Mengenal Koenzim Lebih Dalam, ‘Pembantu’ Enzim yang Baik Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 03/08/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Supaya tubuh bisa berfungsi normal, ada banyak zat yang berperan, seperti hormon dan enzim. Mungkin beberapa dari Anda sudah lebih sering mendengar hormon dan enzim. Bagaimana dengan koenzim? Ya, koenzim adalah zat yang juga bertanggung jawab untuk membantu organ supaya bisa menjalankan fungsinya. Penasaran apa itu koenzim? Yuk, simak penjelasannya.

Apa itu koenzim?

Koenzim adalah zat yang membantu kerja enzim. Enzim sendiri merupakan zat yang terbentuk dari protein yang fungsi utamanya memperlancar serta mempercepat proses pencernaan. Jika tidak ada enzim, makanan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diolah, dicerna, serta diserap zat gizinya.

Nah, peran koenzim adalah sebagai pengikat dan membantu enzim ketika proses pencernaan terjadi. Tak seperti enzim,  koenzim bukan terbentuk dari protein melainkan dari zat organik dan mineral seperti zink. Koenzim juga bisa berupa vitamin, seperti vitamin B yang menjadi koenzim dalam pencernaan lemak, protein, dan karbohidrat.

Bila Anda mengalami kekurangan satu atau lebih vitamin, maka jumlah koenzim juga akan berkurang. Hal ini tentu saja akan memengaruhi kerja enzim serta berbagai proses pencernaan di dalam tubuh.

Ada banyak fungsi koenzim, salah satunya sebagai pembawa atau alat transportasi dari ‘produk’ yang akan dicerna oleh enzim. Koenzim juga membantu tubuh dalam membentuk ATP, yaitu bentuk dasar energi yang nantinya akan digunakan oleh berbagai sel.

CoQ10, jenis koenzim yang paling dikenal

CoQ10 adalah antioksidan yang dihasilkan pada tubuh manusia. CoQ10 penting untuk produksi ATP, yaitu bentuk dasar dari energi utama tubuh. Biasanya, kadar CoQ10 pada tubuh menurun seiring bertambahnya usia.

Orang-orang dengan kanker, beberapa kelainan genetik, kondisi jantung, HIV/AIDS, distrofi otot dan penyakit Parkinson ditemukan memiliki kadar CoQ10 yang sangat rendah. Karena itu, mengonsumsi suplemen CoQ10 dipercaya dapat meningkatkan kondisi kesehatan tersebut.

Namun, studi terhadap manfaat CoQ10 sebagai perawatan untuk kondisi kesehatan tersebut memiliki hasil yang beragam, sehingga diperlukan lebih banyak riset.

Dari mana CoQ10 bisa didapatkan?

Untuk meningkatkan jenis koenzim tersebut, sebenarnya Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang dianggap mengandung CoQ10, yaitu:

  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Stoberi
  • Jeruk
  • Ikan makarel
  • Ikan sarden
  • Kacang pistachio

Bagaimana koenzim membantu enzim melakukan tugasnya?

Malnutrisi atau kekurangan suatu zat gizi tertentu, mencegah tubuh Anda menghasilkan produk dan proses yang esensial untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Walau koenzim berfungsi dalam tingkat molekul (lebih kecil dari sel), koenzim memiliki dampak yang besar pada setiap bagian tubuh. Koenzim membuat enzim bekerja dengan baik dan akhirnya proses pencernaan berjalan lancar.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

enzim pada pencernaan

Mengenal Berbagai Enzim Pada Pencernaan Manusia Serta Fungsinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2018 . Waktu baca 6 menit