Baru Pasang Behel? Ini 3 Jenis Makanan yang Harus Anda Hindari

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda tahu makanan apa saja yang boleh dan tak boleh Anda makan setelah pakai behel gigi? Ya, supaya perawatan gigi yang sedang Anda lakukan tidak berakhir sia-sia, penting bagi untuk memerhatikan asupan makanan yang Anda makan setiap harinya. Pasalnya, jenis makanan tertentu dapat menyebabkan kawat behel lepas dan kerusakan pada gigi Anda.

Nah, kawat gigi yang rusak atau bahkan copot ini tentu akan memperpanjang masa perawatan gigi yang sedang Anda jalani. Di samping harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak, Anda pun harus bersiap merasakan gigi senat-senut lebih lama.

Pantangan makanan saat pakai behel gigi

Supaya perawatan ortodontik Anda berjalan optimal.  sejumlah makanan yang harus Anda hindari selama pakai behel gigi.

1. Makanan kenyal dan lengket

Makanan kenyal dan lengket dapat menyangkut di antara celah behel, membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Jika kondisi ini dibiarkan terus-terusan, akan menjadi tempat yang ideal untuk bakteri di dalam mulut berkembang biak. Bukan hanya merusak kawat behel, hal ini tentu juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Oleh sebabnya, selama Anda pakai behel, berusahalah menahan keinginan untuk makan permen, permen karet, cokelat, dan makanan lain yang bertekstur kenyal dan lengket.

2. Makanan keras

Selama menjalani perawatan gigi ini, penting juga bagi Anda untuk menghindari segala jenis makanan yang keras. Termasuk buah dan sayur yang punya tekstur keras. Hal ini karena makanan yang keras dapat membuat kawat behel gigi bengkok atau bahkan patah.

Meski Anda harus menghindari makanan keras, bukan berarti Anda jadi tidak makan buah dan sayur sama sekali. Agar bisa dilumat dengan mudah, Anda dapat memotong buah dan sayur menjadi beberapa bagian kecil lalu dikukus hingga teksturnya jadi lebih lunak.

Hindari pula mengonsumsi makanan yang punya ukuran kecil, seperti biji-bijian atau kacang-kacangan. Pasalnya, makanan yang berukuran sangat kecil rentan untuk terselip di celah behel. Sekali pun terselip, akan lebih sulit bagi Anda untuk mengeluarkannya.

Sebagai gantinya, makanlah biji-bijian atau kacang-kacangan yang sudah dihaluskan.

3. Makanan berserat kasar

Makanan yang memiliki serat kasar seperti daging merah juga harus dihindari ketika Anda pakai behel gigi. Tak hanya sulit dikunyah, serat daging merah juga rentan terselip di celah kawat gigi maupun gigi Anda.

Belum lagi jika Anda makan daging yang alot. Alih-alih merasakan kenikmatan, makan daging merah ketika gigi Anda dibehel justru bisa menimbulkan rasa ngilu.

Jika Anda ingin makan daging merah, pastikan daging tersebut lembut dan empuk. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengunyahnya.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa makan daging ayam dan ikan. Keduanya sama-sama tinggi protein namun punya serat daging yang lebih halus.

Yang perlu diperhatikan saat pasang behel gigi

Selain memerhatikan asupan makanan yang dimakan setiap hari, penting juga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab, gigi yang dipasangi behel lebih mudah untuk mengalami pembusukan karena sisa-sisa makanan menempel di celah gigi atau kawat gigi.

Tak heran jika dokter gigi selalu mewanti-wanti setiap pasiennya untuk ekstra hati-hati dalam merawat behel dan kesehatan giginya. Pastikan Anda rajin sikat gigi setidaknya dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, ya.

Nah, setiap kali Anda selesai sikat gigi, pastikan juga bahwa tidak ada makanan yang tersangkut di celah-celah gigi dan di sekitar kawat gigi Anda.

Ingat, mengonsumsi makanan yang tepat dan menerapkan kebersihan gigi dan mulut adalah kunci utama supaya perawatan ortodontik yang sedang Anda jalani berjalan optimal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Sebaiknya Memasang Behel agar Tetap Aman dan Efektif?

Memasang behel bisa menjadi salah satu keputusan terbaik demi memiliki gigi yang rapi sekaligus sehat. Namun, apa Anda tahu waktu ideal memasang behel?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 28 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Behel Bisa Bikin Gigi Jadi Kuning, Benar Atau Salah?

Walau dikenal ampuh untuk merapikan struktur gigi, behel juga bisa bikin gigi jadi kuning. Benar atau tidak, ya? Yuk, simak penjelasannya!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 19 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Mau Merapikan Gigi, tapi Tak Pede Pakai Behel? Ini Solusinya!

Pakai behel (kawat gigi) adalah perawatan utama untuk merapikan gigi. Namun, ada yang tidak pede menggunakan alat ini. Tenang, ada solusinya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Konten Bersponsor
merapikan gigi pakai behel
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 19 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Risiko Meratakan Gigi dengan Behel Transparan Berkualitas Rendah

Harga miring, bikin Anda ingin membuat behel sendiri? Hati-hati, ternyata ada risiko dibalik meratakan gigi di rumah yang bisa membuat senyum Anda hilang.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Konten Bersponsor
risiko meratakan gigi rumah
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 18 November 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis kawat gigi

Panduan Memilih Jenis Kawat Gigi Terbaik dan Sesuai untuk Senyum Indah Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelebihan kekurangan pakai kawat gigi alias behel

Manfaat dan Risiko Memakai Kawat Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 4 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit
proses pasang behel

Bagaimana Proses Pemasangan Behel atau Kawat Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
gigi kelinci gigi tonggos

Penyebab Gigi Tonggos dan Pilihan Cara Memperbaikinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 10 menit