home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Tips Perawatan Rambut Pria agar Tetap Sehat dan Kuat

6 Tips Perawatan Rambut Pria agar Tetap Sehat dan Kuat

Perawatan rambut bukan hanya diperlukan oleh para wanita. Pria pun memerlukan perawatan rambut agar rambutnya tetap sehat dan indah alami. Tanpa perawatan yang tepat, banyak masalah yang akan muncul pada rambut Anda.

Panduan perawatan rambut untuk para pria

perawatan rambut pria

Mulai dari rambut terlalu kering, rambut rontok, hingga bisa mengalami kebotakan merupakan beberapa masalah rambut rusak yang sering dialami pria. Bagaimana cara melakukan perawatan rambut pria yang tepat? Di bawah ini daftarnya.

1. Jangan keramas setiap hari

Prinsip perawatan rambut pria yang penting dicatat yaitu jangan sering keramas dengan sampo. Kebiasaan yang sering dilakukan pria yaitu mencuci rambut dengan sampo. Bahkan tidak sedikit yang mencuci rambutnya dua kali sehari karena kegerahan.

Padahal, terlalu sering keramas dan membasahi rambut bisa membuat kulit kepala Anda menjadi terlalu kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Rambut bisa terasa gatal jadinya. Jadi, Anda bisa keramas setiap dua hari sekali atau sehabis berolahraga.

2. Keringkan rambut dengan lembut, jangan digosok-gosok

Setelah memakai sampo, gunakanlah kondisioner rambut lalu keringkan rambut dengan lembut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan diangin-anginkan. Gunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut tertarik dan rontok saat disisir.

Sebaiknya jangan gunakan handuk untuk menggosok-gosok rambut Anda jika ingin cepat kering. Sebab, menggosok-gosok rambut yang masih basah justru merusak pada kutikula (lapisan terluar dari rambut).

Hindari juga terlalu sering pakai pengering rambut. Sebab, suhunya yang panas dapat membuat kulit kepala dan rambut jadi kering.

5 Cara Sehat Merawat Rambut untuk Pria Berambut Panjang

3. Pakai conditioner juga

Soal kondisioner, jangan asal pilih. Carilah kondisioner rambut yang mengandung protein dan mineral. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut pria dan membuat rambut jadi lebih mudah diatur.

Menurut Oscar Blandi, seorang penata rambut terkemuka di New York, AS, kondisioner bukan untuk rambut wanita saja. Rambut pria juga memerlukannya. Apalagi, rambut pria biasanya lebih pendek dan lebih mudah menipis.

Kondisioner sangat penting untuk mengembalikan volume rambut pria. Kondisioner juga berfungsi sebagai penyeimbang sampo yang digunakan. Salah satu efek pakai sampo yaitu rambut jadi kering.

Nah, kondisioner berfungsi sebagai pelembapnya, melembapkan kulit kepala dan rambut, serta mengembalikan kilau alami rambut dengan nutrisinya.

Setelah Anda menggunakan kondisioner, jangan langsung dibilas, tunggu beberapa saat agar kandungannya terserap dalam kulit kepala dan menguatkan folikel rambut.

4. Rutin potong rambut

Perawatan rambut pria yang satu ini jangan sampai terlewat. Potong rambut merupakan satu-satunya cara cepat menghilangkan rambut rusak. Maka itu, potonglah rambut secara rutin untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang.

Jika Anda sedang memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut Anda secara rutin setiap 6-8 minggu sekali. Cukup potong bagian ujungnya untuk menghilangkan bagian yang rusak.

5. Jangan terlalu banyak menggunakan produk untuk rambut

Menggunakan terlalu banyak produk rambut seperti, gel, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya terlalu sering dan banyak justru membuat tampilan rambut Anda tidak terlihat alami.

Terlalu banyak produk yang digunakan juga membuat rambut menjadi lebih berat. Ini akan mengganggu kenyamanan Anda sendiri jika tidak dikurangi.

Sebisa mungkin, kurangi produk rambut yang bisa Anda gunakan saat merapikan atau menyisir rambut.

6. Perhatikan asupan makanan

Zat gizi dari makanan juga penting dalam perawatan rambut pria. Di bawah ini beberapa zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan rambut Anda:

Protein

Protein bisa mencegah rambut mudah kusut dan rontok. Protein memberikan kekuatan pada akar rambut dan membuat rambut Anda terlihat lebih indah alami.

Sumber protein bisa Anda temukan dari kacang kedelai, susu, telur, kacang-kacangan, keju, daging ikan, daging sapi, daging ayam.

Vitamin C

Untuk pertumbuhan dan menjaga warna alami rambut, vitamin C jawabannya. Kekurangan vitamin C dapat membuat rambut pria kering atau pecah-pecah. Kekurangan vitamin C juga membuat Anda rentan terhadap kerontokan rambut.

Buah yang kaya vitamin C misalnya stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Sayuran yang tinggi vitamin C contohnya tomat, timun, kembang kol, dan bayam.

Zat besi

Zat besi merupakan penyuplai oksigen untuk rambut. Folikel rambut sangat membutuhkan oksigen. Tanpa adanya zat besi yang cukup maka aliran oksigen yang masuk ke dalam folikel rambut juga akan kurang.

Jika oksigen kurang, maka zat gizi yang sampai ke dalam folikel rambut juga tidak maksimal. Sumber zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau dan daging sapi.

Vitamin E

Vitamin E berperan penting dalam kesehatan rambut. Vitamin E membantu mencegah kerontokan rambut, melancarkan sirkulasi aliran darah di kulit kepala, menjaga produksi minyak di permukaan kulit sehingga kulit kepala tidak mudah kering.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ferreira Mandy. 2017. How Vitamin E Can Benefit Your Hair. [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-e-for-hair#benefits (Diakses 31 Juli 2018)

Coachmag. Essential Hair Care Tips for Men. [Online] Tersedia pada: http://www.coachmag.co.uk/grooming/1314/essential-hair-care-tips-for-men (Diakses 31 Juli 2018)

Kristeny. 2017. Vitamin C & Hair Loss. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/403940-vitamin-c-hair-loss/ (Diakses 31 Juli 2018)

Hurly Adam. Tanpa tahun. Why You Should Be Conditioning Your Hair. [Online] Tersedia pada: https://www.mensjournal.com/style/why-you-should-be-conditioning-your-hair-and-best-conditioners-men/ (Diakses 31 Juli 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 01/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita