home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Benar Punya Gigi Sensitif dan Ngilu Berarti Tidak Boleh Makan Manis Sama Sekali?

Apa Benar Punya Gigi Sensitif dan Ngilu Berarti Tidak Boleh Makan Manis Sama Sekali?

Seseorang dengan gigi sensitif akan mengalami rasa ngilu setiap kali mengonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu, termasuk makanan manis. Lantas, apakah pengidap gigi sensitif dan sering ngilu perlu benar-benar menghindari makanan dan minum manis? Adakah pengecualian atau cara untuk meredakan rasa sakit agar Anda masih bisa menikmati makanan jenis ini?

Alasan makanan manis memicu gigi sensitif dan ngilu

ngidam makanan manis

Biasanya gigi sensitif disebabkan oleh terbukanya lapisan kedua gigi yaitu dentin. Struktur dentin sendiri lebih lunak dari email (lapisan padat berwarna putih dan keras yang melapisi dan melindungi bagian dentin mahkota gigi) dan memiliki lubang-lubang kecil berisi cairan yang langsung terhubung dengan saraf gigi.

Ketika terdapat rangsangan yang masuk ke dalam mulut (makanan atau minuman), hal ini akan langsung diteruskan ke saraf yang menyebabkan gigi menjadi ngilu.

Pada pasien dengan gigi sensitif memang makanan manis sangat berpengaruh dan membuat gigi ngilu, bahkan membuatnya menjadi lebih parah. Makanan manis menyebabkan penurunan pH di dalam mulut sehingga kondisi di dalam mulut menjadi asam.

Jika keadaan ini berulang terus maka akan menyebabkan demineralisasi atau berkurangnya mineral pada lapisan gigi yang selanjutnya akan berlanjut proses terjadinya gigi berlubang.

Dengan demikian, pengidap gigi sensitif dianjurkan untuk mengurangi konsumsi jenis makanan manis serta asam karena keduanya dapat merusak lapisan email gigi.

Jenis makanan dan minuman lain yang perlu dihindari

Selain itu, dikutip dari American Dental Association, berikut beberapa makanan yang dapat merusak gigi Anda:

  • Es batu. Kebiasaan mengunyah es batu dapat merusak enamel sehingga gigi menjadi sensitif dan sering ngilu. Anda perlu menghentikan kebiasaan ini.
  • Kopi ditambah gula. Kandungan kafein dalam kopi atau teh dapat membuat mulut kering dan dalam jangka waktu lama juga bisa membuat noda pada gigi. Apalagi jika ditambah gula, dampak buruk bagi gigi semakin bertambah. Dianjurkan untuk minum kopi secukupnya.
  • Makanan bertepung. Contohnya adalah camilan keripik kentang memiliki kandungan tepung yang mudah menempel di sela-sela gigi dan tidak mudah dihilangkan.
  • Minuman beralkohol. Alkohol dapat membuat tingkat air liur dalam mulut berkurang dan hal ini dapat memicu kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya seperti penyakit gusi.
  • Minuman ringan atau bersoda. Gula merupakan kandungan utama jenis minuman ini sehingga Anda perlu menghindari atau berhenti minum minuman jenis ini.

Tips melindungi gigi sensitif dan ngilu agar tetap nyaman saat makan

kecanduan makanan manis

Setiap kali mengalami masalah pada gigi, sebenarnya Anda akan selalu dianjurkan untuk segera mengunjungi dokter agar mendapat pemeriksaan yang tepat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai.

Anda juga dianjurkan untuk melakukan langkah pencegahan gigi sensitif dan ngilu agar tidak sering kambuh. Rutin dan disiplin menjaga kebersihan gigi merupakan modal utama untuk mencegah gigi sensitif menjadi parah.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Anda dapat melindungi gigi dengan mulai beralih ke pasta khusus yang diformulasikan untuk gigi sensitif. Jenis pasta gigi ini berbeda dari pasta gigi lain karena memiliki kandungan untuk mencegah rangsangan pemicu atau penyebab rasa ngilu mencapai ke jaringan saraf yang ada dalam gigi.
  • Perbanyak minum air putih
  • Ikuti dengan penggunaan pasta gigi sensitif dengan menggosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari dengan menggunakan sikat lembut. Lakukan juga secara perlahan.
  • Bersihkan bagian sela-sela gigi dengan benang atau dengan melakukan flossing.
  • Jangan lupa untuk membuat jadwal kunjungan dokter gigi secara teratur.

Gigi sensitif dan ngilu merupakan gangguan kesehatan yang cukup umum dialami oleh orang akibat kebiasaan buruk seperti lalai menjaga kebersihannya dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dapat merusak gigi. Mulai ubah gaya hidup Anda dan pertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi sensitif jika rasa ngilu sering kambuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

American Dental Association. (2016). Top 9 Foods That Damage Your Teeth. Retrieved September 7, 2020, from https://www.mouthhealthy.org/en/nutrition/food-tips/9-Foods-That-Damage-Your-Teeth

American Dental Association. (2013). Preventing and treating tooth sensitivity. The Journal of the American Dental Association144(9), 1084. https://doi.org/10.14219/jada.archive.2013.0238

Mayo Clinic. (2019). Treatments for sensitive teeth. Retrieved September 7, 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sensitive-teeth/faq-20057854

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh drg. Syifa Ayu Lestari, S.KG Diperbarui 4 minggu lalu
x