Redakan Sakit Gigi dengan Menekan 5 Titik Akupresur Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Akupresur telah sejak lama dimanfaatkan sebagai metode alami mengatasi nyeri, termasuk untuk meredakan sakit gigi. Tekanan pada titik akupresur tubuh Anda diyakini dapat melancarkan aliran darah dan membuat otot sekitar mulut lebih rileks sehingga sakit gigi berangsur hilang. Lalu, titik mana saja yang perlu Anda tekan?

5 Titik akupresur untuk meredakan sakit gigi

Terdapat lebih dari 400 titik akupresur pada tubuh Anda dan setiap titik memiliki fungsi tersendiri. Titik akupresur untuk mengatasi masalah gigi tersebar pada tangan, leher, pundak, hingga area lutut.

Berikut adalah beberapa titik yang dapat membantu mengatasi sakit gigi serta keluhan lain yang kerap menyertainya:

1. Titik usus halus 18 (SI18)

Titik SI18 adalah titik akupresur yang paling banyak digunakan untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi, gusi bengkak, dan gigi berlubang. Titik ini terletak di bagian bawah kedua tulang pipi, tepat di bawah ujung mata, dan sejajar dengan bagian bawah hidung Anda.

Untuk mengaktifkan titik SI18, tekan keduanya menggunakan telunjuk dan jari tengah Anda selama satu menit. Selama menekan titik ini, tarik napas Anda dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

2. Titik perut 6 (ST6)

Titik ST6 biasanya digunakan untuk mengurangi nyeri pada mulut atau akibat penyakit yang berkaitan dengan gigi. Coba tempelkan gigi atas dan bawah Anda, titik ini adalah tonjolan yang terletak di tengah antara ujung bibir dan bagian bawah daun telinga Anda.

Guna mengatasi sakit gigi, tekan titik akupresur ini menggunakan ibu jari Anda selama satu menit. Kemudian, ulangi beberapa kali sesuai kebutuhan atau hingga nyeri berkurang. Jangan lupa menarik napas dalam-dalam selama menekan titik ini.

3. Titik kantong empedu (GB21)

Titik kantong empedu sering digunakan untuk mengatasi nyeri pada kepala, wajah, dan leher. Melansir UCLA Center for East-West Medicine, tekanan pada titik GB21 juga berguna untuk mengatasi berbagai keluhan pada pundak dan leher. 

Berbeda dengan namanya, titik GB21 tidak terletak di dekat kantong empedu. Titik ini terletak di tengah pundak agak ke belakang. Cubit bagian tengah pundak Anda dengan ibu jari dan telunjuk, lalu pijat titik tersebut menggunakan jari tengah selama 4-5 detik.

4. Titik usus besar 4 (LI4)

Titik akupresur yang satu ini disinyalir mampu meredakan peradangan sehingga sakit gigi berangsur hilang. Tekanan pada titik LI4 juga bermanfaat untuk mengurangi stres, sakit kepala, serta nyeri pada area di atas leher Anda.

Anda bisa menemukan titik LI4 dengan menempelkan ibu jari ke ruas kedua telunjuk. Titik ini terletak pada pertemuan antara ibu jari dan telunjuk Anda. Untuk meredakan sakit gigi, tekan titik ini dengan lembut dan pijat selama 4-5 detik sambil menarik napas.

5. Titik perut 36 (ST36)

Titik ST36 cukup sering digunakan untuk meredakan sakit gigi, mual, stres, serta rasa lelah. Anda bisa menemukan titik ST36 dengan menempelkan telapak tangan pada tempurung lutut. Titik ini terletak pada jari kelingking.

Untuk mengurangi sakit gigi, berikan tekanan lembut pada titik akupresur yang satu ini. Kemudian, pijat titik tersebut menggunakan jari Anda. Arahkah pijatan ke bawah menuju bagian luar tulang kering.

Akupresur cukup berguna untuk meredakan sakit gigi yang menyiksa. Cukup dengan menekan beberapa titik pada tubuh, Anda bisa meredakan nyeri pada gigi, gusi, dan mulut meski hanya sementara. 

Walau demikian, akupresur tidak dapat menggantikan manfaat pemeriksaan langsung oleh dokter gigi. Pastikan Anda rutin berkunjung ke dokter gigi untuk mengatasi sakit gigi hingga tuntas agar tidak kambuh lagi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Cara Mencegah Sakit Gigi

Saat sakit gigi, minum obat pereda nyeri adalah hal yang paling mudah meredakan sakitnya. Agar tidak berulang, coba cara mencegah sakit gigi, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut 24 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

7 Gejala Sakit Gigi yang Perlu Anda Waspadai

Siapa yang tidak pernah merasakan sakit gigi? Agar tidak merasakan nyeri serta ngilu terlalu lama, ketahui dulu gejala-gejala sakit gigi di bawah ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut 21 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Puasa saat sakit gigi? Jangan khawatir! pasalnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi saat puasa tanpa harus menelan obat!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Menggunakan Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi

Salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk sakit gigi, yaitu bawang putih. Apa alasannya dan bagaimana cara menggunakan bawang putih sebagai obat?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat alami dan tradisional sakit gigi berlubang

7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
akupresur untuk insomnia

Sering Insomnia? Ini 4 Titik Akupresur Agar Tidur Lebih Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
obat sakit gigi berlubang

2 Pilihan Obat untuk Sakit Gigi Berlubang, Plus Cara Mengatasinya di Rumah dan di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 10 menit
cara mengobati sakit gigi

Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit