Tak Cuma Segar, Ini Segudang Khasiat Jeruk Bagi KesehatanTubuh

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14/01/2020
Bagikan sekarang

Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna oranye ini. Tidak hanya dikonsumsi langsung, jeruk juga bias diolah menjadi beragam makanan, dari makanan penutup bahkan menu utama sekali pun.

Supaya Anda bisa memanfaatkan jeruk dengan maksimal, kenali dahulu apa saja manfaat yang dimiliki oleh jeruk untuk kesehatan tubuh Anda. 

Khasiat yang ditawarkan jeruk untuk kesehatan tubuh

Jeruk merupakan salah satu buah yang cukup populer dijadikan sebagai camilan yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Hal tersebut dikarenakan buah yang tumbuh di negara-negara Asia Tenggara dan Tiongkok ini kaya akan vitamin B dan C yang baik untuk tubuh.

Ini dia beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari jeruk untuk kesehatan Anda. 

1. Membantu meningkatkan kesehatan otak

manfaat puasa untuk otak

Salah satu khasiat yang ditawarkan oleh jeruk adalah bisa membantu menyehatkan otak Anda. 

Selain kaya akan vitamin C, jeruk ternyata mengandung kalium, folat, dan antioksidan yang cukup tinggi. Ketiganya dipercaya bisa membantu meningkatkan fungsi saraf otak. 

Bahkan, menurut penelitian dari American Academy of Neurology, minum jus jeruk bisa membantu menurunkan risiko kehilangan memori pada pria. 

Para pria yang minum jus jeruk setiap harinya, mempunyai potensi 47% lebih rendah terhadap penurunan kemampuan berpikir dibandingkan mereka yang minum satu kali sebulan. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah jeruk benar-benar bisa meningkatkan fungsi memori pada otak manusia. 

2. Baik untuk ibu hamil dan janinnya

bahaya paraben untuk ibu hamil

Selain bisa meningkatkan fungsi otak, khasiat jeruk lainnya adalah baik untuk ibu hamil dan janinnya. Hal ini dikarenakan jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C, folat, dan air yang tentu termasuk dalam kebutuhan seorang ibu hamil. 

Kandungan air yang tinggi dalam sebuah jeruk bisa membantu ibu hamil untuk tetap terhidrasi. Tidak hanya itu, vitamin C dan folat di dalamnya juga membantu mencegah kerusakan sel dan menyerap zat besi untuk tubuh. 

Bahkan, folat pada jeruk juga membantu menurunkan risiko cacat tabung saraf janin yang bisa menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Kondisi ini bisa membuat sumsum tulang belakang bayi tidak berkembang dengan baik dan membuat sebagian tengkorak otak hilang.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi jeruk, Anda bisa memperoleh manfaatnya untuk kesehatan kehamilan dan janin Anda. 

3. Membantu menjaga tekanan darah

cara cek tekanan darah di rumah

Tekanan darah yang tinggi tentu akan berdampak buruk terhadap kesehatan, terutama jantung dan hati Anda. 

Akan tetapi, Anda bisa menjaga tekanan darah dengan memanfaatkan khasiat dari jeruk yang sudah dibuktikan melalui penelitian dari Cleveland Clinic. 

Di dalam penelitian tersebut terdapat 25 pasien yang mengalami penyumbatan pada arteri mereka. Para pasien tersebut sudah mencoba obat-obatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, tetapi hasilnya masih kurang memuaskan. 

Maka itu, dalam penelitian kali ini mereka diminta untuk minum minuman rasa jeruk yang sudah ditambahkan vitamin C di dalamnya. Hasilnya, tekanan darah mereka menurun sedikit. 

Bahkan, ketika minuman tersebut diganti dengan rasa yang lebih tawar tekanan darah mereka semakin menurun. 

Selama dua minggu penelitian, akhirnya mereka minum jus jeruk yang sudah ditambahkan vitamin C dan vitamin E. Dalam akhir penelitian tersebut terlihat beberapa pasien mempunyai tekanan darah yang cukup normal. 

Oleh karena itu, jeruk mungkin bisa digunakan untuk menjaga tekanan darah seseorang karena kandungan vitamin C nya yang cukup berguna untuk hal tersebut. 

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

manfaat kolagen untuk rambut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan memberikan khasiat yang sangat bermanfaat, terutama untuk kulit dan rambut Anda. 

Hal tersebut dikarenakan vitamin C memiliki sifat antioksidan yang cukup membantu dalam melindungi kulit dari bahaya radikal bebas akibat paparan sinar UV. 

Selain itu, vitamin C yang ada dalam jeruk juga membantu menjaga keseimbangan kolagen dalam dermis. Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang cukup penting dalam kulit dan rambut manusia, terutama untuk pertumbuhan rambut dan mengurangi gejala penuaan dini. 

Maka itu, konsumsi jeruk yang kaya akan vitamin C juga menyehatkan untuk kulit dan rambut Anda. 

5. Memperbaiki kesehatan sistem pencernaan

Sebenarnya, kebanyakan orang mengonsumsi buah jeruk karena memiliki khasiat yang baik untuk sistem pencernaan mereka. 

Normalnya, pencernaan yang normal membutuhkan asupan air yang cukup dan jeruk bisa menjadi jalan keluar dari kebutuhan tersebut. Hal ini dikarenakan satu buah jeruk yang kecil mengandung sekitar 87 gram air dan kebutuhan air harian manusia adalah sekitar 2.5 kg – 3.5 kg air. 

Dengan mengonsumsi jeruk, buah berwarna oranye tersebut sudah membantu memenuhi sekitar 3-4% kebutuhan harian Anda. 

Selain itu, sekitar dua pertiga dari 3 gram jeruk mengandung serat yang bisa larut. Serat yang seperti ini biasanya bisa membantu usus Anda untuk menyerap zat cair. 

Hal tersebut dilakukan karena serat yang tidak larut memproduksi gel tebal, sehingga menunda waktu transit sisa makanan di usus. Dengan begitu, gel tersebut membantu memberikan segudang nutrisi yang cukup penting, seperti vitamin, mineral, asam lemak, dan asam amino. 

Tanpa manfaat dari jeruk yang ini, kemungkinan besar nutrisi tersebut tidak bisa diserap secara maksimal dan terbuang sia-sia. 

Khasiat yang ditawarkan oleh buah jeruk memang banyak, tetapi perlu diingat bahwa mengonsumsinya secara berlebihan bisa mengganggu pencernaan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan konsumsi buah jeruk Anda untuk mengurangi risiko tersebut.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jangan Salah, Ini Manfaat Suntik Vitamin C yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Suntik vitamin C kerap dilakukan dan bahkan menjadi tren kecantikan. Namun jangan salah, ini dia manfaat suntik vitamin C menurut penelitian.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Menghitung Kebutuhan Vitamin C Saat Puasa dari Usia dan Jenis Kelamin

Kalau Anda ingin terhindar dari rasa lesu dan lemas saat berpuasa, penuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Berapa kebutuhan vitamin C selama puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 09/06/2018

Ciri-Ciri Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C Saat Puasa

Vitamin C penting untuk menjaga daya tahan tubuh Anda selama berpuasa. Maka, waspadai gejala-gejala kekurangan vitamin C saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 21/05/2018

5 Rekomendasi Buah yang Paling Baik Dimakan Saat Sahur dan Buka Puasa

Banyak makan buah saat sahur dan berbuka bisa bantu menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan. Apa saja pilihan buah untuk puasa yang terbaik?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hari Raya, Ramadan 16/05/2018

Direkomendasikan untuk Anda

makan kulit jeruk

Manfaat dan Efek Samping Memakan Kulit Jeruk

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 07/02/2020
buah untuk osteoporosis

Pilihan Buah untuk Penderita Osteoporosis Agar Tulang Tetap Ternutrisi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 25/11/2019
miracle fruit

Yuk, Kenalan dengan Miracle Fruit, Buah Berry dengan Manfaat yang Ajaib

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/08/2019
menjaga kesehatan mata

Tak Doyan Wortel? Jeruk Juga Bisa Menjaga Kesehatan Mata Kita!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27/10/2018