home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Kerja Enzim Pencernaan dalam Menyerap Nutrisi dari Makanan

Cara Kerja Enzim Pencernaan dalam Menyerap Nutrisi dari Makanan

Menenerapkan pola makan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, untuk bisa mendapatkan setiap manfaat dari nutrisi dalam makanan tersebut, Anda butuh bantuan enzim pencernaan. Jika enzim dalam sistem pencernaan Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, tubuh akan kesulitan untuk menyerap nutrisi. Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, mulai dari kekurangan gizi hingga malnutrisi.

Bagaimana cara kerja enzim pencernaan?

Setiap makanan yang kita makan harus dipecah menjadi molekul nutrisi dasar (protein, asam lemak, karbohidrat, serta vitamin dan mineral) agar mudah diserap dan dialirkan lewat aliran darah untuk mendukung kerja metabolisme tubuh.

Cara kerja penyerapan nutrisi ini sebagian besar dibantu oleh keberadaan enzim yang disekresikan di berbagai titik di sepanjang saluran pencernaan. Tanpa enzim ini, makanan yang kita makan akan menumpuk dan membusuk di perut, dan kita tidak akan dapat mendapatkan nutrisi dan energi dari makanan. Singkatnya, Anda tidak bisa hidup tanpa enzim pencernaan.

Sebagian besar enzim pencernaan diproduksi oleh pankreas. Kelenjar ludah dalam mulut, hati, kandung empedu, lambung, hingga usus kecil dan usus besar juga menghasilkan enzim untuk membantu memecah makanan. Jumlah dan jenis enzim yang dihasilkan tergantung pada apa yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan.

Berbagai macam enzim pencernaan beserta fungsinya

Tubuh Anda memproduksi berbagai enzim pencernaan untuk menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan. Berikut ini macam-macam enzim pencernaan beserta fungsinya:

1. Amilase

Amilase adalah enzim pencernaan yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna karbohidrat kompleks agar menjadi lebih sederhana. Pasalnya, enzim ini berfungsi memecah pati menjadi glukosa.

Enzim amilase terdiri dari dua jenis, yaitu amilase ptyalin dan amilase pankreas. Amilase ptyalin diproduksi pada kelenjar ludah yang berfungsi untuk menghancurkan gula ketika masih berada di dalam mulut hingga masuk ke perut. Sementara itu, amilase pankreas diproduksi di usus kecil dan bertanggung jawab untuk melanjutkan pekerjaan ptyalin dengan cara mencerna gula yang masuk ke dalam usus kecil.

Pengukuran kadar amilase dalam darah kadang-kadang digunakan sebagai salah satu cara untuk mendiagnosis penyakit pankreas atau penyakit saluran pencernaan lainnya.

2. Lipase

Lipase adalah enzim yang bertanggung jawab untuk memecah lemak dari makanan yang Anda konsumsi. Secara khusus, lipase memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (gula alkohol). Di dalam tubuh Anda, lipase diproduksi dalam jumlah yang kecil oleh mulut dan lambung. Sementara dalam jumlah yang lebih banyak, lipase diproduksi di pankreas.

Lipase juga ditemukan dalam ASI untuk membantu memudahkan bayi mencerna molekul lemak saat menyusui. Lipid memainkan banyak peran, termasuk penyimpanan energi jangka panjang dan mendukung kesehatan sel.

3. Protease

Protease adalah enzim dalam sistem pencernaan yang memecah protein menjadi asam amino. Enzim ini diproduksi di lambung, pankreas, dan usus kecil. Meski demikian, sebagian besar reaksi kimia terjadi di lambung dan usus kecil. Berikut adalah jenis enzim protase utama yang ditemukan dalam saluran pencernaan manusia:

  • Carboxypeptidase A
  • Carboxypeptidase B
  • Chymotrypsin
  • Pepsin
  • Trypsin

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why You Need to Know About Your Digestive Enzymes – https://www.verywellhealth.com/what-are-digestive-enzymes-1945036 diakses pada 4 Juni 2018

What Are the Functions of Amylase, Protease, and Lipase Digestive Enzymes – https://www.verywellhealth.com/what-are-digestive-enzymes-1945036 diakses pada 4 Juni 2018

Why Are Enzymes Importan? – https://www.healthline.com/health/why-are-enzymes-important diakses pada 4 Juni 2018

What Digestive Enzymes Do to Food? https://www.verywellfit.com/what-digestive-enzymes-do-to-food-2507053 diakses pada 4 Juni 2018

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 05/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri