019 . Waktu baca 7 menit

Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Eksim dan Infeksi Kulit

Sama-sama bikin kulit merah dan gatal, ternyata eksim dan infeksi jamur berbeda. Yuk, cari tahu beda eksim dan infeksi jamur dalam ulasan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Health Centers 06/06/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
obat untuk infeksi jamur kulit

Cara Memilih Obat untuk Kulit yang Gatal Karena Infeksi Jamur Kulit

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . Waktu baca 6 menit
tembok rumah berjamur

Berbagai Masalah Kesehatan yang Dapat Muncul Jika Tembok Rumah Anda Berjamur

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 01/12/2019 . Waktu baca 4 menit
manfaat artemisia annua

Mengenal Artemisia Annua, Herbal yang Berpotensi Basmi Kanker dan Malaria

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18/11/2019 . Waktu baca 3 menit
obat alami pankreatitis

Pengobatan Rumahan untuk Mengurangi Gejala Radang Pankreas (Pankreatitis)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 11/09/2019 . Waktu baca 3 menit