Manfaat dan Efek Samping Centella Asiatica untuk Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Centella asiatica, atau juga dikenal sebagai daun pegagan, adalah tanaman herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk mengobati beragam masalah kesehatan. Salah satu manfaat daun pegagan yang paling dikenal adalah mengatasi berbagai masalah pada kulit.

Ekstrak daun pegagan umumnya ditemukan dalam bentuk krim, serum, atau ampoule yang dioleskan langsung pada kulit. Bahan aktif ini menembus ke dalam lapisan kulit dan bekerja langsung pada sel-selnya untuk mengatasi masalah kulit Anda.

Berikut ulasan lengkap terkait manfaat, efek samping, dan aturan pakai Centella asiatica.

Apa itu Centella asiatica?

pegagan

Centella asiatica adalah daun hijau berbentuk kipas yang biasanya ditanam dan digunakan untuk tujuan pengobatan. Selain dikenal sebagai pegagan, tanaman yang satu ini juga memiliki nama lain Gotu Kola.

Herbal yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India ini mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan, mulai dari mulai meningkatkan mood, menambah daya ingat, menurunkan kadar gula darah, mengatasi diare, hingga mengatasi masalah kulit.

Tanaman yang berasal dari keluarga Apiaceae ini mengandung berbagai zat bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, dan antivirus. Bahkan, daun pegagan juga memiliki sifat antiulcer (mengatasi luka pada dinding perut dan usus dua belas jari).

Para ahli di University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa meski herbal ini aman, Anda sebaiknya tidak menggunakannya selama lebih dari enam minggu tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selain itu, orang yang memiliki penyakit hati (liver) dan riwayat kanker kulit juga tidak disarankan mengonsumsi tanaman yang satu ini. Pasalnya, kandungan di dalamnya berpotensi menimbulkan bahaya bagi hati bila digunakan dalam jangka panjang.

Manfaat Centella asiatica untuk kulit

essence dan serum

Dari sekian banyak manfaat daun pegagan untuk kesehatan, kegunaannya untuk kulit tidak bisa diragukan lagi. Berikut berbagai manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan mengandung zat kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. Zat ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds menemukan fakta bahwa luka pada tikus yang diobati dengan ekstrak daun pegagan dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka yang tidak diobati.

Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan di Minerva Chirurgica juga menemukan bukti bahwa Centella asiatica mampu mengurangi jaringan parut bedah setelah diberikan dalam bentuk dosis oral. Bahkan, studi lain pun menyebutkan bahwa herbal yang satu ini juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan menurunkan risiko infeksi.

2. Sebagai perawatan anti-aging

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, Centella asiatica dapat meningkatkan pembentukan kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein penting yang menyokong jaringan kulit.

Seiring dengan pertambahan usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Padahal, protein yang satu ini berperan sebagai fondasi utama kulit agar tetap elastis. Tanpa kolagen yang cukup, kulit akan lebih rentan mengalami kerusakan.

Inilah alasan mengapa Centella asiatica menjadi salah satu zat aktif yang tidak pernah absen dari produk anti-aging. Penggunaan pegagan, baik dalam bentuk suplemen maupun produk skin care, bisa membantu kulit Anda agar menjadi lebih elastis.

3. Memudarkan stretch mark

Dikutip dari penelitian dalam jurnal Advances in Dermatology and Allergology, daun pegagan dapat mengurangi tampilan stretch mark. Manfaat ini berasal dari kandungan triterpenoid yang mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Selain itu, triterpenoid dalam Centella asiatica juga tidak hanya menyamarkan stretch mark yang sudah ada, tapi juga mencegah terbentuknya stretch mark baru.

Anda bisa menggunakan berbagai krim oles yang mengandung ekstrak pegagan pada daerah yang memiliki stretch mark. Namun, usahakan untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu untuk menghindari reaksi negatif yang mungkin muncul.

Caranya dengan mengoleskan krim ke lengan bawah Anda dan mendiamkannya selama 24 jam. Jika daerah kulit yang dioles tidak mengalami iritasi atau peradangan, tandanya krim ini aman untuk digunakan di daerah kulit lainnya.

4. Membantu pengobatan masalah kulit

Selain triterpenoid, daun pegagan juga mengandung zat aktif lain seperti pentacyclic triterpenes, asiaticoside, asiatic acid, dan masih banyak lagi. Zat-zat ini telah sejak lama terbukti membantu pemulihan kulit akibat psoriasis dan scleroderma.

Centella asiatica merangsang pembelahan sel kulit sehat dan pembentukan jaringan yang menghubungkan sel-sel kulit. Berkat manfaat ini, kulit terlindung dari kerusakan akibat sinar matahari, selulit, dan jaringan parut.

Efek samping Centella asiatica

alergi benzoil peroksida kulit kering gatal

Sejauh ini, tidak ada efek samping berbahaya yang pernah dilaporkan dari pemakaian produk skin care mengandung Centella asiatica. Efek samping umumnya muncul akibat konsumsi suplemen pegagan dalam jumlah lebih banyak dari yang disarankan.

Seperti bahan alami lainnya, daun pegagan berpotensi memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Inilah mengapa Anda harus melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum memakai produk mengandung ekstrak daun pegagan.

Caranya, teteskan produk mengandung daun pegagan ke kulit Anda. Diamkan selama 24 jam untuk melihat reaksi yang muncul. Apabila tidak ada reaksi alergi seperti gatal, artinya produk ini cukup aman untuk Anda gunakan.

Aturan pemakaian Centella asiatica

Centella asiatica pada dasarnya dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Bahan ini juga tersedia dalam berbagai bentuk, walaupun paling umum ditemukan dalam serum, pelembap, dan masker.

Tidak ada aturan khusus dalam menggunakan produk mengandung Centella asiatica. Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali jenis kulit. Dari sini Anda bisa menentukan produk apa yang boleh digunakan bersamaan dengan ekstrak pegagan.

Apabila Anda memiliki kulit berminyak, Anda perlu menghindari produk mengandung Centella asiatica berbentuk krim yang sifatnya berat untuk kulit. Sebagai gantinya, pilihlah serum, face mist, atau masker mengandung tanaman herbal ini.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa memakai Centella asiatica dalam bentuk pelembap atau serum. Pasalnya, kulit dapat menyerap kedua produk ini dengan lebih baik dibandingkan produk lain yang harus dibersihkan, misalnya masker.

Sementara bila kulit Anda sering tampak kemerahan atau mengalami breakout, ada baiknya menggunakan Centella asiatica dalam produk yang hanya dipakai sesekali. Gunakanlah produk seperti masker atau serum.

Apa pun jenis produk yang Anda pilih, selalu ikuti anjuran pemakaian dalam label kemasan maupun yang disarankan oleh dokter spesialis kulit. Hentikan penggunaan produk bila Anda mengalami iritasi, reaksi alergi, atau reaksi negatif lainnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Anda Punya Alergi pada Obat? Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mencegahnya

Alergi obat adalah reaksi abnormal tubuh terhadap efek obat. Cari tahu gejala, penyebab, dan perbedaannya dengan efek samping obat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 11 menit

Transplantasi Ginjal

Pelajari hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalani transplantasi ginjal, mulai dari persiapan, proses, pemulihan, sampai risikonya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Urologi, Ginjal 15 September 2020 . Waktu baca 11 menit

Gejala Penyakit Urologi, Dari Nyeri Buang Air Kecil Hingga Impotensi

Gejala penyakit urologi kerap berhubungan dengan proses kencing yang tidak normal seperti kesulitan atau malah terlalu sering. Apa gejala lainnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi 7 September 2020 . Waktu baca 10 menit

Ragam Obat dan Pengobatan untuk Mengatasi Anyang-anyangan

Anyang-anyangan bikin kita harus bolak-balik ke WC sehingga jadi tidak nyaman beraktivitas. Psstt... Intip di sini pilihan obat anyang-anyangan yang ampuh!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Urologi, Kandung Kemih 6 Agustus 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nyeri atau sakit punggung

Nyeri Punggung, Ketahui Penyebab Hingga Pengobatan yang Efektif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
beli obat online

Sebenarnya, Bolehkah Beli Obat-obatan dari Aplikasi Online?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pencegahan anemia

7 Cara Mencegah Anemia yang Perlu Anda Lakukan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit