Hidung Sering Mampet Sebelah? Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Saat mengalami hidung mampet alias tersumbat, bernapas bisa menjadi suatu tantangan berat. Sekalipun mungkin yang Anda rasakan hanyalah hidung mampet sebelah. Nyatanya, masalah yang satu ini tidak hanya disebabkan oleh flu atau pilek saja, lho! Yuk, simak berbagai penyebab hidung mampet sebelah berikut ini.

Apa saja penyebab hidung mampet sebelah?

Melansir dari Cleveland Clinic, salah satu sisi hidung Anda akan mengalami penyumbatan, alias hidung mampet sebelah, setiap 4-6 jam. Setelahnya, hidung Anda akan kembali normal lagi dan bisa bernapas dengan lega.

Anda mungkin mengira bahwa hidung tersumbat terjadi karena adanya tumpukan lendir di saluran hidung. Faktanya tidak demikian, lho!

Hidung tersumbat umumnya disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah sinus. Memang, hal ini seringnya disebabkan oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus.

Namun bila Anda mengalami hidung tersumbat sebelah, ternyata ini tidak selalu berarti Anda terkena pilek maupun flu. Berikut ini berbagai penyebab hidung mampet sebelah, yaitu:

1. Suka tidur miring

mengatasi skoliosis

Coba diingat lagi, posisi tidur seperti apa yang biasanya Anda lakukan setiap malam? Kalau Anda lebih suka tidur dengan posisi menyamping alias tidur miring, mungkin inilah penyebab hidung mampet yang Anda alami.

Kebiasaan tidur miring dapat meningkatkan aliran darah di salah satu lubang hidung dan membuatnya membengkak. Akibatnya, hidung terasa mampet selama 3-6 jam sebelum aliran darah tersebut mengalir ke sisi lainnya.

2. Septum nasal bengkok (miring)

tulang hidung bengkok

Septum nasal adalah dinding yang membatasi antara kedua rongga hidung. Jika septum ini tidak berada di tengah atau bergeser, maka hal ini membuat salah satu saluran hidung menjadi kecil.

Akibatnya, Anda hanya bisa merasakan aliran udara mengalir lancar di salah satu lubang hidung, sementara lubang lainnya tersumbat.

3. Polip hidung

polip hidung apakah berbahaya?

Sebagian besar orang yang memiliki polip hidung tidak merasakan gejala maupun tanda apa pun. Hal ini biasanya karena polip yang tumbuh di dalam hidung masih berukuran kecil.

Bila polip terus tumbuh membesar pada salah satu lubang hidung, maka biasanya ini menyebabkan hidung mampet sebelah.

4. Benda asing dalam hidung

hidung kemasukan benda

Pada bayi maupun anak-anak, penyumbatan pada salah satu lubang hidung mungkin saja disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk ke dalam hidung. Entah itu kacang polong, potongan krayon, atau benda-benda kecil lainnya yang tak sengaja masuk ke dalam hidung anak.

Akibatnya, anak mengeluh sulit bernapas karena hidung mampet sebelah, iritasi, infeksi, atau bahkan perdarahan. Segera bawa anak ke dokter terdekat untuk mengatasinya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca