home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Lidah Terasa Gatal Setelah Makan Nanas?

Kenapa Lidah Terasa Gatal Setelah Makan Nanas?

Nanas merupakan buah tinggi serat yang efektif mengatasi sembelit. Nanas juga menyediakan banyak nutrisi lainnya, termasuk vitamin A dan B6, folat, niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, besi, magnesium, kalium dan mangan yang semuanya bermanfaat untuk memelihara fungsi tubuh. Tapi di balik rasa lezat dan segudang manfaatnya untuk tubuh, banyak orang yang kerap kali mengeluhkan sensasi lidah gatal setelah makan nanas. Apakah Anda pernah merasakannya juga?

Apa penyebab lidah gatal setelah makan nanas?

Dalang di balik keluhan lidah yang terasa gatal setelah makan nanas adalah enzim alami yang disebut bromelain. Bromelain bekerja memecah protein dalam tubuh, termasuk protein kolagen yang terdapat dalam jaringan lidah, bibir, dan pipi bagian dalam. Efek dari bromelain inilah yang kemudian menimbulkan rasa gatal. Selain gatal, lidah mungkin juga sedikit membengkak setelah makan nanas.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Begitu Anda mengunyah dan menelannya, air liur dan asam lambung akan bekerja menetralisir bromelain serta memproduksi kembali protein dan asam amino dalam tubuh sehingga rasa gatal ini tidak akan bertahan lama.

Enzim bromelain itu sendiri sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh. Sifat antiperadangan bromelain berperan memperbaiki kerusakan sel akibat infeksi bakteri, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh jadi lebih baik. Sifat antiperadangan bromelain juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar karena membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Enzim bromelain yang bekerja cepat memecah protein dapat mengurangi gejala sembelit dan rasa mual setelah makan.

Mencegah lidah gatal setelah makan nanas

Kalau Anda termasuk penggemar nanas tapi malas makan nanas karena rasa gatalnya bikin tidak nyaman, cobalah mengonsumsi hanya daging bagian terluarnya saja. Enzim bromelain penyebab lidah gatal terdapat di seluruh bagian buah nanas, namun paling banyak terdapat di bagian tengah buah.

Cara lainnya untuk mencegah lidah gatal setelah makan nanas adalah dengan melumuri seluruh permukaan dagingnya tipis-tips dengan garam, diamkan sebentar lalu bilas bersih. Mengolah nanas menjadi jus, smoothiesm atau dicampurkan ke dalam yogurt juga dipercaya mampu menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan.

Memanaskan atau memanggang nanas juga dapat mengurangi enzim bromelain dan menggantinya dengan kandungan gula yang lebih banyak karena efek karamelisasi.

Lidah gatal setelah makan nanas mungkin gejala alergi

Sensasi lidah gatal setelah makan nanas hanya bersifat sementara, dan bisa dicegah dengan beragam cara sederhana di atas. Namun jika rasa gatalnya tidak membaik dan justru disertai oleh gatal-gatal di bagian tubuh lain, sakit perut, muntah, diare, pusing, sampai sulit bernapas, bisa jadi Anda memang alergi buah nanas.

Gejala alergi makanan yang parah dan tidak segera ditangani dapat berujung pada syok syok anafilaksis. Anafilaksis adalah keadaan darurat medis. Carilah pertolongan medis segera jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau menduga Anda akan mengalami syok anafilaksis. Sebuah penelitian dari tahun 1993, 20 dari 32 orang yang dinyatakan positif alergi nanas mengalami syok anafilaksis setelah makan buah kuning asam ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pineapple and Tongue Pain https://www.livestrong.com/article/476860-pineapple-and-tongue-pain/ diakses 14 November 2017.

Here’s Why Pineapple Always Hurts Your Tongue http://www.delish.com/food-news/a43482/pineapple-enzyme-irritation/ diakses 14 November 2017.

Pineapple Side Effects https://www.livestrong.com/article/407906-pineapple-side-effects/ diakses 14 November 2017.

How to Avoid Acid Burn from Eating Pineapple https://www.livestrong.com/article/503049-how-to-avoid-acid-burn-from-eating-pineapple/ diakses 14 November 2017.

Do You Have a Pineapple Allergy? Learn the Symptoms https://www.healthline.com/health/pineapple-allergy#symptoms2 diakses 14 November 2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 16/11/2017
x