5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mencegah Gigi Berlubang

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tentu tak nyaman rasanya jika Anda harus menderita sakit gigi karena gigi berlubang. Padahal, masalah ini dapat dicegah dengan melakukan beberapa kebiasaan sederhana. Mencegah gigi berlubang tentu lebih mudah dan murah ketimbang Anda harus berobat ke dokter gigi. Lantas, apa saja kebiasaan yang dapat mencegah gigi berlubang?

Kebiasaan baik untuk mencegah gigi berlubang

Setelah seharian makan makanan manis dan minuman beraneka rasa, sudah menjadi kewajiban Anda untuk membersihkan gigi. Cara ini menjadi langkah ampuh dalam mencegah gigi berlubang.

Selain itu, beberapa kebiasaan di bawah ini juga dapat membantu Anda untuk mencegah munculnya lubang tak diinginkan di gigi Anda.

1. Rutin sikat gigi

Sikat gigi rutin tentu menjadi cara paling utama untuk mencegah gigi berlubang. Anda dianjurkan untuk sikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, terutama di malam hari.

Ada banyak sisa makanan yang tertinggal sejak pagi, siang, dan malam. Gigi Anda telah berjuang selama seharian mengolah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Hal itu memungkinkan sisa makanan tertinggal dan membuat bakteri penyebab plak tumbuh subur. Oleh karena itu, penting untuk menyikat gigi di malam hari untuk mencegah pembentukan plak yang menyebabkan gigi berlubang.

Pastikan Anda memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride. Kandungan fluoride dalam pasta gigi dapat mengurangi pembentukan plak, sehingga mampu menghindari gigi berlubang.

PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) menyarankan untuk berkumur satu kali saja usai menyikat gigi. Dengan begitu, kandungan fluoride dalam pasta gigi dapat melindungi gigi Anda dengan optimal.

Setelah menyikat gigi, Anda juga dapat membersihkan sela gigi dengan dental floss (benang gigi). Dental floss dapat menjangkau area-area sempit yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

2. Rajin minum air

Tak hanya menyehatkan tubuh secara keseluruhan, nyatanya minum air juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Minum air putih dapat menyapu sisa makanan yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

Terlebih jika Anda habis minum minuman jus atau soda yang mengandung asam fosfat, sitrus, atau malat. Di sini, air putih dapat melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut sehingga mencegah pembentukan plak penyebab gigi berlubang.

3. Makan sayur dan buah

Anda mungkin bingung apa kaitannya makan sayur dan buah dengan kesehatan gigi. Faktanya, sayur dan buah yang mengandung banyak serat berperan dalam menjaga kesehatan gigi.

Di samping baik untuk pencernaan, membiasakan diri makanan berserat dalam sayur dan buah dapat membantu meningkatkan produksi air liur yang mengandung kalsium dan fosfat, yang dapat membantu mencegah gigi berlubang.

4. Mengunyah permen karet

Di balik sensasi asyiknya, mengunyah permen karet juga bisa bermanfaat membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan mencegah gigi berlubang. Namun, pilihlah permen karet bebas gula agar tak ada gula tersisa yang menyelimuti gigi Anda.

Mengunyah permen bebas gula dipercaya dapat meningkatkan air liur dalam rongga mulut. Ketika Anda mengunyah permen karet, air liur juga membantu untuk mengurangi plak, memperkuat gigi, dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

5. Minum teh hijau dan hitam

Hobi minum teh hijau atau teh hitam juga dapat mencegah gigi berlubang. Selain mengandung fluoride alami yang mampu melindungi enamel, kedua teh ini memiliki kandungan polifenol yang baik untuk melindungi kesehatan gigi Anda.

Polifenol dalam teh bekerja untuk mengurangi terjadinya pembentukan plak pada gigi. Komponen penting itu juga mencegah pertumbuhan bakteri gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Setidaknya, secangkir teh bisa menjadi sumber fluoride alami yang menjaga gigi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Jangka Panjang dari Rutin Pantau Tensi Darah Sejak Dini

Rutin cek tensi darah menggunakan pengukur tekanan darah digital merupakan bagian dari pedoman perawatan kesehatan. Simak pentingnya hal ini bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Manfaat dari Rutin Cek Tensi Darah Sejak Dini
Hidup Sehat, Tips Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Bakteri tak selalu jahat. Bakteri baik berperan menjaga kesehatan orang lanjut usia. Simak penjelasan dan peran bakteri baik alias probiotik untuk lansia.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik
Nutrisi, Hidup Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Perawatan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Walaupun tidak punya masalah atau penyakit, sebaiknya kulit dirawat sejak dini. Intip ragam perawatan kulit agar lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit Kulit 18 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Serba-serbi Informasi Seputar Dokter Spesialis Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Dokter spesialis kulit adalah dokter yang menangani beragam masalah pada kulit. Cari tahu informasi selengkapnya melalui artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit Kulit 18 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pubertas atau masa puber

Ciri-Ciri Pubertas pada Remaja Perempuan dan Laki-laki

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 September 2020 . Waktu baca 12 menit
perkembangan anak 13 tahun

Perkembangan Anak Usia 13 Tahun, Bagaimana Tahapan yang Sesuai?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 19 September 2020 . Waktu baca 8 menit
gangguan atau penyimpangan makan pada remaja

Penyebab Gangguan Makan pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 19 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Konten Bersponsor
hidung tersumbat pada bayi

3 Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi dan Tips Merawatnya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 6 menit