Makan Timun Ternyata Bisa Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 08/04/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Timun seringnya dijadikan sayur lalapan teman makan nasi dan lauk pauk. Tak cuma menyegarkan mulut, timun juga diperkaya oleh segudang nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja, vitamin C, kalium, dan antioksidan seperti karotenoid dan tokoferol. Salah satu manfaat timun terutama sangat penting bagi orang-orang yang punya hipertensi. Apa itu?

Apa bahaya hipertensi?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi permanen di mana tekanan darah terus menerus tinggi atau lebih dari 140/90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi akibat berbagai hal, terutama pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat.

Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan jika tidak cepat ditangani. Hipertensi merupakan penyebab utama dari penyakit jantung koroner dan stroke. Hipertensi yang tidak dikontrol juga dapat bisa menyebabkan peningkatan risiko aneurisme, gagal ginjal, gangguan penglihatan, hingga bahkan kematian.

Hipertensi tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikendalikan — baik lewat obat-obatan yang diresepkan dokter maupun dengan perubahan gaya hidup sehat. Mengutip rilis media yang diunggah pada laman PD PERSI, penurunan tekanan darah hingga 2 mmHg saja sudah dapat mengurangi 7% risiko kematian akibat serangan jantung dan 10% risiko kematian akibat stroke.

Salah satu perubahan kecil dalam gaya hidup yang bisa Anda lakukan mulai sekarang adalah memperbanyak makan timun. Memang, apa manfaat timun untuk hipertensi

Manfaat timun untuk mengendalikan tekanan darah tinggi

Mentimun memiliki efek yang sama seperti obat hipertensi ACE inhibitor, untuk menghambat protein angiotensin I dalam darah. Bila protein ini tidak dihambat, maka protein ini dapat berubah menjadi angiotensin II yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah (vasokonstriksi). Akibatnya, tekanan darah meningkat.

Satu porsi 50 gram timun mengandung 80 gram kalium, yang baik untuk menurunkan darah. Dalam tubuh, kalium bekerja melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

Timun juga diperkaya oleh antioksidan penting yang membantu memerangi radikal bebas dan stres oksidatif dalam tubuh. Kedua hal ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh manusia, seperti hipertensi, gangguan jantung, stroke dan kanker. Walaupun tubuh kita sebenarnya sudah memiliki sistem imun yang berfungsi untuk melawan radikal bebas, namun tubuh kita masih tetap memerlukan asupan antioksidan yang berasal dari makanan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Inilah satu lagi manfaat timun untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Tips menjaga agar tekanan darah tetap terkontrol

Tekanan darah tinggi bukan hal sepele, tapi juga bukan berarti kesehatan Anda harus terus memburuk. Dengan perawatan dan gaya hidup yang sehat, tekanan darah Anda bisa dijaga dalam batas normal hingga bertahun-tahun setelah diagnosis hipertensi.

Selain mendapatkan manfaat timun, sda delapan cara utama bagi Anda untuk dapat mengontrol tekanan darah, yaitu:

  • Rutin minum obat hipertensi
  • Mengonsumsi makanan yang kaya buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak sambil mengurangi asupan garam dan lemak jenuh (diet DASH adalah salah satu caranya)
  • Lakukan aktivitas fisik secara teratur (Olahraga minimal 30 menit sehari)
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Mengelola stres
  • Hindari asap rokok
  • Jika Anda minum, batasi minum alkohol Anda

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

Anak-anak mungkin mengalami tekanan darah tinggi. Orangtua dapat mengukur tekanan darah anak di rumah dengan panduan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hipertensi, Health Centers 22/04/2020 . Waktu baca 7 menit

5 Manfaat Makan Mentimun di Malam Hari untuk Kesehatan

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya bagi kesehatan, Anda pasti akan tertarik untuk makan mentimun sebagai camilan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Nutrisi, Hidup Sehat 13/04/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Mentimun untuk Kulit Wajah, Patut Dicoba!

Mentimun tidak hanya segar dimakan, tapi juga memberikan manfaat untuk kulit wajah. Salah satunya, dapat mencegah penuaan dini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Kecantikan 28/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan yang dilarang untuk pasien penyakit jantung

5 Jenis Pantangan Makanan untuk Pasien Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
jamur cordyceps

4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
senam hipertensi

Manfaat dan Jenis-jenis Senam untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020 . Waktu baca 7 menit
pantangan darah tinggi

11 Pantangan Darah Tinggi yang Harus Anda Hindari

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020 . Waktu baca 11 menit