5 Masalah Kulit Kepala yang Bisa Sebabkan Rambut Rontok Hingga Parah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda termasuk orang yang punya masalah dengan rambut rontok? Rambut rontok tentu sangat mengganggu, biasanya terjadi akibat berbagai hal, bisa jadi kebiasaan keramas, produk rambut yang digunakan, hingga gangguan kulit kepala. Bila rambut yang rontok cukup parah, bisa jadi penyebab hal terseut adalah masalah pada kulit kepala. Lalu, gangguan kulit kepala yang seperti apa saja yang bisa memicu rambut rontok?

Penyebab rambut rontok akibat kulit kepala bermasalah

Ternyata, penyebab utama rambut rontok parah berasal dari masalah pada kulit kepala. Kondisi pada kulit kepala memang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, jika kulit kepala kita tidak sehat dan meradang, hal tersebut akan memicu kerontokan pada rambut. Nah, masalah kulit kepala yang mengakibatkan rambut kita menipis ternyata ada beberapa jenis.

1. Folikulitis

Gangguan yang menyebabkan folikel rambut pada kepala kita meradang ini adalah salah satu penyebab utama rambut bisa rontok parah. Penyakit ini biasanya muncul akibat infeksi bakteri, virus atau jamur. Berhati-hatilah jika Anda memiliki gejala folikulitis seperti yang ada di bawah ini.

  • Rasa gatal dan perih
  • Kulit kepala melepuh dan terdapat benjolan
  • Sensasi nyeri
  • Benjolan merah atau jerawat di kulit kepala

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, Anda dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter atau tidak. Gejala ini biasanya menunjukkan gangguan ringan pada kulit kepala Anda.

Akan tetapi, apabila Anda masih khawatir karena rasa gatal dan kerontokan yang tak kunjung membaik, segera datangi dokter kulit Anda untuk mendapatkan pengobatan yang memadai.

2. Tinea kapitis

Apabila kulit kepala bersisik dan pitak, kemungkinan besar Anda sedang mengalami gangguan kulit kepala bernama tinea kapitis. Penyakit pada kulit kepala ini disebabkan oleh infeksi jamur atau kurap.

Jamur tersebut menyebabkan benjolan merah, bercak-bercak hitam yang terbentuk di kulit kepala. Benjolan ini mengakibatkan peradangan pada kulit kepala, sehingga rambut pun rontok hingga kasus parahnya bisa berujung pada kebotakan.

3. Lichen planus

Meski menjadi penyebab rambut rontok hingga parah, kondisi kesehatan ini jarang terjadi. Gangguan ini biasanya ditandai dengan kulit kepala iritasi dan kemerahan, terdapat benjolan kecil, rambut mulai menipis, dan luka yang timbul secara perlahan.

Menurut AAD (American Academy of Dermatology), penyebabnya kemungkinan besar adalah penyakit autoimun, walaupun begitu sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Oleh karena itu, meskipun jarang terjadi pada orang-orang, lichen planus bisa menyebabkan kerontokan permanen dan bisa berakibat fatal jika tidak diobati dengan cepat.

4. Psoriasis kulit kepala

Gangguan bernama psoriasis ini sebenarnya tidak hanya terjadi di kulit kepala saja, melainkan juga pada dahi, bagian belakang leher dan kepala, hingga belakang telinga. Apabila Anda mengalami gejala di bawah ini, kemungkinan besar adalah sebuah pertanda kalau psoriasis sedang menyerang kulit kepala Anda.

  • Gatal hingga kulit kepala berdarah
  • Kulit kepala kering
  • Terkelupasnya kulit kepala
  • Kulit tebal berwarna merah pada kulit kepala

Gangguan pada kulit kepala ini tentu sangat mengganggu kesehatan rambut Anda. Penyebarannya pun ditandai dengan kerontokan rambut hingga bisa menyebabkan kebotakan.

5. Liken simpleks

Liken simpleks kronis adalah sebuah kondisi yang menyebabkan rasa gatal begitu parah. Gejala awal yang muncul adalah iritasi pada kulit kepala dan rasa gatal yang tanpa henti. 

Nah, biasanya menggaruk bagian yang gatal hanya akan membuat kulit kepala menebal dan rasa gatal kian bertambah. Siklus tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi kasar dan membuat kulit menjadi lebih gelap pada area yang gatal. Gangguan ini pun menjadi penyebab rambut rontok sangat parah karena folikel rambut terkena iritasi dari rasa gatal tersebut.  

Nah, setelah mengetahui penyebab utama rambut rontok, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit Anda, untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut rontok akibat masalah kulit kepala.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Resah dengan Jerawat di Kepala? Begini Cara Mengatasinya

Selain serba salah saat menyisir, jerawat di kulit kepala yang meradang juga terasa nyeri. Berikut cara mengobati dan mencegahnya agar tak datang kembali.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dermatologi, Jerawat, Health Centers 11 Desember 2018 . Waktu baca 6 menit

6 Masalah Kulit Kepala yang Paling Umum, Mulai dari Ketombe Hingga Psorasis

Ketombe jadi masalah kulit kepala yang paling umum terjadi. Namun, bukan cuma itu saja, lho! Apa saja penyakit yang menyerang kesehatan kulit kepala?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 11 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

Selain Ketombe, Ini 10 Penyakit Kulit Kepala yang Perlu Diwaspadai

Ketika kulit kepala gatal parah, mungkin Anda akan menduga ini akibat dari ketombe. Padahal, beberapa hal ini juga bisa jadi penyebab kulit kepala gatal.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 9 Agustus 2018 . Waktu baca 8 menit

Berbagai Pilihan Obat untuk Mengatasi Rambut Rontok Parah

Jika berbagai usaha Anda untuk menghentikan kerontokan gagal terus, ada baiknya konsultasikan ke dokter mengenai pilihan obat rambut rontok.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 9 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
Salep psoriasis

Berbagai Pilihan Salep yang Ampuh untuk Redakan Psoriasis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 25 April 2020 . Waktu baca 6 menit
mengganti shower cap

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Shower Cap?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
kulit kepala terbakar matahari

6 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kepala Terbakar Matahari

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 5 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit