home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Memilih Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Berlubang

DISPONSORI OLEH:

Tips Memilih Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Berlubang

Tanpa disadari, lubang di gigi Anda dimulai dengan lubang tak kasat mata. Rutin memeriksakan gigi 6 bulan sekali membantu Anda menemukan kondisi ini lebih cepat. Agar lubang tak semakin melebar, Anda perlu memilih pasta gigi yang tepat untuk gigi berlubang.

Penyebab gigi berlubang

Sebelum mengetahui cara memilih pasta gigi terbaik untuk gigi berlubang, Anda perlu tahu dulu apa yang menyebabkannya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan gigi berlubang. Penyebab utamanya adalah kebiasaan minum minuman berenergi, bersoda, jus buah dengan pemanis buatan, dan minuman manis lainnya.

Gula yang terkandung dalam minuman dan makanan manis dapat meningkatkan perkembangan bakteri penyebab gigi berlubang. Pasalnya, bakteri di dalam mulut mengubah gula menjadi asam yang dapat mengikis lapisan enamel pada gigi.

Selain itu, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga dapat meningkatkan kemungkinan karies pada gigi. Bila tidak rajin menjaga kebersihan mulut, apalagi melewatkan sikat gigi malam, sangat mungkin Anda mengalami gigi berlubang.

Dampak buruk gigi berlubang

Bahaya gigi berlubang yang dibiarkan tanpa perawatan dapat menyebabkan komplikasi. Selain rasa sakit yang berkelanjutan, Anda juga bisa mengalami abses. Abses merupakan benjolan berisi nanah yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Bila abses gigi terjadi, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter gigi.

Oleh karena itu, sebelum kerusakan gigi yang Anda alami semakin parah, dan lubang di gigi Anda tidak terus melebar, Anda perlu rutin menyikat gigi pagi dan malam.

Selain itu, Anda juga perlu memilih pasta gigi yang memang khusus diformulasikan untuk mencegah gigi berlubang.

Memilih pasta gigi untuk gigi berlubang

Gigi berlubang seharusnya memang memerlukan tindakan khusus di dokter gigi. Namun, Anda tetap bisa melakukan antisipasi supaya dampak gigi berlubang tidak semakin parah, yakni dengan memilih pasta gigi yang tepat.

Seperti yang Anda ketahui, mulut manusia sebetulnya jadi “tempat tinggal” mikroorganisme dari makanan dan minuman yang masuk. Bakteri yang ada di dalam mulut dapat tumbuh, berkembang biak, dan mengeluarkan limbah yang membentuk plak.

Plak dapat mengikis enamel pelindung gigi, sehingga menyebabkan kerusakan gigi. Kerusakan gigi akibat plak inilah yang bisa mengakibatkan gigi berlubang.

Mungkin Anda berpikir dan tak terlalu khawatir ketika lubang gigi Anda masih kecil. Padahal, lubang gigi yang kecil ataupun besar, tetap saja akan mengakibatkan risiko yang lebih parah jika tak ditangani.

Oleh karena itu kebersihan gigi dan mulut perlu dijaga. Menyikat gigi secara teratur dan pemilihan pasta gigi yang tepat tetap perlu diperhatikan.

Untuk mencegah gigi berlubang semakin besar, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Mineral alami dalam pasta gigi ini memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

Setidaknya, pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mencegah lubang pada gigi Anda semakin melebar.

Gigi yang berlubang mengalami kehilangan mineral penting untuk melindungi gigi. Nah, pasta gigi dengan kandungan fluoride juga dapat mencegah hilangnya mineral pada enamel gigi.

Fluoride dalam pasta gigi dapat membangun dan mengembalikan mineral pada lapisan enamel gigi. Mineral ini berperan penting untuk membantu memperkuat gigi.

Selain memilih pasta gigi mengandung fluoride, penting bagi Anda untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, pagi dan malam.

Jangan melewatkan waktu sikat gigi di malam hari. Selama satu hari gigi telah bersinggungan dengan ragam makanan dan minuman yang dapat menyebabkan plak jika dibiarkan semalaman.

Menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride merupakan perawatan yang baik untuk gigi berlubang agar efek buruknya tidak semakin parah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why do we have fluoride in our water? https://www.medicalnewstoday.com/articles/154164.php. Diakses 9 September 2019.

What is the best kind of toothpaste to use? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322577.php. Diakses 9 September 2019.

Cavities/tooth decay. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cavities/diagnosis-treatment/drc-20352898. Diakses 9 September 2019.

Risk Factors. https://www.fdiworlddental.org/oral-health/risk-factors. Diakses 9 September 2019.

The True Story of Why You Get Cavities, According to a Billion Microbes. https://dentistry.uic.edu/patients/cavity-prevention-bacteria. Diakses 9 September 2019.

Tooth Cavities. https://www.healthline.com/health/dental-oral-health-cavities#treatment/. Diakses 9 September 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 11/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x