Tips Memilih Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Berlubang

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tanpa disadari, lubang di gigi Anda dimulai dengan lubang tak kasat mata. Rutin memeriksakan gigi 6 bulan sekali membantu Anda menemukan kondisi ini lebih cepat. Agar lubang tak semakin melebar, Anda perlu memilih pasta gigi yang tepat untuk gigi berlubang.

Penyebab gigi berlubang

Sebelum mengetahui cara memilih pasta gigi terbaik untuk gigi berlubang, Anda perlu tahu dulu apa yang menyebabkannya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan gigi berlubang. Penyebab utamanya adalah kebiasaan minum minuman berenergi, bersoda, jus buah dengan pemanis buatan, dan minuman manis lainnya.

Gula yang terkandung dalam minuman dan makanan manis dapat meningkatkan perkembangan bakteri penyebab gigi berlubang. Pasalnya, bakteri di dalam mulut mengubah gula menjadi asam yang dapat mengikis lapisan enamel pada gigi.

Selain itu, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga dapat meningkatkan kemungkinan karies pada gigi. Bila tidak rajin menjaga kebersihan mulut, apalagi melewatkan sikat gigi malam, sangat mungkin Anda mengalami gigi berlubang.

Dampak buruk gigi berlubang

Bahaya gigi berlubang yang dibiarkan tanpa perawatan dapat menyebabkan komplikasi. Selain rasa sakit yang berkelanjutan, Anda juga bisa mengalami abses. Abses merupakan benjolan berisi nanah yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Bila abses gigi terjadi, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter gigi.

Oleh karena itu, sebelum kerusakan gigi yang Anda alami semakin parah, dan lubang di gigi Anda tidak terus melebar, Anda perlu rutin menyikat gigi pagi dan malam.

Selain itu, Anda juga perlu memilih pasta gigi yang memang khusus diformulasikan untuk mencegah gigi berlubang.

Memilih pasta gigi untuk gigi berlubang

Gigi berlubang seharusnya memang memerlukan tindakan khusus di dokter gigi. Namun, Anda tetap bisa melakukan antisipasi supaya dampak gigi berlubang tidak semakin parah, yakni dengan memilih pasta gigi yang tepat.

Seperti yang Anda ketahui, mulut manusia sebetulnya jadi “tempat tinggal” mikroorganisme dari makanan dan minuman yang masuk. Bakteri yang ada di dalam mulut dapat tumbuh, berkembang biak, dan mengeluarkan limbah yang membentuk plak.

Plak dapat mengikis enamel pelindung gigi, sehingga menyebabkan kerusakan gigi. Kerusakan gigi akibat plak inilah yang bisa mengakibatkan gigi berlubang.

Mungkin Anda berpikir dan tak terlalu khawatir ketika lubang gigi Anda masih kecil. Padahal, lubang gigi yang kecil  ataupun besar, tetap saja akan mengakibatkan risiko yang lebih parah jika tak ditangani.

Oleh karena itu kebersihan gigi dan mulut perlu dijaga. Menyikat gigi secara teratur dan pemilihan pasta gigi yang tepat tetap perlu diperhatikan.

Untuk mencegah gigi berlubang semakin besar, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Mineral alami dalam pasta gigi ini memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

Setidaknya, pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mencegah lubang pada gigi Anda semakin melebar.

Gigi yang berlubang mengalami kehilangan mineral penting untuk melindungi gigi. Nah, pasta gigi dengan kandungan fluoride juga dapat mencegah hilangnya mineral pada enamel gigi.

Fluoride dalam pasta gigi dapat membangun dan mengembalikan mineral pada lapisan enamel gigi. Mineral ini berperan penting untuk membantu memperkuat gigi.

Selain memilih pasta gigi mengandung fluoride, penting bagi Anda untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, pagi dan malam.

Jangan melewatkan waktu sikat gigi di malam hari. Selama satu hari gigi telah bersinggungan dengan ragam makanan dan minuman yang dapat menyebabkan plak jika dibiarkan semalaman.

Menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride merupakan perawatan yang baik untuk gigi berlubang agar efek buruknya tidak semakin parah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Beras dan Sumber Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi untuk Diabetes

Mengonsumsi sumber karbohidrat seperti beras dapat memengaruhi kadar gula darah diabetes. Lantas, pengganti beras untuk diabetes apa yang sehat?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Diabetes, Diabetes Tipe 2 15 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Batuk Makin Parah? Hindari Makanan yang Dilarang dan Pantangannya Berikut Ini

Batuk yang tidak kunjung sembuh pasti menyiksa. Agar kondisi cepat membaik, hindari beberapa makanan dan minuman pantangan yang dilarang saat batuk ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Batuk, Kesehatan Pernapasan 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Pertolongan Pertama Saat Penis Terjepit Ritsleting

Saat penis terjepit ritsleting Anda sudah pasti merasakan sakit yang teramat sangat. Namun jangan panik, berikut pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 15 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Pilihan Obat Gusi Bengkak yang Aman dan Efektif untuk Anak-Anak

Masalah gusi bengkak pada anak tentu bikin mereka rewel hingga tak nafsu makan. Penting untuk memberikan obat gusi bengkak anak yang aman. Apa sajakah itu?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Satria Aji Purwoko
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 15 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
efek samping IUD

8 Efek Samping dari KB IUD yang Harus Dipertimbangkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
buah untuk penambah darah

12 Buah-buahan Penambah Darah untuk Bantu Atasi Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
tenggorokan sakit

Yakin Tenggorokan Anda Sehat? Coba Cari Tahu di Sini!

Ditulis oleh: Luthfiya Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 1 menit