Ada Garis Putih di Kuku Anda? Bisa Jadi Tanda Penyakit Tertentu

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah ada¬†garis putih di kuku Anda? Apakah Anda mengartikannya dengan kekurangan vitamin, kalsium, atau zinc? Apakah ini berbahaya atau tidak? Atau malah Anda mengartikannya masih seperti waktu di sekolah dasar, yaitu menandakan “ada yang naksir”? Faktanya, garis putih di kuku disebut dengan leukonychia. Apa artinya bagi kesehatan?

Mengapa muncul garis putih di kuku?

Leukonychia adalah sebutan untuk munculnya garis putih di kuku Anda. Kondisi ini tidak berbahaya meskipun namanya tergolong serius. Hal ini bisa disebabkan oleh trauma ringan ataupun sedang pada kuku yang sedang tumbuh. Pertumbuhan kuku umumnya cenderung amat lambat, sehingga banyak orang yang tidak menyadari trauma atau cedera yang terjadi pada minggu sebelumnya sampai akhirnya muncul garis putih pada kuku Anda.

Garis putih di kuku biasanya banyak ditemukan di kuku bagian tangan dibandingkan di bagian kaki. Jika anda tidak mengingat cedera yang Anda alami dan menyebabkan kuku mengalami trauma, Anda tidak perlu khawatir. Pertumbuhan kuku sangat lambat sehingga luka pada kuku dapat terjadi berminggu-minggu sebelum garis putih muncul di kuku Anda.

Garis putih di kuku juga bisa menandakan adanya infeksi ringan yang terjadi pada kuku dan bisa juga alergi atau efek samping dari pengobatan tertentu. Jadi saat Anda sedang dalam masa penyembuhan dan konsumsi obat-obatan tertentu kemudian muncul garis putih di kuku, bisa jadi ini adalah reaksi dari obat-obatan yang Anda konsumsi.

Jika garis putih hanya muncul di satu atau beberapa kuku jari, Anda tidak perlu khawatir. Namun apabila garis putih muncul begitu banyak pada kuku atau bahkan hampir di semua kuku jari-jari, Anda patut waspada. Hal ini mungkin saja menandakan adanya kondisi medis yang cukup serius yang terjadi pada tubuh Anda, seperti penurunan fungsi pada ginjal, anemia atau bahkan diabetes. Jika hal ini terjadi, Anda harus segera konsultasi pada dokter.

Macam-macam garis putih pada kuku, dan artinya bagi kesehatan

1. Leukonychia totalis

Kondisi leukonychia totalis terjadi apabila garis putih muncul di seluruh bagian kuku jari Anda. Hal ini bisa menandakan kurangnya albumin di dalam tubuh. Kurangnya albumin merupakan tanda atau gejala gagal ginjal, gagal liver atau kesulitan menyerap protein dari makanan. Hal ini harus segera mendapatkan perhatian medis.

2. Leukonychia partialis

Pada kondisi ini garis putih muncul di bagian lempeng kuku atau nail plate. Biasanya akan terlihat titik-titik putih yang menandakan kondisi medis tertentu dan perlu mendapatkan perhatian medis.

3. Leukonychia striata

Leukonychia striata terjadi apabila garis putih pada kuku nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku. Biasanya hal ini menandai Anda kekurangan vitamin dan nutrisi. Leukonychia striata ini juga bisa menandakan adanya gangguan pada jantung, liver dan hati. Ada baiknya Anda segera konsultasikan segera pada dokter.

4. Leukonychia punctata

Leukonychia punctata adalah leukonychia yang paling sering dijumpai. Garis putih di kuku ini akan muncul di beberapa kuku jari Anda. Biasanya, penyebabnya adalah trauma atau cedera pada kuku, dan ini akan menghilang sendiri setelah kuku Anda melakukan regenerasi.

Ada baiknya mulai sekarang, Anda tidak hanya mempercantik tampilan kuku di salon, namun juga perhatikan kesehatan kuku. Segera konsultasikan pada dokter jika Anda merasa khawatir ada garis putih di kuku secara tidak normal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Ada Orang yang Nyetrum Ketika Disentuh?

Pernah merasa seperti tersengat listrik saat bersentuhan dengan orang lain? Ini dia penjelasan kenapa orang tertentu nyetrum ketika disentuh.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya?

Gen ternyata berperan penting untuk mencerna kafein dari kopi Anda, lho. Tak percaya? Langsung simak dua alasan sudah minum kopi masih ngantuk berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Manfaat Susu Kefir yang Ternyata Menyehatkan

Kefir bukan hanya digunakan sebagai masker kecantikan saja. Kefir juga diproduksi sebagai susu yang menyehatkan. Apa saja manfaat susu kefir?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Roh Keluar dari Tubuh Saat Tidur (Astral Projection): Fenomena Klenik Atau Kondisi Medis Nyata?

Pernah dengar tentang proyeksi astral? Fenomena roh keluar dari tubuh yang katanya mengandung hal-hal mistis ini ternyata ada penjelasan ilmiahnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Psoriasis kulit kepala

Psoriasis pada Kulit Kepala

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
ciri-ciri dan gejala alergi dingin

Gejala Alergi Dingin Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit
mencium spidol

Meski “Wangi”, Hobi Menghirup Aroma Spidol Bisa Membahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 3 menit