Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengenal Kandungan Obat Kumur Antiseptik dan Manfaatnya untuk Kesehatan Oral

    Mengenal Kandungan Obat Kumur Antiseptik dan Manfaatnya untuk Kesehatan Oral

    Obat kumur atau mouthwash mungkin belum menjadi bagian dari langkah menjaga kesehatan gigi dan mulut atau oral Anda. Namun, Anda perlu segera mempertimbangkan penggunaannya demi memiliki kebersihan oral yang optimal. Mengapa? Selain karena bisa membersihkan bagian gigi yang sulit dijangkau, obat kumur antiseptik juga dapat memberikan berbagai manfaat berkat bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

    Mengenal kandungan yang terdapat dalam obat kumur antiseptik

    Pada dasarnya, obat kumur diperuntukan untuk menyempurnakan proses pembersihan gigi sekaligus memberikan manfaat lain. Contoh yang paling sederhana adalah memberikan kesegaran pada mulut.

    Selain itu, berbagai kandungan dalam obat kumur juga memberikan manfaat yang mungkin belum Anda tahu. Berikut di antaranya:

    Minyak esensial (essential oil)

    Dilansir dari National Institute of Environmental Health Science, minyak esensial adalah jenis minyak yang diperoleh dari proses distilasi (penyulingan). Minyak ini berasal dari ekstrak tumbuhan yang mempertahankan bau dan rasa alami dari sumbernya.

    Manfaat dari minyak esensial pada tubuh bergantung pada jenis tanaman yang menjadi sumbernya. Maka dari itu, tidak heran jika beberapa jenis minyak esensial sering dijumpai di beberapa produk obat kumur yang sama.

    Contoh dari minyak esensial yang terdapat dalam obat kumur antiseptik, yakni:

    • Thymol
    • Methyl Salicylate
    • Menthol
    • Eucalyptol

    Secara garis besar, keempat kandungan tersebut bisa membantu mengurangi kuman penyebab masalah mulut. Minyak esensial juga bekerja sebagai antimikroba yang bekerja melawan kuman penyebab kerusakan gigi serta penyakit dalam mulut, seperti gingivitis.

    Fluorida dalam obat kumur

    Tak hanya menjadi kandungan dalam pasta gigi, fluorida juga biasanya merupakan salah satu kandungan dalam obat kumur. Berdasarkan NHS, fluorida merupakan mineral yang bisa ditemukan secara alami dalam air dengan jumlah yang bervariasi.

    Manfaat dari fluorida sendiri adalah membantu mencegah kerusakan gigi. Untuk itu, beberapa jenis obat kumur memiliki fluorida sebagai kandungan pelindung gigi.

    Namun, perlu diingat pemakaian obat kumur jenis ini tidak boleh bersamaan dengan penggunaan pasta gigi yang juga mengandung fluorida. Hal ini dikarenakan manfaat fluorida dari pasta gigi bisa berkurang.

    Chlorhexidine

    Dilansir dari laman American Dental Association, kandungan chlorhexidine dan minyak esensial bermanfaat untuk membantu mengontrol plak pada gigi dan penyakit pada gusi. Kandungan dalam obat kumur satu ini juga bisa membantu mengurangi bau mulut, terutama pada mereka yang merupakan perokok aktif.

    Triclosan

    Berdasarkan Food and Drug Administration, triclosan merupakan senyawa yang banyak digunakan dalam produk dengan tujuan untuk mengurangi atau mencegah kontaminasi bakteri. Triclosan umum digunakan dalam pasta gigi dan juga bisa ditemukan dalam obat kumur.

    Selain itu, penelitian yang diterbitkan oleh Universitas Padjadjaran juga menemukan bahwa kandungan triclosan dan cetylpyridinium chloride dalam obat kumur efektif untuk membantu mengurangi plak pada gigi.

    Cetylpyridinium chloride

    Seperti yang telah disebutkan di atas, cetylpyridinium chloride efektif untuk mengurangi plak pada gigi. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilansir dari laman Harvard Health Publishing, obat kumur yang mengandung cetylpyridinium chloride dan chlorhexidine bisa mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

    Lengkapi langkah menjaga kebersihan oral dengan obat kumur

    Obat kumur antiseptik merupakan langkah untuk menyempurnakan proses pembersihan gigi dan mulut. Dengan kata lain, Anda tetap perlu menggosok dua kali dalam sehari dan dilengkapi dengan obat kumur.

    Perlu diketahui bahwa dampak dari sehatnya gigi dan mulut bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mengingat mulut merupakan salah satu jalan masuk kuman ke dalam tubuh.

    Jika lalai menjaga kesehatan oral, gangguan kesehatan seperti penyakit jantung hingga pneumonia bisa menyerang Anda, seperti dikutip dari Mayo Clinic. Oleh karena itu, jangan sekali-kali merasa malas membersihkan gigi dan mulut setiap hari. Jaga kesehatan mulut untuk jaga kesehatan Anda.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    National Institute of Environmental Health Sciences. (2018). Essential Oils. https://www.niehs.nih.gov/health/topics/agents/essential-oils/index.cfm

    Liu, S. (2016). Mouthwash. Dermnetnz.org. https://dermnetnz.org/topics/mouthwash/

    American Dental Association. (2009). Mouthwash (Mouthrinse). https://www.ada.org/en/member-center/oral-health-topics/mouthrinse

    NHS Choices. (2019). Fluoride. https://www.nhs.uk/conditions/Fluoride/

    U.S. Food and Drug Administration. (2019). 5 Things to Know About Triclosan. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/5-things-know-about-triclosan

    Chinger, G. S., Hadidjah, D., & Rusminah, N. (2012). Comparison effectiveness between cetylpyridinium chloride and triclosan mouthwash on plaque. Padjadjaran Journal of Dentistry, 24(3). https://doi.org/10.24198/pjd.vol24no3.26838

    Harvard Health Publishing. (2011). A wash worth its while? . https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/a-wash-worth-its-while

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui Aug 25, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto