Kenapa Lidah Terasa Gatal Setelah Makan Nanas?

Kenapa Lidah Terasa Gatal Setelah Makan Nanas?

Nanas sangat kaya akan vitamin dan serat sehingga cocok menjadi pencahar alami bagi orang yang sering sembelit. Sayangnya, tidak sedikit yang menghindari nanas karena mengeluhkan lidah gatal saat makan buah ini.

Apakah Anda juga demikian? Sebenarnya, apa penyebab lidah gatal setelah makan nanas dan bagaimana cara menghilangkannya? Simak jawabannya di sini.

Apa penyebab lidah gatal saat makan nanas?

Rasa gatal pada lidah saat makan nanas disebabkan oleh enzim alami yang ada di dalam nanas, yaitu bromelain.

Bromelain dapat memecah protein, termasuk protein kolagen yang terdapat pada permukaan lidah, bibir, dan pipi bagian dalam.

Pecahnya protein pada permukaan lidah menimbulkan rasa gatal. Selain gatal, lidah mungkin juga sedikit membengkak setelah Anda makan nanas.

Meski membuat lidah terasa tidak nyaman, enzim yang termasuk dalam golongan proteolitik ini sebenarnya baik untuk tubuh karena bersifat antiradang.

Sifat antiradang tersebut berperan dalam perbaikan kerusakan sel akibat infeksi bakteri dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Enzim bromelain yang bekerja cepat memecah protein juga dapat mengurangi gejala sembelit dan rasa mual setelah makan.

Bahkan, sifat ini juga diyakini dapat mengurangi risiko kanker usus besar karena mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Fakta unik enzim bromelain

Karena kemampuannya dalam menguraikan protein, enzim bromelain pada nanas kerap dimanfaatkan untuk melunakkan daging sebelum dimasak.

Cara menghilangkan gatal di lidah akibat makan nanas

Tidak perlu khawatir jika lidah Anda terasa gatal saat makan nanas. Pasalnya, sensasi ini akan segera berakhir tidak lama setelah Anda mengunyah dan menelan nanas.

Air liur dan asam lambung akan menetralkan bromelain serta memproduksi kembali protein dan asam amino dalam tubuh sehingga rasa gatal segera hilang.

Namun, jika Anda ingin menghilangkan rasa gatal di lidah akibat makan nanas, cobalah melakukan beberapa cara berikut.

1. Makan daging nanas bagian luar

Enzim bromelain penyebab lidah gatal memang terdapat di seluruh bagian buah nanas. Namun, enzim ini paling banyak ditemukan pada bagian tengah daging nanas.

Dengan mengonsumsi daging buah bagian luarnya saja, akan lebih sedikit enzim bromelain yang mengenai lidah Anda.

2. Lumuri nanas dengan garam

Garam meja terbukti dapat menjadi obat gatal alami untuk lidah gatal akibat makan nanas. Garam bekerja dengan cara menonaktifkan enzim bromelain.

Untuk menggunakan metode ini, cukup rendam atau lumuri daging buah nanas dengan garam. Diamkan nanas sejenak, lalu bilas dengan air saat akan disantap.

3. Panggang nanas

Reaksi enzim bromelain dapat dikurangi dengan suhu tinggi. Oleh karena itu, memanggang nanas bisa menjadi solusi untuk lidah gatal saat makan nanas.

Efek karamelisasi selama pemanggangan juga dapat meningkatkan kandungan gula sehingga mambuat nanas menjadi lebih manis. Rasa manis dari buah bisa membantu Anda yang ingin membatasi asupan gula harian.

4. Olah nanas menjadi jus

Mengolah nanas menjadi jus, smoothies, atau mencampurkannya ke dalam yoghurt juga dipercaya mampu meredakan rasa gatal pada lidah saat makan nanas.

Lidah gatal saat makan nanas mungkin gejala alergi

penyebab lidah gatal setelah makan nanas, cara menghilangkan gatal di lidah akibat makan nanas, lidah gatal saat makan nanas

Penyebab lidah gatal setelah makan nanas adalah reaksi antara lidah dan enzim bromelain. Sensasinya hanya bersifat sementara dan bisa dicegah dengan beragam cara sederhana seperti di atas.

Namun, Anda bisa jadi mengalami alergi pada buah nanas jika rasa gatalnya tidak membaik dan justru diikuti gejala seperti:

Gejala alergi makanan yang parah dan tidak segera ditangani dapat berujung pada syok anafilaksis, yakni reaksi alergi berbahaya yang termasuk dalam keadaan darurat medis.

Carilah pertolongan medis segera jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau menduga Anda akan mengalami syok anafilaksis.

Sebuah penelitian lama terbitan jurnal Tropical and Geographical Medicine menunjukkan bahwa 20 dari 32 orang yang dinyatakan positif alergi nanas mengalami syok anafilaksis setelah makan buah kuning yang asam ini.

Mengapa makan nanas bikin lidah gatal?

Enzim bromelain pada nanas memecah protein dalam tubuh sehingga menimbulkan reaksi gatal. Rasa menggelitik ini akan segera hilang bahkan tanpa diobati.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drg. Bagus Darmawan

Gigi · Klinik Gigi Joy Dental


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 25/10/2022

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan