Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Oral Thrush, Infeksi Jamur pada Mulut Bayi dan Cara Aman Mengobatinya

Oral Thrush, Infeksi Jamur pada Mulut Bayi dan Cara Aman Mengobatinya

Jamur bisa menginfeksi tubuh manusia, termasuk ke dalam rongga mulut. Infeksi jamur di mulut ini memang bukan penyakit yang mengancam nyawa, tapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. infeksi jamur pada rongga mulut ini bukan hanya menyerang orang dewasa, mulut bayi berjamur pun dapat terjadi.

Lantas, seperti apa kondisi dan gejala yang perlu diperhatikan saat bayi mengalami kondisi infeksi jamur di mulut yang biasanya disebut oral thrush ini? Bagaimana pula cara menghilangkan jamur pada mulut bayi? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu oral thrush?

mulut bayi sehat

Oral thrush adalah kondisi ketika jamur menginfeksi bagian dalam mulut dan lidah. Oral thrush disebut juga dengan kandidiasis oral atau kandidiasis orofaring.

Jamur yang menyebabkan infeksi dalam rongga mulut adalah jamur Candida albicans. Sebenarnya, jamur jenis tersebut memang tumbuh alami di mulut, tapi dalam jumlah yang sedikit sehingga tidak menimbulkan gangguan apapun.

Akan tetapi ketika jamur sudah mulai tumbuh tidak terkendali, infeksi akan muncul di dalam mulut. Kondisi oral thrush ini paling sering menyerang bayi dan balita, namun tak menutup kemungkinan juga terjadi pada orang dewasa.

Mulut bayi berjamur bukan hanya timbul pada bagian lidah saja, namun bisa menyebar ke bagian rongga mulut lain, seperti pipi bagian dalam, gusi, langit-langit mulut, hingga tenggorokan.

Seperti apa kondisi mulut bayi yang berjamur?

Pada awalnya, infeksi jamur di mulut tidak menimbulkan gejala atau memberikan tanda apapun, sehingga banyak kalangan tidak menyadari kehadirannya.

Dikutip melalui Mayo Clinic, seiring berjalannya waktu akan mulai timbul ciri-ciri infeksi jamur di mulut yang umumnya ditandai dengan tanda dan gejala, di antaranya:

  • Bercak-bercak putih atau kekuningan yang menyebar ke bagian rongga mulut, seperti lidah, gusi, pipi bagian dalam, langit-langit mulut, amandel, dan tenggorokan.
  • Bercak-bercak putih tampak terlihat sedikit menebal atau seperti benjolan.
  • Rasa sakit dan tidak nyaman di dalam mulut sehingga mengalami kesulitan menelan.
  • Adanya sedikit pendarahan apabila luka terkena gesekan.
  • Pecah-pecah dan kemerahan di ujung mulut.

Selain tanda dan gejala di atas, kondisi ini biasanya akan membuat si kecil rewel, mudah marah, dan menolak untuk menyusu. Ibu juga harus memerhatikan kondisi ini pada bayi, pasalnya infeksi jamur juga bisa menular ketika proses menyusui.

Jika infeksi jamur menular pada payudara ibu, beberapa gejala yang mungkin akan timbul, di antaranya:

  • Rasa gatal, sensitif, nyeri di daerah putih pada kedua payudara
  • Kulit mengelupas atau mengkilap di sekitar area puting (areola)
  • Sakit parah selama menyusui
  • Rasa sakit tajam, seperti merusak payudara

Apa saja penyebab mulut bayi berjamur?

penyebab oral thrush pada bayi

Lidah berwarna putih pada bayi tidak selamanya berasal dari infeksi jamur. Hal ini normal apabila bercak putih berasal dari sisa susu yang menempel pada lidah saja dan mudah dibersihkan.

Namun apabila bercak putih pada mulut bayi menyebar ke beberapa bagian rongga mulut, Anda perlu waspada dengan infeksi jamur di mulut bayi.

Adapun beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan mulut bayi berjamur di antaranya sebagai berikut.

1. Sistem imun tubuh lemah

Oral thrush lebih banyak terjadi pada kalangan yang memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah, termasuk bayi. Terlebih pada bayi lahir prematur yang memiliki sistem imun tubuh yang belum sekuat bayi pada umumnya.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dan belum berkembang sepenuhnya dapat membuat pertumbuhan jamur di mulut tidak terkendali dan timbul bercak putih pada lidah.

2. Efek obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu pada bayi, seperti antibiotik dan obat kortikosteroid dapat membunuh bakteri baik di rongga mulut yang berfungsi mencegah pertumbuhan jamur Candida penyebab lidah putih.

3. Kebersihan mulut bayi

Menjaga kebersihan mulut bayi perlu dilakukan sejak dini. Sisa susu pada rongga mulut yang tidak dibersihkan dapat memicu perkembangan jamur dalam mulut. Maka dari itu, penting untuk membersihkan mulut setelah menyusui secara rutin untuk mencegah mulut bayi berjamur.

4. Infeksi jamur vagina

Infeksi jamur vagina umum terjadi pada ibu hamil, terutama pada trimester kedua kehamilan. Infeksi ini juga disebabkan oleh jamur Candida albicans penyebab oral thrush. Dikutip dari American Pregnancy Association, kondisi ini juga dapat ditularkan ke bayi saat proses kelahiran apabila tidak ditangani dengan baik sebelumnya.

Bagaimana cara menghilangkan jamur pada mulut bayi?

bayi periksa gigi

Pada kondisi ringan, lidah putih pada bayi umumnya tidak menyebabkan gejala serius dan akan bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun apabila kondisi lidah putih dan mulut berjamur pada bayi membuat rewel hingga tidak mau menyusu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk mempercepat proses pemulihan.

Umumnya dokter akan mengobati infeksi jamur di mulut dengan obat antijamur yang tersedia dalam bentuk gel atau tetes.

1. Nystatin

Nystatin adalah obat antijamur yang tersedia dalam bentuk obat tetes yang berfungsi untuk menghentikan pertumbuhan jamur dalam rongga mulut. Kocok sebelum digunakan, kemudian gunakan nystatin tetes dengan pipet (penetes obat) pada bagian yang berjamur dengan dosis sesuai resep dokter.

2. Miconazole

Miconazole adalah obat antijamur dalam sediaan berbentuk salep yang bekerja dengan menghentikan dan mencegah pertumbuhan jamur. Bersihkan tangan sebelum mengoles obat, lalu oleskan tipis-tipis pada bagian yang berjamur.

Walau dijual secara bebas, tetap ikuti anjuran pada kemasan atau lebih dulu konsultasikan dengan dokter Anda.

Selain dengan obat untuk menghilangkan jamur pada mulut bayi, Anda juga dapat mencegah timbulnya infeksi jamur mulut pada si kecil dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Menjaga kebersihan dan mensterilkan mainan-mainan bayi.
  • Mensterilkan botol susu dan perlengkapan makan bayi.
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan perawatan bayi.
  • Menjaga kebersihan puting payudara setelah bayi menyusui dengan bilas menggunakan air dan keringkan.
  • Menjaga kebersihan mulut bayi, yakni dengan rutin membersihkan lidah bayi, merawat gigi bayi pada usia di atas 6 bulan, dan bagian mulut lain untuk menghilangkan sisa susu penyebab pertumbuhan jamur mulut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Giorgi, A. and Gill, K., 2018. Everything You Need To Know About Oral Thrush. [online] Healthline. Available at: <https://www.healthline.com/health/thrush> [Accessed 21 September 2018].

Newman, T., 2017. Oral Thrush: Causes, Symptoms, And Treatments. [online] Medicalnewstoday.com. Available at: <https://www.medicalnewstoday.com/articles/178864> [Accessed 21 September 2018].

Mayo Clinic. 2018. Oral Thrush – Symptoms And Causes. [online] Available at: <https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/oral-thrush/symptoms-causes/syc-20353533> [Accessed 21 September 2018].

nhs.uk. 2018. Oral Thrush (Mouth Thrush). [online] Available at: <https://www.nhs.uk/conditions/oral-thrush-mouth-thrush/> [Accessed 21 September 2018].

nhs.uk. 2018. Breastfeeding And Thrush. [online] Available at: <https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/breastfeeding-problems/thrush/> [Accessed 5 January 2021].

American Pregnancy Association. 2012. Yeast Infections During Pregnancy – American Pregnancy Association. [online] Available at: <https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/yeast-infections-during-pregnancy-940/> [Accessed 5 January 2021].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 07/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita