Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa dara, dipercaya memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa biasa karena keduanya melewati proses ekstraksi yang berbeda. Virgin coconut oil diperoleh langsung dari santan kelapa segar tanpa melalui proses pemanasan, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman sehingga tidak mengubah sifat alami minyak. Dan ternyata, manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan sangat menakjubkan.

Apa saja manfaat virgin coconut oil?

1. Mempertajam fungsi kognitif otak

Salah satu sifat yang paling menguntungkan dari virgin coconut oil adalah kandungan asam lemak rantai sedang (MCT)-nya.

MCT tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati dibanding jenis asam lemak lainnya, tetapi juga dimetabolisme lebih cepat. Artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya. Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat, asupan keton dapat menyediakan hingga 70% dari kebutuhan energi otak dan telah terbukti memiliki peluang efek terapi pada orang yang menderita kehilangan memori, seperti dalam kasus penyakit Alzheimer.

Selain itu, senyawa fenolik yang unik dan hormon yang ditemukan dalam minyak kelapa dara mungkin dapat mencegah agregasi peptida beta amiloid, yang merupakan bagian dari teori terkemuka tentang penyebab Alzheimer.

2. Membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi

Hampir 50 persen dari asam lemak dalam virgin coconut oil adalah asam laurat. Ketika asam laurat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi zat yang disebut monolaurin. Asam laurat dan monolaurin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Lebih spesifiknya, kedua zat dalam minyak kelapa ini terbukti mampu membunuh bakteri Staphylococcus Aureus (patogen yang sangat berbahaya) dan ragi Candida Albicans, penyebab umum dari berbagai infeksi jamur. Asam laurat juga diketahui baik untuk kesehatan jantung Anda dengan mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik.

Manfaat virgin coconut oil yang juga sudah terbukti adalah mencegah dan mengobati tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

3. Mengurangi frekuensi kejang anak

Kandungan MCT dalam virgin coconut oil dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton yang dikirim ke otak sebagai sumber energi utama. Jika minyak kelapa dara dikonsumsi rutin berbarengan dengan diet rendah karbohidrat, pada gilirannya ini akan meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, yang dapat membantu mengurangi kejadian kejang pada anak yang memiliki epilepsi — bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan oleh obat-obatan.

4. Melancarkan pencernaan

Virgin coconut oil berperan besar untuk membantu Anda memiliki sistem pencernaan yang lebih baik dengan membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak, seperti magnesium dan kalsium. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa MCT dalam kandungan minyak kelapa dara benar-benar bisa mempromosikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya dengan meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme.

5. Membantu menurunkan berat badan

Selain membantu memerangi gangguan otak dan memori, konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa dara, telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar dibandingkan dengan asam lemak lainnya. Dengan kata lain, tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak untuk dimanfaatkan menjadi energi. Keton, sebagai salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak, diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Selain itu, minyak kelapa dara tampak sangat efektif mengurangi lemak perut, yang merupakan tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak tubuh dan sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Metode seperti ini penting bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, karena pada dasarnya minyak kelapa dara membantu meningkatkan metabolisme Anda. Satu studi menemukan bahwa asupan 15-30 gram MCT setiap hari meningkat pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5 persen (sekitar 120 kalori per hari). Oleh karena itu, manfaat virgin coconut oil juga termasuk membantu penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengobatinya

Jika telinga Anda gatal, jangan digaruk atau dicungkil dengan jari. Ketahui dulu, penyebab telinga gatal, baru Anda akan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 7 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Efek Samping Aromaterapi yang Harus Diwaspadai

Terlepas manfaatnya bagi tubuh, romaterapi ternyata menyimpan efek buruk yang dapat merugikan kesehatan. Simak efek samping aromaterapi berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Komplikasi Asam Urat yang Berbahaya untuk Kesehatan dan Perlu Diwaspadai

Asam urat Anda sering kambuh? Yuk, segera obati. Jika tidak, hal ini bisa memicu komplikasi akibat asam urat yang bahaya bagi tubuh. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Arthritis (Radang Sendi), Kesehatan Muskuloskeletal 6 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Jangan Salah, Kenali Perbedaan antara Rematik dan Asam Urat

Rematik dan asam urat adalah dua penyakit beda, yang sama-sama bikin nyeri sendi. Apa saja perbedaan asam urat dan rematik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Arthritis (Radang Sendi), Kesehatan Muskuloskeletal 6 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu intuisi

Dari Mana Datangnya Intuisi? Dan Kenapa Harus Kita Turuti?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
bra kawat

Mana yang Lebih Sehat Buat Payudara: Bra Biasa Atau Berkawat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
eksim kering dan eksim basah

Apa Bedanya Eksim Basah dan Eksim Kering?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
gerakan senam otak

3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Tingkatkan Fokus dan Kreativitas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit